Wajib Tahu, Ternyata Manfaat Pisang Berbeda Tergantung Tingkat Kematangan
onegreenplanet
Health

Pisang yang belum matang dan sudah rupanya memiliki manfaat sendiri-sendiri untuk kesehatan kita. Apa ya kira-kira?

WowKeren - Pisang adalah salah satu buah yang sangat mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari. Buah yang memiliki warna kuning ini juga menjadi favorit sebagian orang karena rasanya yang manis dan tekstur yang lembut.

Tentu tak hanya enak, pisang juga mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, tahukah kalian bahwa manfaat buah ini berbeda-beda tergantung kematangannya?

Dilansir dari Science Alert, kalian dapat memilih pisang dengan tingkat kematangan tertentu sesuai kebutuhan. Seorang ahli gizi, Rihana Lambert mengungkapkan pisang mana yang mungkin lebih baik dari lainnya.

Rihana Lambert mengatakan bahwa pisang memang selalu menjadi sumber kalium dan nutrisi yang sangat baik. Tetapi ada manfaat yang berbeda di tiap tingkat kematangannya. Kalian dapat menyesuaikannya dengan kondisi kesehatan.

Jika kalian menderita diabetes, pertimbangkan untuk mengonsumsi pisang yang belum matang. Pasalnya, ketika buah ini mulai matang, pati akan berubah menjadi gula.

"Penelitian menunjukkan bahwa di dalam pisang yang belum matang, pati memiliki 80-90 persen dari kandungan karbohidrat yang kemudian berubah jadi gula saat matang," ujar Lambert pada Daily Mail. "Oleh karena itu, orang yang menderita diabetes disarankan untuk makan pisang yang tidak terlalu matang agar gula darahnya tidak cepat meningkat juga."

Bagi kalian yang mengalami masalah kesulitan mencerna makanan, baiknya mengonsumsi pisang yang matang. Kandungan pati yang telah berubah menjadi gula akan lebih mudah dicerna.

Pisang yang sudah berwarna cokelat pun rupanya memiliki manfaat sendiri, lho. Artikel yang terdapat di Spoon University mengatakan bahwa ketika pisang hampir cokelat, mereka akan lebih manis.

Hal itu yang menyebabkan tingkat antioksidan seiring dengan usia pisang. Jadi, manfaat pisang yang sudah cokelat ialah sebagai pembangkit tenaga antioksidan sehingga mampu memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas.

Namun, para ahli gizi menegaskan bahwa semua pisang dengan tingkat kematangan apapun sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisinya tidak berubah tergantung kematangannya. Satu-satunya hal yang berguna hanya rasa dan bagaimana tubuh kalian memproses gula.

Bagaimana menurut kalian? Mau mencoba mengonsumsi pisang berdasarkan manfaat tingkat kematangannya?

Loading...

You can share this post!

Related Posts