Ini Persamaan Iqbaal Ramadhan Dengan Minke di 'Bumi Manusia'
Film

Membawa nama Indonesia ketika belajar di luar negeri, Iqbaal menyebut Minke merasakan demikian.

WowKeren - Seperti yang diketahui, Iqbaal Ramadhan adalah aktor yang berperan sebagai Minke di film "Bumi Manusia" milik PH Falcon Pictures. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo itu memilih Iqbaal sebagai aktor utamanya dan kini Iqbaal sedang dalam proses menghayati sosok Minke yang akan dihidupkannya dalam waktu dekat ini.

Menurut Iqbaal, dirinya memiliki persamaan dengan karakter Minke tersebut. Bukan dari sifat atau karakter, melainkan mereka adalah sama-sama orang pribumi Indonesia yang belajar bersama orang asing. Iqbaal sendiri merupakan lulusan dari Armand Hammer United World College di Amerika Serikat. Ketika belajar bersama orang-orang asing dari negara lain, Iqbaal merasa harus menjadi dirinya sendiri, yakni sebagai anak Indonesia asli.

"Sebenarnya gue merasa gue sama Minke itu ada resemble. Ketika gue sekolah di Amerika ya gue merasa harus menjadi global citizen, gue adalah orang Indonesia totok," kata Iqbaal dilansir Detik Hot beberapa waktu lalu. "Gue nggak ada campuran tapi gue ketika di sana gue berusaha fit in, gue berusaha fit in untuk menjadi orang-orang sana," papar Iqbaal.


"Sama kaya Minke yang pribumi totok untuk menjadi Belanda di buminya Belanda pada saat itu begitu pun gue karena adaptasi tempat segala macem tapi bagaimana pun gue dan Minke berusaha untuk sama-sama tetap ngebawa pribumi," lanjut Iqbaal. "Ngebawa rasa cinta indonesia itu kemana pun kita pergi, kayak mau gimana pun kayak gue ya gue tetap dari Indonesia. Kayak gue mau jadi apa American nice, western nice whatever you wanna call it ya gue itu tetap Indonesia gimana pun di end at of the day," urai Iqbaal.

Iqbaal juga menjelaskan jika Minke adalah seorang pemberontak yang hanya meminta haknya. "Satu yang gue tangkep bahwa Minke ini adalah seorang pemberontak, dia memberontak untuk haknya dia. Sebagai pemberontak dia hanya meminta menjadi dirinya sendiri, dia meminta haknya untuk menjadi manusia seutuhnya, dia tidak menganggap Belanda itu lebih tinggi atau pribumi di bawah atau segala macem dia merasa semua orang itu punya kualitas hidup yang sama gitu punya kesempatan hidup yang sama," jelas Iqbaal.

"Dan buat gue ini menarik sekali di mana Minke ini sebenarnya pribumi totok yang merasa dirinya adalah yang pengen sebenarnya menjadi Belanda yang bisa sekolah di HBS (Hoogere Burgerschool), teman-temannya orang Belanda dan segala macem walaupun dia dicemooh sama temen-temennya yang belanda nah dia nggak ambil pusing," pungkas Iqbaal. "Buat dia kesempatan untuk belajar di HBS itu nggak di sia-siakan dan sedikit banyak."

(wk/dian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel