Bukan Hanya untuk Minuman dan Kecantikan, Ini 7 Manfaat Menakjubkan Lemon
Lifestyle

Lemon ternyata bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga hingga dijadikan permainan yang menyenangkan, lho.

WowKeren - Apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar orang menyebutkan lemon? Pasti tidak akan jauh dari rasa asamnya yang banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai minuman, bukan? Selain itu, kamu mungkin juga berpikir mengenai lemon yang banyak dimanfaatkan untuk kepentingan kecantikan.

Ya, memang bukan rahasia lagi jika menambahkan beberapa tetes air lemon ke dalam air putih bisa membantu meningkatkan kesehatanmu. Termasuk juga menjadikannya sebagai bahan masker wajah ataupun bahan ampuh penghilang ketombe. Namun, tahukah kamu bahwa masih banyak lagi manfaat lain dari buah kecil berwarna kekuningan ini?


Kaya akan Vitamin C, lemon memiliki kemampuan untuk menyingkirkan noda yang paling menjengkelkan sekalipun. Selain itu, ia juga ampuh mengusir bau ruangan tak sedap hanya dengan melakukan beberapa langkah mudah. Belum cukup itu saja, lemon ternyata juga menjadi bahan yang asyik untuk dijadikan sebuah permainan.

Apa saja sih manfaat menakjubkan lemon selain untuk bahan makanan, minuman, dan kecantikan yang mungkin selama ini tidak kamu ketahui? Langsung saja ini dia daftarnya.

(wk/silm)

1. 1. Membersihkan Peralatan Dapur Bahkan Kayu


1. Membersihkan Peralatan Dapur Bahkan Kayu

Manfaatkan air perasan jeruk lemon untuk membuat microwave milikmu bersih seketika. Tambahkan sedikit air ke dalam beberapa irisan jeruk lemon yang sudah ditaruh dalam wadah tahan microwave lalu panaskan sebentar. Setelah itu, gosok pada beberapa noda yang membandel dan microwave milikmu akan bersih seketika.

Bukan hanya microwave saja, beberapa peralatan dapur seperti panci atau wajan yang kusam pun bisa disulap menjadi baru hanya dengan memakai lemon. Campurkan air perasan jeruk lemon dengan cuka putih serta baking soda kemudian gosokkan pada permukaan panci atau wajan yang terkena noda hangus.

Menariknya, air perasan jeruk lemon juga bisa kamu manfaatkan sebagai pembersih atau pemoles kayu, terutama lantai yang terbuat dari bahan kayu. Cukup tambahkan air lemon dan beberapa bahan seperti minyak zaitun untuk menjadikannya bahan pemoles kayu.

2. 2. Membantu Memutihkan Pakaian


2. Membantu Memutihkan Pakaian

Apakah pakaian berwarna putih milikmu sudah terlihat kusam? Sudah memakai pemutih, tapi hasilnya justru tidak maksimal? Selain jadi bahan ampuh untuk membersihkan noda di dapur dan microwave, lemon ternyata juga bisa membantumu memutihkan baju, lho.

Mudah saja, siapkan setengah cangkir jus lemon dengan satu galon air panas. Kemudian masukkan pakaian berwarna putihmu ke dalamnya. Biarkan meresap selama beberapa jam dan pakaian putihmu bisa kembali berwarna putih cerah.

3. 3. Mencegah Apel dan Alpukat Cepat Berubah Warna


3. Mencegah Apel dan Alpukat Cepat Berubah Warna

Salah satu manfaat menakjubkan dari lemon yang mungkin belum kamu ketahui adalah ia sanggup mencegah potongan buah agar tidak cepat berubah warna. Ya, seperti kamu ketahui, apel misalnya, akan segera berubah warna menjadi kecoklatan usai dipotong. Namun, jangan khawatir, semuanya bisa dicegah hanya menggunakan lemon.

Caranya, letakkan potongan apel atau alpukat dan mungkin juga pisang ke dalam kantong plastik yang sudah diisi irisan lemon kecil di dalamnya. Kamu bisa juga melakukannya dengan cara meneteskan beberapa air perasan jeruk lemon ke potongan buah yang belum kamu makan untuk membuat mereka tetap segar.

4. 4. Membunuh Gulma


4. Membunuh Gulma

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lemon mengandung asam alami dengan jumlah yang cukup tinggi. Oleh karena itu, lemon diketahui ampuh membunuh beberapa bakteri, salah satunya adalah gulma.

Untuk membuatnya menjadi pengusir ampuh gulma, kamu hanya harus mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan cuka. Setelah itu, masukkan cairan tersebut ke dalam botol semprot. Kemudian, lumuri gulma dengan cairan tersebut dan biarkan selama beberapa hari.

5. 5. Pengusir Serangga


5. Pengusir Serangga

Tidak suka dengan bau bahan-bahan kimia pengusir serangga? Tenang kamu juga bisa memanfaatkan lemon dalam hal ini.

Caranya, potong beberapa iris lemon dan taruh di tempat-tempat yang kerap menjadi sarang serangga. Kamu juga bisa menggosok-gosokkannya ke tempat-tempat munculnya serangga untuk hasil yang maksimal. Bau dan rasa asamnya yang tinggi membuat para serangga ampuh menjauh.

6. 6. Pengharum Ruangan Alami


6. Pengharum Ruangan Alami

Terganggu dengan aroma ruangan yang pengap dan tidak sedap karena sampah? Tenang, cara mengatasinya sangat mudah menggunakan lemon.

Potong beberapa lemon atau juga kulitnya, kemudian letakkan di atas tempat pembuangan sampah. Hal itu bisa membantu menetralisir bau yang kurang sedap.

Sementara itu, sisa perasan jeruk lemon pun bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap di lemari es. Caranya, letakkan sisa jeruk lemon yang sudah diperas tersebut dalam sebuah mangkuk dengan posisi menghadap ke atas. Hal itu akan membuat lemari es milikmu beraroma lebih segar.

7. 7. Dimanfaatkan untuk Tinta Tak Terlihat (Invisible Ink)


7. Dimanfaatkan untuk Tinta Tak Terlihat (Invisible Ink)

Nah, selain dimanfaatkan untuk beragam kegunaan, lemon juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat permainan menyenangkan. Salah satunya adalah membuat pesan rahasia. Ya, air perasan jeruk lemon bisa kamu manfaatkan untuk membuat tinta yang hanya bisa dibaca dengan cara khusus.

Pertama, siapkan bahan-bahan berupa air perasan jeruk lemon, kapas, kertas, gelas plastik dan juga korek api. Selanjutnya, masukkan air perasan jeruk lemon ke dalam gelas dan mulai menulis di kertas menggunakan kapas atau juga cotton bud.

Selanjutnya, biarkan kertas yang sudah diberi tulisan tersebut hingga kering. Untuk membaca pesan rahasia yang tertulis di sana, kamu bisa menggunakan korek api. Caranya, nyalakan korek api dan letakkan sejauh beberapa senti di bawah kertas, jangan sampai terbakar, ya. Secara menakjubkan, pesan rahasiamu akan mulai terlihat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru