10 Obat Alami yang Dapat Mengatasi Sariawan Tanpa Rasa Perih
Health

10 cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami ini tidak akan menimbulkan rasa sakit, lho. Mau tahu?

WowKeren - Seriawan atau sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang mengganggu. Luka yang menimbulkan rasa perih ini biasanya muncul pada bagian pipi, gusi, bibir dan lidah. Bentuknya bisa oval atau bulat, berwarna putih atau kuning dengan tepian yang berwarna merah.

Rasa sakit yang ditimbulkan sariawan terkadang membuat kita tidak nafsu makan. Bahkan terkadang jadi malas untuk melakukan aktivitas, ya? Selain itu, sariawan sering membuat area yang terjadi menjadi sedikit bengkak.


Penyebab sariawan bisa beragam seperti daya tahan tubuh lemah, kekurangan vitamin B12, C atau asam float, infeksi bakteri atau virus tertentu. Sariawan juga dapat disebabkan oleh trauma pada jaringan lunak mulut. Misalnya saat lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makan.

Cara mengobati sariawan pun beragam, mulai dari yang alami hingga obat-obatan dokter seperti jenis tetes atau pun oles. Namun biasanya, obat tetes pun akan menimbulkan perih saat digunakan.

Berikut ini terdapat 10 obat alami yang dapat kalian gunakan untuk mengobati sariawan. Tentunya mudah dan tidak menyebabkan perih, lho. Simak di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Madu


Madu

Madu adalah salah satu obat sariawan yang manjur, lho. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, madu dapat mempertahankan kelembapan bibir.

Cara menggunakan madu sangat mudah, kalian cukup mengoleskannya pada bagian yang terdapat sariawan. Lebih baik lagi jika sebelum dioleskan madu dimasukkan ke kulkas untuk mendapatkan sensasi dingin. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

2. Pisang


Pisang

Buah pisang mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Rupanya buah berwarna kuning ini dapat membantu menyembuhkan sariawan, lho. Lebih efektif lagi jika kalian mencampurkannya dengan madu.

Pertama-tama, haluskan pisang hingga menjadi seperti pasta. Lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada sariawan dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah selesai tinggal berkumur hingga bersih.

3. Lidah Buaya


Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung anti bakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan. Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, penghilang nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Kalian cukup menyiapkan daun lidah buaya asli. Cuci hingga bersih kemudian oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada area luka sariawan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Kelapa


Kelapa

Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari batang, daun, buah, serabut dan lainnya. Berbagai produksi kelapa pun seperti minyak dan santannya dianggap mampu menyembuhkan sariawan. Kelapa juga mampu menyejukkan suhu tubuh yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Kalian bisa berkumur dengan air kelapa atau meminumnya. Untuk menggunakan minyak kelapa, kalian juga bisa berkumur atau cukup dioleskan saja. Sedangkan santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu oleskan ke sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin, kira-kira 3-4 kali sehari.

5. Air Garam


Air Garam

Garam memiliki sifat anti radang dan anti bakteri untuk mencegah sariawan berkembang lebih parah. Garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut. Jadi bumbu dapur ini bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Penggunaannya mudah, campurkan setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat. Setelah diaduk rata, kumur air tersebut. Lalu bilas dengan minum air putih. Lakukan pengobatan ini sampai sariawan terlihat mengempis.

6. Kantong Teh


Kantong Teh

Kantong teh mengandung asam tanin yang mengandung anti virus yang bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Kantong teh juga bersifat basa yang dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam. Tujuannya agar tidak memperburuk rasa sakit sariawan tersebut.

Kalian cukup menggunakan kantong teh bekas. Jadi nikmati teh yang telah di sedu, kemudian jangan buang kantongnya. Tempelkan kantong teh tersebut pada luka sariawan kalian sekitar lima menit.

7. Yogurt Hambar


Yogurt Hambar

Tahukah kalian jika yogurt bisa membantu menyembuhkan sariawan? Eits, tapi bukan semabarang yogurt. Kalian harus menggunakan yogurt hambar tanpa pemanis atau pun perasa.

Meminum yogurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan karena minuman ini dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut. Kalian bisa mengonsumsinya secara rutin atau teteskan yogurt di area luka.

8. Tea Tree Oil


Tea Tree Oil

Minyak tea tree dikenal dengan kandungan anti jamur dan anti bakterinya yang baik untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu, minyak tea tree dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri dan memberikan pemulihan yang cepat.

Caranya cukup mudah, teteskan tea tree oil ke air hangat. Lalu kumur menggunakan larutan tersebut selama beberapa menit. Lakukan sebanyak 2 kali sehari hingga sariawan membaik.

9. Es Batu


Es Batu

Ketika sariawan membengkak pasti akan terasa sangat menyakitkan. Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan.

Kalian cukup mengompreskan es batu langsung pada luka sariawan. Atau kulum es batu dan tempelkan ke area yang terasa nyeri hingga mencair sepenuhnya.

10. Susu


Susu

Kalsium yang terdapat dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan.

Saat sariawan, kalian bisa mengonsumsi susu secara rutin. Atau cukup mengoleskannya pada luka sariawan. Selamat mencoba!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru