Harus Segera Mendapat Perawatan, Ini 7 Tanda-Tanda Kulit Sensitif
Health

Jika kamu mengalami salah satu atau beberapa tanda kulit sensitif ini, segera lakukan perawatan ekstra dan konsultasikan dengan dokter.

WowKeren - Kulit manusia terdiri atas berbagai jenis, salah satunya adalah kulit yang sensitif. Kulit yang sensitif akan memberikan reaksi yang berlebihan akibat faktor-faktor lingkungan. Bukan hanya soal ketidakcocokan pada kosmetik, kulit sensitif kadang juga akan memberikan reaksi bahkan terhadap perubahan suhu maupun udara yang kurang bersih.

Sayangnya, tidak semua orang sadar mengenai jenis kulit sensitif ini. Banyak yang menyangka bahwa masalah yang terjadi pada kulit mereka hanyalah karena kesalahan produk. Padahal, jika tak segera dikenali dan mendapatkan perawatan dari awal, kulit sensitifmu bisa memberikan reaksi yang semakin buruk.


Kulit sensitif disebabkan karena ujung saraf di lapisan kulit yang menjadi iritasi. Hal itu terjadi karena fungsi penghalang alami dari kulit melemah atau rusak karena beberapa pemicu. Pada umumnya, kulit sensitif bisa disebabkan karena beberapa hal seperti paparan sinar matahari, polusi udara, perubahan suhu, kurang tidur, stres, dan juga dehidrasi.

Lantas apa saja tanda-tanda umum dari kulit sensitif ini? Lihat daftarnya di sini, ya. Jika mengalami satu atau beberapa tanda ini, lebih baik kamu mulai lakukan perawatan ekstra atau segera konsultasi ke dokter, deh.

(wk/silm)

1. Kulit Sering Mengelupas Bisa Menjadi Tanda-Tanda Kulitmu Sensitif


Kulit Sering Mengelupas Bisa Menjadi Tanda-Tanda Kulitmu Sensitif

Kamu sering melakukan eksfoliasi pada kulit? Hati-hati itu bisa menjadi salah satu penyebab kulitmu menjadi lebih tipis. Jika kamu menemui kulitmu mulai mengalami pengelupasan, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa kulitmu menjadi sensitif.

Pengelupasan pada kulit yang berlebihan menandakan suatu masalah sedang terjadi pada kulitmu. Pengelupasan kulit juga menandakan bahwa kulitmu mengalami kekeringan yang sudah sangat parah. Untuk itu, kamu harus segera menanganinya menggunakan pelembap.

Kulit sensitif yang menunjukkan tanda-tandanya dengan pengelupasan bisa kamu atasi dengan pelembap yang mengandung asam hyaluronic. Selain itu, pengelupasan kulit yang kamu alami karena kulit sensitif ini juga bisa diatasi dengan beberapa bahan alami seperti mengompresnya dengan air hangat, berendam dengan susu atau dengan mengoleskan gel lidah buaya.

2. Perawatan yang Salah pada Kulit Sensitif Bisa Sebabkan Beruntusan


Perawatan yang Salah pada Kulit Sensitif Bisa Sebabkan Beruntusan

Beruntusan pada kulit bisa disebabkan karena kesalahan produk kulit yang kamu gunakan. Hal ini bisa juga menjadi tanda-tanda bahwa kulitmu merupakan kulit yang sesitif. Beruntusan terjadi karena ada peradangan dalam kulit. Sebagai akibatnya, kulit akan mengalami gatal kemerahan dan bentol-bentol kecil seperti jerawata.

Beruntusan atau bahasa ilmiahnya, dermatitis kontak, bisa muncul tergantung dari seberapa sensitif kulitmu terhadap zat yang memicunya. Beruntusan yang tak segera ditangani bisa menimbulkan beberapa penyakit lanjutan. Kulit beruntusanmu bisa saja mengeluarkan cairan nanah, rasa nyeri yang semakin meningkat, hingga yang paling parah adalah demam.

3. Kulit Terasa Perih dan Panas


Kulit Terasa Perih dan Panas

Tanda-tanda kulit sensitif selanjutnya adalah kamu sering mengalami rasa perih yang sangat menganggu di kulitmu. Rasa perih tersebut mungkin akan semakin terasa jika mengalami kontak dengan air yang mungkin kurang higienis.

Selain rasa perih, kulit yang sensitif juga ditandai dengan rasa panas dan tidak nyaman di kulitmu. Hal ini bisa menjadi reaksi yang timbul akibat tidak cocok menggunakan suatu produk kecantikan tertentu. Dilansir dari HelloSehat, pemilik kulit sensitif yang mengalami tanda-tanda ini dianjurkan untuk memilih produk kecantikan tanpa wewangian dan tanpa bahan aktif yang kuat seperti retinoid atau asam glikolat agar tak kambuh kembali.

4. Kulit Sensitif Ditandai dengan Mudah Berjerawat


Kulit Sensitif Ditandai dengan Mudah Berjerawat

Salah satu tanda kulit sensitif ini mungkin sudah banyak dikenali. Yap, mudahnya timbul jewarat di kulitmu bisa jadi menunjukkan bahwa kulitmu merupakan jenis yang sensitif. Kesalahan dalam pemilihan produk kecantikan membuat kulitmu bereaksi berlebihan dengan memunculkan jerawat-jerawat yang mengganggu penampilan.

Jerawat mudah muncul pada jenis kulit berminyak maupun sensitif. Berbeda dengan jerawat pada kulit berminyak yang muncul karena reaksi terhadap kebersihan, jerawat di kulit sensitif muncul lantaran perawatan kulit yang salah. Selain itu, perubahan suhu atau cuaca yang ekstrim juga bisa menyebabkan jerawat mudah muncul sebagai salah satu tanda-tanda kulit sensitif.

5. Menimbulkan Reaksi pada Produk Kecantikan Tertentu


Menimbulkan Reaksi pada Produk Kecantikan Tertentu

Munculnya reaksi berlebihan pada produk kecantikan tertentu menjadi salah satu tanda kuat bahwa kulitmu sensitif. Seperti yang sudah disebutkan di awal, penghalang alami pada kulit sensitif lebih lemah daripada kulit normal biasanya. Akibatnya, produk kecantikan yang tidak sesuai dengan kulit akan lebih cepat meresap dan menimbulkan reaksi berlebihan jika tidak cocok dengan kulit.

Reaksi berlebihan yang ditunjukkan oleh kulit sensitif bisa berupa kemerahan akibat iritasi, cepatnya timbul jerawat, hingga rasa panas seperti terbakar. Untuk itu, jika mendapati tanda-tanda ini, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter. Hal itu bertujuan untuk mencari tahu apakah kulitmu benar-benar sensitif dan perlu produk khusus ataukah hanya terkena alergi dari salah satu bahan kosmetik yang kamu gunakan.

6. Bercak Kemerahan yang Tak Kunjung Hilang


Bercak Kemerahan yang Tak Kunjung Hilang

Bercak kemerahan yang muncul pada kulitmu dan tak kunjung hilang mungkin saja menjadi salah satu tanda-tanda dari kulit sensitif. Pada kulit yang sensitif, pembuluh darah dan saraf menjadi sangat dekat dengan permukaan kulit. Akibatnya, kulit akan sering mengalami kemerahan.

Kulit wajah yang kemerahan bisa juga timbul akibat terkena penyakit rosacea. Penyakit tersebut muncul dan menyebabkan beberapa anggota badan mengalami kemerahan serta sensasi perih dan terbakar. Rosacea merupakan penyakit yang muncul pada pemilik kulit sensitif.

7. Kulit Terasa Kencang dan Tidak Nyaman


Kulit Terasa Kencang dan Tidak Nyaman

Jika kulitmu termasuk dalam jenis sensitif, kamu mungkin akan merasakan kulitmu mengencang dan membuat tidak nyaman. Hal itu muncul karena kulit sensitifmu juga kering dan butuh kelembapan.

Saat kulit terasa kencang, hal itu sekaligus menunjukkan bahwa kulitmu mengalami kerusakan. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai untuk kulit sensitifmu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait