7 Bahan Alami yang Aman dan Efektif untuk Mengobati Bisul
Health

Ingin atasi bisul dengan cepat dan mudah? Yuk pakai 7 bahan alami ini.

WowKeren - Bisul merupakan sebuah kondisi di mana kulit terdapat benjolan merah yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan tersebut muncul karena infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada foplikel rambut yakni lubang tempat rambut tumbuh.

Penyakit satu ini dapat muncul di mana saja yang pasti bagian kulit yang berbulu atau berambut. Biasanya bisul menyerang bagian ketiak, kepala, leher, paha, bokong bahkan wajah. Tentunya, penyakit ini akan membuat kalian tidak nayman untuk beraktivitas karena rasa sakit yang ditimbulkan.


Tak hanya rasa sakit, bisul juga terkadang menyebabkan demam. Pertumbuhannya pun bisa berdiameter di atas 5 cm. Jika tidak diatasi dengan benar, bisul dapat menjangkit bagian lainnya dan tidak sembuh selama lebih dari 14 hari.

Berikut terdapat 7 bahan alami yang ampuh untuk menyembuhkan bisul. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Rutin Kompres Bisul dengan Air Hangat Agar Cepat Sembuh


Rutin Kompres Bisul dengan Air Hangat Agar Cepat Sembuh

Tak perlu bersusah payah ke dokter atau apotek untuk mengatasi bisul. Cara mudah yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan air panas. Lakukan hal ini saat bisul baru saja tumbuh untuk menyingkirkan bakteri penyebab timbulnya infeksi.

Selain itu, kalian juga dapat melakukannya bisul hampir pecah. Cara tersebut akan membantu bisul lebih cepat sembuh karena nanah di dalamnya akan mudah keluar. Kalian juga tidak perlu menariknya sebab nanah akan keluar dengan sendirinya. Jangan lupa lakukan hal ini secara rutin, ya.

2. Gunakan Bawang Putih dan Bawang Merah untuk Mengatasi Bisul


Gunakan Bawang Putih dan Bawang Merah untuk Mengatasi Bisul

Banyak bahan dapur yang digunakan sebagai bahan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah bawang putih dan bawah merah yang mampu menyembuhkan bisul. Kedua bumbu dapur ini dikenal memiliki sifat antibiotik cukup tinggi yang baik untuk mengatasi penyakit tersebut.

Selain itu, bumbu dapur tersebut mengandung sulfur yang penting untuk membersihkan bagian bisul. Bawang merah juga dapat mempercepat proses pengeringan bisul.

Untuk penggunaannya, terdapat beberapa cara yang biasanya dilakukan. Kalian bisa memotong bawang merah atau putih yang telah dikupas dan dicuci bersih menjadi beberapa bagian. Kemudian bungkus dengan kain tipis lalu tempelkan pada bisu. Cara lainnya yakni dengan memarut kedua bumbu tersebut lalu bungkus dengan kapas atau kain. Tempelkan pada area bisul secara rutin.

3. Tepung Jagung dapat Mengobati Bisul


Tepung Jagung dapat Mengobati Bisul

Salah satu bahan untuk mengatasi bisul yang sudah lama digunakan adalah tepung jagung. Kandungan pati di dalamnya dapat membuat bagian bisul menjadi lebih dingin dan baik untuk mencegah timbulnya nanah dan infeksi pada bagian bisul.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan tepung jagung dengan air hangat hingga menjadi pasta lembut. Lalu oleskan pada bagian bisul dan kulit sekitarnya. Setelah dibiarkan selama beberapa saat, bilah dengan air dingin. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Minyak Jarak Mengandung Senyawa untuk Menyembuhkan Bisul


Minyak Jarak Mengandung Senyawa untuk Menyembuhkan Bisul

Minyak jarak sangat baik untuk merawat bisul karena memiliki senyawa antiseptik di dalamnya. Kandungan tersebut baik juga untuk membuat racun keluar dari bisul. Selain itu, minyak satu ini juga membuat peradangan pada bisul lebih cepat sembuh dan kering dengan baik.

Penggunaan minyak jarak hanya dengan meneteskannya pada kapas atau kain bersih lalu letakkan pada area bisul. Awalnya mungkin tidak nyaman menggunakan metode pengobatan ini, namun minyak ini membuat luka bisul tidak terlalu parah.

5. Atasi Bisul dengan Kunyit


Atasi Bisul dengan Kunyit

Kunyit dapat membersihkan darah secara alami dan membantu mengurangi peradangan pada bisul sehingga dapat cepat sembuh. Hal tersebut karena bumbu dapur ini memiliki senyawa khusus berupa antioksidan.

Menggunakan kunyit untuk menyembuhkan bisul dapat mencegah munculnya penyakit tersebut di tempat yang sama. Karena banyak orang yang terjangkit penyakit ini pada bagian tubuh yang sama.

6. Putih Telur Bermanfaat untuk Mengobati Bisul


Putih Telur Bermanfaat untuk Mengobati Bisul

Tidak hanya untuk membersihkan komedo, putih telur juga berguna menyembuhkan bisul, lho. Bagian putih telur mengandung protein khusus yang dapat membuat semua nanah dalam bisul keluar. Bakteri pada benjolan tersebut juga akan ikut mati.

Namun, penggunaannya juga tidak sembarangan. Kalian harus memilih jenis telur ayam kampung yang tidak mengandung obat kimia. Kemudian rebus hingga matang dan kupas kulit telur tersebut. Ambil bagian putihnya lalu tempelkan pada area bisul.

7. Sembuhkan Benjolan Bisul dengan Timun


Sembuhkan Benjolan Bisul dengan Timun

Timun memiliki kandungan anti inflamasi tinggi yang berguna mencegah peradangan kulit. Untuk menggunakannya, kalian harus mencampurkannya dengan biji pala yang mengandung anti bakterial yang dapat melawan infeksi.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghaluskan timun beserta biji dan kulitnya. Lalu campurkan dengan biji pala dan bungkus menggunakan daun pisang. Panggang bungkusan tersebut kemudian oleskan ke area bisul secara merata.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait