Jangan Salah Sebut, Ini Perbedaan Headset,  Headphone, Earphone dan Handsfree
Tekno

Masih tidak tahu apa bedanya headset, headphone, earphone dan handsfree? Yuk simak artikel ini.

WowKeren - Di zaman yang semakin berkembang ini, banyak perangkat aksesoris yang mempermudah kita dalam berkomunikasi. Istilah headset, headphone, earphone dan handsfree pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian, kan?

Perangkat yang telah disebutkan tersebut berfungsi untuk menyalurkan suara pada pengguna ponsel atau PC langsung ke telinga pengguna. Jadi, orang lain tidak akan terganggu oleh suara dari gadget kalian. Biasanya perangkat itu digunakan saat sedang melakukan pembicaraan via telepon dan juga mendengarkan musik.


Meskipun memiliki fungsi yang sama, headset, headphone, earphone dam handsfree mewakili tiap benda yang berbeda, lho. Sebagian orang masih sering salah saat menyebut benda-benda tersebut.

Berikut terdapat penjelasan terkait perbedaan antara headset, headphone, earphone dam handsfree. Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Headphone Khusus untuk Mendengarkan Suara Saja


Headphone Khusus untuk Mendengarkan Suara Saja
digitaltrends.com

Untuk headphone sebenarnya tidak jauh berbeda dengan headset. Bentuknya cukup mirip dengan dua speaker yang menutupi kepala penggunanya. Namun, perangkat satu ini tidak memiliki mikropon. Kualitasnya juga lebih baik karena didesain untuk audio saja.

Headphone lebih cocok bagi kalian yang suka mendengarkan musik atau menonton video. Tentunya, kalian tidak dapat menggunakan perangkat ini untuk komunikasi dua arah, ya. Perangkat ini juga jadi aksesoris wajib DJ saat tampil, lho.

2. Headset Memiliki Microphone untuk Bekomunikasi


Headset Memiliki Microphone untuk Bekomunikasi
pcmag.com

Headset adalah perangkat audio yang dapat digunakan untuk mendengarkan suara sekaligus berkomunikasi. Hal tersebut lantaran perangkat ini terdiri dari earphone dan microphone yang digabung dalam satu kesatuan.

Bentuk headset sendiri lebih besar dari earphone. Speaker yang terdapat pada perangkat ini dibuat menutupi telinga pemakainya. Jadi, suara yang dihasilkan lebih terdengar maksimal dan tidak ada kontaminasi dari luar. Biasanya penggunaannya ditujukan untuk perangkat yang lebih besar seperti PC dan laptop daripada ponsel. Headset digunakan untuk kebutuhan video call, skype, game online dan lainnya.

3. Earphone, Perangkat yang Mudah Dibawa Kemana-Mana


Earphone, Perangkat yang Mudah Dibawa Kemana-Mana
theheadphonelist.com

Kegunaan earphone sebenarnya sama saja dengan headset dan headphone. Namun, perangkat ini jauh lebih kecil dan mudah untuk di bawa kemana-mana.

Earphone mungkin lebih mirip dengan headphone karena sama-sama tidak memiliki mikropon. Penggunaan perangkat ini hanya tinggal dimasukkan ke dalam telinga bagian luar saja. Sangat simpel, kan? Bahkan kalian bisa terlihat tidak sedang menggunakan perangkat apa-apa dengan earphone.

4. Handsfree Sangat Memudahkan Penggunanya


Handsfree Sangat Memudahkan Penggunanya
dhgate.com

Masih sama dengan sebelumnya, handsfree merupakan perangkat audio yang juga digunakan untuk komunikasi lewat telepon. Sesuai namanya, perangkat ini memudahkan penggunanya untuk mengangkat telepon tanpa sulit memegang ponsel. Handsfree ini yang disertakan dalam dusbook ponsel kalian. Namun, orang-orang memang lebih sering menyangkanya earphone.

Handsfree dilengkapi dengan tombol kecil di dekat mikropon yang berguna untuk menerima atau memutuskan panggilan. Tombol tersebut juga dapat dipakai untuk memainkan atau menghentikan lagu yang sedang diputar. Selain itu, ada tombol untuk mengecilkan dan membesarkan volume suara.

Semakin berkembangnya zaman, handsfree yang dulu hampir sama dengan earphone kini ada yang dibuat lebih simpel dengan sistem wireless atau tanpa kabel. Jadi pengguna hanya perlu melekatkannya ke salah satu telinga.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait