Pernah Merasa Tak Dihargai, Intip Jejak Titi Qardasih di Dunia Hiburan Sebelum Wafat
Selebriti
Artis Senior Titi Qadarsih Meninggal

Semasa hidupnya, Titi Qadarsih dikenal sebagai artis multitalenta yang berkarier di dunia akting maupun musik.

WowKeren - Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka setelah artis senior Titi Qadarsih meninggal dunia. Kabar duka tersebut disampaikan oleh anak Titi, Indra Qadarsih, melalui Instagram Story miliknya yang diunggah kembali oleh akun gosip @lambe_turah pada Senin (22/10).

Titi dikabarkan meninggal di usia 73 tahun setelah menderita penyakit kanker. Sebelum meninggal dunia, Artis yang lahir pada 22 September 1945 tersebut juga sempat pulang kampung ke kota Jombang, Jawa Timur.


Nama Titi sendiri melejit di era tahun 70-80an sebagai penyanyi sekaligus aktris. Titi juga diketahui merupakan anak dari Mohammad Sardjan, Menteri Pertanian dari Partai Masyumi dalam Kabinet Wilopo. Sejak kecil, Titi sudah menunjukkan bakatnya sebagai seorang seniman dan pernah mempelajari tarian balet klasik.

Selain itu, Titi juga pernah menjajal profesi sebagai peragawati, penata busana, hingga menjadi dubber dengan bayaran termahal. Meski begitu, Titi pernah mengaku bahwa ia tidak dihargai di dunia perfilman. Hal ini diungkapkan Titi saat merasa kurang tertantang atas perannya di film "Sang Martir" tahun 2012 silam.

"Sementara ini saya merasa dikesampingkan. Misalnya untuk kontrak saja hanya lewat telepon," ungkap Titi saat jumpa pers film "Sang Martir" di Jakarta tahun 2012 lalu. "Saya datang hanya disuruh bawa baju dua, dan beberapa adegan saja, dan selesai, enggak ada tantangannya kan."

Bukan hanya itu, Titi juga menilai artis zaman sekarang kurang memiliki dasar ilmu akting yang kuat. Titi ingin agar sineas perfilman Tanah Air bisa menggandeng artis senior dan junior, demi memajukan film Indonesia.

Semasa hidupnya, Titi memang dikenal sebagai artis multitalenta dan berdedikasi tinggi untuk dunia hiburan Tanah Air. Berikut ini adalah jejak karier Titi di dunia hiburan sebelum menghembuskan napas terakhir.

1. Titi Qadarsih mengawali karier bersama grup musik Salanti Bersaudara


Titi Qadarsih mengawali karier bersama grup musik Salanti Bersaudara

Karier Titi Qadarsih di dunia hiburan diawali dengan bergabung dalam grup musik Salanti Bersaudara pada tahun 1964 silam. Dalam grup tersebut, Titi bernyanyi bersama Siti Salamah Koerniati atau yang akrab disapa Sally Sardjan dan Ani Tjokro.

Kala itu, Titi yang berusia 19 tahun kerap kali tampil dari panggung ke panggung bersama Sally dan Ani. Beberapa lagu yang dipopulerkan Salanti Bersaudara antara lain "Pitik Tjilik", "Hadiah Ulang Tahun Untuk Ibu", hingga "Kenangkanlah".

2. Titi Qadarsih tercatat pernah bernyanyi satu panggung dengan Koes Plus


Titi Qadarsih tercatat pernah bernyanyi satu panggung dengan Koes Plus

Menurut mendiang pengamat musik Danny Sakrie, Titi kerap kali tampil dengan Koes Bersaudara atau yang dikenal sebagai Koes Plus. Kala itu, Titi masih manggung dengan Salanti Bersaudara. Duet Titi bersama Koes Plus pun berhasil melambungkan namanya.

Sayangnya, hal tersebut juga membuat Titi tak lama bergabung dengan Salanti Bersaudara. Tanpa Titi, Sally yang masih bersemangat dalam bermusik pun membuat grup band wanita bernama The Singers, pada tahun 1967 lalu.

3. Tak hanya bermusik, Titi Qadarsih jajal akting lewat film 'Hantjurnya Petualang'


Tak hanya bermusik, Titi Qadarsih jajal akting lewat film 'Hantjurnya Petualang'

Setelah berpisah dari Salanti Bersaudara, Titi pun memutuskan untuk menjajal dunia akting. Titi mulai berakting lewat peran-peran kecil di film "Hantjurnya Petualang" yang diproduksi pada tahun 1966 silam.

Rupanya, akting membuat Titi merasa ketagihan dan ingin terus berkecimpung dalam seni peran. Titi juga tergabung dalam grup Teater Populer dan Teater Koma untuk menyalurkan bakat beraktingnya.

4. Titi Qadarsih ketagihan berakting dan bermain di film 'Dibalik Tjahaja Gemerlapan'


Titi Qadarsih ketagihan berakting dan bermain di film 'Dibalik Tjahaja Gemerlapan'

Setelah merasa ketagihan dengan dunia akting, Titi kembali berperan dalam film "Di Balik Tjahaja Gemerlapan" pada tahun 1966. Selanjutnya, Titi juga aktif membintangi sejumlah film hingga tahun 80-an.

Film "Jangan Ambil Nyawaku" membuat Titi menerima nominasi sebagai Aktris Pembantu Terbaik Piala FFI tahun 1982. Selain film, Titi juga pernah berperan dalam sinetron yang berjudul "Jendela Rumah Kita".

5. Titi Qadarsih kembali bermusik lewat duetnya bersama Gombloh


Titi Qadarsih kembali bermusik lewat duetnya bersama Gombloh

Tahun 1984, Titi akhirnya kembali mengeluarkan karya musik. Kala itu, Titi diajak oleh mendiang penyanyi Gombloh untuk tampil di video klip lagu "Kugadaikan Cintaku". Duet Titi dan Gombloh pun berlanjut melalui lagu "Apel" yang dirilis pada tahun 1987.

Lagu "Apel" yang dinyanyikan Titi dan Gombloh pun menjadi populer, dan tetap eksis di kalangan pecinta musik Tanah Air. Dalam video klip lagu "Apel", Titi menyanyikan bagian ikonis dan menari menggoda Gombloh.

6. Kembali fokus berakting, 'Main Dukun' jadi film terakhir Titi Qadarsih sebelum wafat


Kembali fokus berakting, 'Main Dukun' jadi film terakhir Titi Qadarsih sebelum wafat

Saat memasuki tahun 90-an, Titi tak banyak berkecimpung di dunia musik dan lebih fokus berakting. Semasa hidup, Titi tercatat berperan dalam sembilan belas film. Sebut saja film horor "Suster N", "Terowongan Kasablanka" hingga yang terakhir "Main Dukun".

Sebelum meninggal dunia, Titi sudah memberikan banyak peninggalan baik di dunia musik maupun film. Bakat seni Titi diwariskan ke putranya, Indra, yang pernah bergabung dengan Slank dan kini menjadi personel dari band BIP.

You can share this post!

Related Posts