Wajib Dikunjungi, Ini 7 Wisata di Batam yang Tak Pernah Sepi
Travel

Meski dikenal dengan sebutan Kota Industri, Batam memiliki berbagai lokasi wisata yang menarik.

WowKeren -

Batam merupakan kota terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Kota Batan sendiri terdiri dari beberapa pulau yakni Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Galang dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Meski dikenal dengan sebutan Kota Industri, Batam memiliki berbagai lokasi wisata yang menarik. Kebanyakan berbau pantai karena memang lokasinya yang terdiri dari berbagai pulau.


Nah, berikut terdapat terdapat 7 lokasi wisata yang wajib banget kalian kunjungi kalau sedang berada di Batam. Lokasi wisata ini dapat dibilang yang paling hits karena tidak pernah sepi pengunjung, lho. Ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Nikmati Malam Minggu di Bukit Welcome to Batam


Nikmati Malam Minggu di Bukit Welcome to Batam

Kalian pasti tahu bukit dengan tulisan "Hollywood" di California, kan? Kota Batam juga memiliki bukti serupa, lho. Bedanya bukti di kota ini bertuliskan "Welcome to Batam" yang ditujukan untuk menyambut wisatawan yang datang.

Lokasi Bukit "Welcome to Batam" menghadap terminal Ferry Internasional sehingga setiap wisatawan yang satang dapat langsung disambut dengan tulisan tersebut. Bukti yang sering disebut WTB ini menjadi ikon tambahan di kota tersebut yang banyak menyedot perhatian.

Saat ini, setiap akhir minggu akan diadakan bazar di Bukit WTB. Akan banyak stan jajanan yang berdiri di lokasi ini. Selain itu, ada juga persewaan mobil dengan dihiasi lampu-lampu seperti yang berada di Alun-Alun Kidul Yogyakarta.

2. Alun-Alun Engku Putri, Tempat Kumpul Warga Batam


Alun-Alun Engku Putri, Tempat Kumpul Warga Batam

Berada di lokasi yang sama dengan Bukit WTB, terdapat Alun-Alun Engku Putri yang tidak boleh kalian lewatkan. Alun-alun ini dikelilingi oleh kantor-kantor pemerintahan seperti Kantor Walikota, DPRD, PLN, Imigrasi, Bank Indonesia dan lainnya sehingga untuk urusan administrasi bisa dilakukan di satu tempat.

Alun-Alun Engku Putri selalu ramai dikunjungi karena tempatnya yang sangat luas dan nyaman. Pada bagian tengah kalian akan melihat lapangan besar yang biasa digunakan untuk upacara atau acara-acar besar. Lapangan itu dikelilingi oleh berbagai sarana olahraga seperti basket, futsal, clilmbing wall, skate park dan lainnya. Masyarakat Batam menggunakan lokasi ini untuk lari pagi dan bersepeda di akhir minggu.

Spot lain yang menarik adalah keberadaan Astaka yang merupakan arena utama kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-25 diselenggarakan tahun 2014 silam. Kalian dapat mengambil foto sebagai kenang-kenangan di sini.

3. Pantai Pulau Abang Dengan Daya Tarik Keindahan Lautnya


Pantai Pulau Abang Dengan Daya Tarik Keindahan Lautnya

Berkunjung ke Batam, itu artinya kalian tidak boleh melewatkan menikmati panorama lautnya. Pulau Abang bisa jadi pilihan yang tepat, apalagi jika kalian berniat untuk melihat keindahan bawah laut.

Untuk menuju Pulau Abang, kalian harus menaiki kapal kecil jembatan 6. Perjalanannya hanya sekitar 30 hingga 45 menit tergantung cuaca. Sesampainya di sana, kalian akan melihat surga tersembunyi yang ada di Batam.

Daya tarik utama dari Pantai Pulau Abang adalah pasir putih dan kekayaan alam launya. Kalian dapat melakukan snorkeling dan menikmati terumbu karang serta ikan berwarna-warni. Berkat lokasinya yang dekat dengan negara-negara di Asia Tenggara, tempat ini juga digalakkan untuk wisata diving di negara tetangga.

4. Pantai Viovio yang Kekinian


Pantai Viovio yang Kekinian

Pantai Viovio merupakan wisata baru di Batam yang baru beroperasi beberapa tahun belakangan ini. Untuk sampai di pantai ini, kalian harus melewati jembatan 5 yang menghubungkan Pulau Rempang dengan Pulau Galang. Lokasinya mudah ditemukan karena ada papan petunjuk arah yang jelas.

Saat berkunjung ke Pantai Viovio, kalian akan disuguhi pesona alam yang indah, air laut yang jernih dan pasir putih yang menggoda. Tak lupa pemandangan matahari terbenam yang menjadi daya tarik si pantai ini.

Selain itu, Pantai Viovio menyediakan spot foto yang kekinian banget, yakni ayunan di tengah laut ala Gili Trawangan, Lombok. Pengelola juga menyediakan gazebo yang disewakan seharga Rp 150 ribu untuk seharian.

5. Ocarina Batam Theme Park Punya Banyak Wahana


Ocarina Batam Theme Park Punya Banyak Wahana

Wisata pinggir laut yang tak kalah menyenangkan adalah Ocarina Batam Theme Park. Lokasi ini dijadikan tempat piknik akhir minggu masyarakat Batam. Anak-anak dapat menikmati fasilitas yang disediakan sementara para orangtua bersantai di bawah pohon rindang.

Permainan untuk anak cukup banyak. Mulai dari persewaan sepeda, alat olahraga di taman dan play ground anak. Selain itu, terdapat permainan baru di tahun 2018 ini yakni aerorail. Permainan ini akan mengajak kalian mengelilingi track sambil mengayuh sepeda udara. 6. Kampung Vietnam

Bosan dengan pantai, kalian wajib berkunjung ke Kampung Vietnam jika sedang berada di Batam. Sesuai dengan namanya, lokasi ini merupakan sebuah perkampungan yang dibangun pengungsi dari Vietnam kala itu. Lokasinya cukup luas dengan 80 hektar.

6. Belajar Sejarah di Kampung Vietnam


Belajar Sejarah di Kampung Vietnam

Bosan dengan pantai, kalian wajib berkunjung ke Kampung Vietnam jika sedang berada di Batam. Sesuai dengan namanya, lokasi ini merupakan sebuah perkampungan yang dibangun pengungsi dari Vietnam kala itu. Lokasinya cukup luas dengan 80 hektar.

Kampung Vietnam tentunya sudah tidak digunakan lagi. Tetapi peninggalannya di sini masih dijaga dengan baik. Sebuah saja rumah, tempat ibadah, kapal dan penjara peninggalan zaman dulu masih dapat kalian nikmati. Selain itu terdapat museum yang menyimpan benda-benda peninggalan pengungsi Vietnam yang telah dipulangkan ke negara asalnya, lho.

7. Jembatan Barelang yang Terkenal


Jembatan Barelang yang Terkenal

Lokasi wisata di Batam yang tak pernah sepi lainnya adalah Jembatan Barelang (Batam-Rempang-Galang). Jembatan yang menjadi ikon adalah jembatan 1 dengan nama Jembatan Fisabilillah. Jembatan ini juga masuk dalam deretan jembatan besar di Indonesia.

Bekunjung ke Jembatan Barelang, kalian akan dimanjakan dengan panorama laut yang indah. Angin yang berhembus di lokasi ini membuat kalian betah berlama-lama nongkrong di jalan setapak yang telah disediakan. Selain itu, kalian bisa mencicipi jajanan laut khas Batam sambil meminum es kelapa muda.

You can share this post!

Related Posts