Jangan Ketinggalan, Ini 10 Benda yang Wajib Dibawa Saat Liburan di Negeri Orang
Travel

Liburan ke luar negeri butuh persiapan matang. Ini 10 benda yang harus di bawa.

WowKeren -

Indonesia memiliki beragam lokasi wisata yang mengagumkan. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa liburan ke luar negeri terkadang membuat kita lebih bersemangat.

Saat berencana berlibur ke luar negeri, kalian harus melakukan banyak persiapan. Seperti diketahui, keadaan di negara orang tentu berbeda dengan Indonesia. Jangan sampai karena persiapan yang tidak matang, kalian mengalami kesulitan di sana.


Lalu, apa saja yang wajib dibawa saat liburan di luar negeri? Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Wajib Bawa Paspor dan Dokumen Penting


Wajib Bawa Paspor dan Dokumen Penting

Sebelum membeli tiket pesawat untuk ke luar negeri ada baiknya kalian memeriksa masa berlaku paspor terlebih dahulu. Jangan sampai sudah mengeluarkan uang banyak untuk membeli tiket malah paspor belum siap.

Saat berangkat pastikan paspor dan dokumen-dokumen penting sudah masuk ke dalam satu tempat kecil yang khusus. Kalian juga sebaiknya membuat duplikat paspor dan dokumen tersebut dengan cara fotokopi. Hal ini dilakukan jika terjadi sesuatu di jalan kalian dapat menggunakannya untuk mengurus di KBRI.

2. Jangan Lupa Siapkan Uang Tunai


Jangan Lupa Siapkan Uang Tunai

Selain paspor, kalian harus menukar uang rupiah ke mata uang negara yang kalian kunjungi agar tidak repot menukarkannya setelah sampai. Selain itu, tetap bawa uang tunai rupiah sebagai cadangan, jadi sewaktu-waktu dibutuhkan kalian tinggal menukarnya saja.

Sebaiknya, hindari membayar sesuatu menggunakan kartu kredit. Pasalnya, tidak semua tempat menggunakan cara pembayaran tersebut. Kalian dapat menggunakannya pada saat tertentu.

3. Bawa Kamus Kecil atau Aplikasi Terjemahan


Bawa Kamus Kecil atau Aplikasi Terjemahan

Liburan ke luar negeri tentunya kalian sedikit banyak harus mengetahui bahasa di negara tujuan. Perlu kalian tahu bahwa tidak semua negara memiliki mayoritas penduduk yang mengenal bahasa Inggris. Beberapa negara juga lebih menghargai turis yang menggunakan bahasa di sana, lho.

Maka dari itu, kalian bisa mengunduh aplikasi kamus online yang dapat digunakan di mana saja. Jika khawatir tidak mendapatkan koneksi internet, bawah lah kamus saku yang kecil dan mudah di simpan.

4. Buku Panduan Perjalanan di Negara Tujuan


Buku Panduan Perjalanan di Negara Tujuan

Buku panduan perjalanan sangat penting untuk mendampingi liburan kalian. Banyak orang yang masih menyepelekan hal ini. Padahal dengan buku panduan kalian dapat mengerti daerah yang dikunjungi. Tak hanya lokasi wisata dan kuliner tetapi juga tata krama di masyarakat.

Mungkin sebagian mempercayakan hal tersebut pada pencarian di internet. Tapi ingat, tidak semua tempat memiliki fasilitas internet hospot atau sinyal yang bagus. Percayalah, buku panduan wisata sangat berguna untuk membantu perjalanan kalian.

5. Jangan Lupa Menyiapkan Travel Adaptor atau Converter Internasional


Jangan Lupa Menyiapkan Travel Adaptor atau Converter Internasional

Hal yang tak kalah pentingnya adalah travel adaptor. Setiap negara memiliki standar colokan yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk pipih, bulat, colokan tiga dan masih banyak lagi. Maka, daripada kerepotan membeli colokan di sana, kalian dapat mencari tahu sebelum berangkat.

Selain travel adaptor, pilihan bijak lainnya adalah converter internasional. Benda satu ini dapat kalian gunakan jika berkunjung ke negara lainnya.

6. Obat-Obatan Tak Boleh Dilupakan Jika Berkunjung ke Luar Negeri


Obat-Obatan Tak Boleh Dilupakan Jika Berkunjung ke Luar Negeri

Apa kalian memiliki alergi tertentu atau penyakit yang mudah kambuh? Sebaiknya persiapkan obat-obatan penting jika kalian akan pergi jauh ke negara orang. Bawa persediaan obat yang cukup seperti obat flu, maag, masuk angin, obat luka luar, vitamin dan minyak gosok.

Berada di negara lain, memungkinkan seseorang gampang terserang penyakit karena perbedaan suhu dan cuaca. Jangan sampai liburan kalian hanya dihabiskan di dalam kamar hotel. Selain itu, harga obat di luar negeri juga lebih mahal dan belum tentu cocok untuk kalian.

7. Persiapkan Peralatan Mandi


Persiapkan Peralatan Mandi

Jangan sampai lupa untuk mempersiapkan peralatan mandi dari rumah, ya. Mungkin kalian berpikir bahwa sabun, sampo, sikat gigi dan lainnya dapat dengan mudah diperoleh di negara tujuan. Namun, apa sudah memikirkan harganya?

Daripada membeli peralatan mandi baru dengan harga yang tidak murah, kalian dapat menggunakan yang lama. Simpan sabun dan sampo pada botol kecil untuk menghemat tempat. Jangan lupa perhitungkan persediaan dan seberapa lama waktu liburan kalian, ya.

8. Peralatan untuk Ibadah Wajib Dibawa


Peralatan untuk Ibadah Wajib Dibawa

Bumi kita diisi dengan banyak perbedaan. Mulai dari ras, suku, budaya dan juga agama. Nah, kalian pasti mengetahui setiap negara memiliki mayoritas agama yang berbeda-beda. Bawa peralatan ibadah jika kalian merasa akan sulit menemukan tempat ibadah.

9. Bawa Botol Minum Agar Hemat


Bawa Botol Minum Agar Hemat

Pada beberapa negara, air mineral dijual cukup mahal. Maka dari itu, kalian perlu membawa botol air minum saat sedang berlibur. Kalian bisa mengisinya dengan air keran siap minum yang banyak disediakan di negara-negara lain. Liburan bakal hemat banget, lho.

10. Kantong Plastik untuk Memisahkan Barang Kotor


Kantong Plastik untuk Memisahkan Barang Kotor

Nah, yang tak kalah pentingnya adalah kantong plastik. Apa sih gunanya? Kantong plastik digunakan untuk menyimpang pakaian kotor agar tidak tercampur dengan yang bersih. Kalian juga dapat mempersiapkannya untuk hal-hal tidak terduga, misalnya menyimpan barang-barang penting agar tidak basah.

10 benda yang wajib dibawa saat liburan ke luar negeri sudah dibahas. Jika kalian ingin mengetahui tips untuk liburan hemat dengan uang pas-pasan, cek di sini ya.

You can share this post!

Related Posts