Via Vallen 'Disentil' Jerinx SID Soal Cover Lagu 'Sunset di Tanah Anarki', Ini Kata Mbah Mijan
Instagram/mbahmijan
Musik
Via Vallen Dibully Jerinx SID

Mbah Mijan ikut mengomentari kritikan Jerinx SID kepada Via yang telah mengover lagunya tanpa izin.

WowKeren - Publik tengah dihebohkan dengan permasalahan yang terjadi antara Jerinx Superman Is Dead (SID) dan Via Vallen. Sebelumnya, Jerinx telah "menyentil" Via karena meng-cover lagu SID yang berjudul "Sunset di Tanah Anarki" tanpa izin.

Lebih lanjut, Jerinx juga mengkritik Via lantaran cover lagu "Sunset di Tanah Anarki" dikomersilkan lewat DVD. Meski begitu, Jerinx mengaku tak meminta royalti atau imbalan apapun kepada Via. Drummer SID ini juga enggan disebut mencari sensasi lantaran band-nya baru merilis album.


Permasalahan antara Jerinx dan Via pun ikut dikomentari oleh paranormal Mbah Mijan. Menurut Mbah Mijan, cover lagu bisa saling menguntungkan kedua belah pihak. Namun, Mbah Mijan menyayangkan Via yang hingga kini masih sering meng-cover lagu orang lain, alih-alih menelurkan karya sendiri.

"Opiniku, apapun alasannya, cover adalah jalur alternatif dari simbiosis mutualisme yang artinya, bisa sama sama menguntungkan," tulis Mbah Mijan di Instagram pada Minggu (11/11). " Memang sangat di sayangkan, singer papan atas, sekelas Via Vallen masih sibuk mencover, harusnya sudah berkarya dengan lagu-lagu yang Vallen banget."

Selain itu, Mbah Mijan juga menilai bahwa meng-cover lagu tanpa izin memang merugikan. Meski begitu, peramal berusia 34 tahun ini mengaku bahwa ia tahu lagu "Sunset di Tanah Anarki" berkat cover dari Via.

"Mencover tanpa ijin juga tidak baik, karena seperti mengcopy kepingan CD bajakan yang berserakan," sambung Mbah Mijan. "Mungkin jika yang mengcover Mbah Mijan, tidak akan seheboh jika di cover Via Vallen, tapi manfaatnya, saya jadi tau siapa pencipta dan penyanyi aslinya. Semoga bisa membawa rejeki bagi kedua belah pihak."

Usai melihat pernyataan Mbah Mijan tersebut, para netter pun ikut memberikan berbagai komentar. Ada yang ikut menyindir Via lantaran meng-cover lagu SID tanpa izin. Namun, ada juga yang heran lantaran Jerinx baru mempermasalahkan hal tersebut sekarang.

"Emang molen nggak Ada karya sendiri mbah isone copy tok," sindir akun @tak***sss. "Kalau udah artis yg cover lagu tapi ga ijin itu kebangetan,buat lagu itu ga mudah,ga gampang," imbuh akun @gie****ves.

"Via vallen nyanyi lagu itu sbelum dia terkenal mbah udah 2014 yg lalu tapi knp baru skrng di usik?" tulis akun @rez***u22. "Mbah padahal via cover taun2013 kenapa baru di up sekarang ya," seru akun @ult****vv.

You can share this post!

Related Posts
Loading...