Selamatkan Bumi dengan Memanfaatkan Botol Bekas Menjadi 15 Benda Super Kreatif Ini
SerbaSerbi

Jangan biarkan bumi semakin rusak dengan penggunaan botol plastik yang semakin tidak terkontrol.

WowKeren - Pada 19 November lalu, seekor paus sperma ditemukan mati terdampar di perairan Pulau Kpota, Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Di dalam perut paus tersebut ditemukan hampir enam kilogram plastik dan sandal jepit.

Dalam cuitan WWF Indonesia, mereka merinci apa saja yang terdapat di dalam perut tersebut. "5,9 kg sampah plastik ditemukan di dlm perut paus malang ini! Sampah plastik yaitu: plastik keras (19 pcs, 140 gr), botol plastik (4 pcs, 150 gr), kantong plastik (25 pcs, 260 gr), sandal jepit (2 pcs, 270 gr), didominasi o/ tali rafia (3,26 kg) & gelas plastik (115 pcs, 750 gr)," tulisnya.


Hal ini membuktikan bahwa bumi kita semakin rusak. Penggunaan plastik yang tak terkontrol menjadi penyebab utamanya. Ulah tak bertanggung jawab manusia mulai menyebabkan kerugian pada makhluk lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, kita wajib membatasi penggunaan plastik. Seperti diketahui, plastik tidak bisa terurai dalam waktu singkat. Kita juga perlu memanfaatkan benda-benda bekas yang layak dipakai agar tidak hanya menjadi sampah yang merugikan.

Nah, berikut terdapat ide yang bisa kalian gunakan untuk memanfaatkan botol plastik. Intip di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. DIY Botol Bekas Menjadi Pot Lucu untuk Tanaman


DIY Botol Bekas Menjadi Pot Lucu untuk Tanaman

Botol bekas memang paling sering digunakan untuk menjadi sebuah pot. Apalagi, botol plastik sangat mudah diubah bentuknya, hanya memerlukan gunting.

2. DIY Botol Bekas Menjadi Celengan dengan Karakter Lucu


DIY Botol Bekas Menjadi Celengan dengan Karakter Lucu

Nah, yang satu ini adalah sebuah celengan dengan menggabungkan dua bagian bawah botol bekas. Kalian bisa menggambarnya dengan berbagai karakter yang lucu sesuai dengan kreasi.

3. DIY Botol Bekan Menjadi Tempat Pensil


DIY Botol Bekan Menjadi Tempat Pensil

Kreasi yang satu ini juga enggak kalah kreatif. Botol bekas menjadi kotak pensil yang super ekonomis. Tinggal ditambahkan resleting warna-warni yang lucu.

4. DIY Botol Bekas Menjadi Rak Buku


DIY Botol Bekas Menjadi Rak Buku

Lagi butuh tempat mengatur buku namun tabungan menipis? Kreasi satu ini bisa membantu kalian menghemat keuangan. Kalian hanya perlu memotong botol detergen bekas seperti digambar. Kemudian tempel beberapa stiker agar lebih berwarna.

5. DIY Botol Bekas Menjadi Tempat Menyimpan Perhiasan


DIY Botol Bekas Menjadi Tempat Menyimpan Perhiasan

Wah, kalau yang satu ini mungkin cukup sulit. Jangan lupa meminta bantuan ayah atau ibu di rumah saat membuatnya, ya Meski dari botol palstik, tempat perhiasan satu ini kelihatan mewah banget.

6. DIY Tutup Botol Menjadi Anting-Anting Super Imut


DIY Tutup Botol Menjadi Anting-Anting Super Imut

Saat ini model anting-anting yang menggemaskan lagi jadi tren. Nah, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan tutup botol. Pastikan tutup botol sudah di cuci terlebih dahulu.

7. Tempat Peralatan Makan dari Kaleng Bekas


Tempat Peralatan Makan dari Kaleng Bekas

Mencari barang-barang yang cocok dengan tema rumah terkadang cukup sulit. Untuk itu, kalian bisa memanfaatkan kaleng bekas seperti yang ada di gambar. Desain dan warna bisa kalian cocokkan dengan selera masing-masing.

8. DIY Botol Bekas Jadi Gantungan Alat Masak


DIY Botol Bekas Jadi Gantungan Alat Masak

Kreasi satu ini sangat mudah untuk dibuat. Kalian hanya perlu membelahnya kemudian sisakan bagian sebagai tempat gantungan. Ekonomis dan bermanfaat banget tentunya.

9. Sampah Menjadi Tempat Sampah? Lihat di sini


Sampah Menjadi Tempat Sampah? Lihat di sini

Botol bekas yang biasanya menjadi sampah kini dapat digunakan sebagai tempat sampah. Kreatif banget, ya.

10. Sedekah Makanan pada Burung dengan Cara Ini


Sedekah Makanan pada Burung dengan Cara Ini

Punya pohon besar di pekarangan rumah? Yuk, bikin kreasi ini untuk memberikan manfaat pada makhluk lain. Dijamin akan banyak cuitan burung di pagi hari yang menenangkan bakal terdengar.

11. DIY Piring dari Botol Kaca Bekas yang Keren Abis


DIY Piring dari Botol Kaca Bekas yang Keren Abis

Kreasi yang satu ini bakal bikin meja makan kalian jadi estetik. Mungkin membutuhkan usaha yang cukup banyak karena kalian perlu meminta bantuan ahliuntuk membuatnya.

12. DIY Meja Kecil dari Botol Bekas


DIY Meja Kecil dari Botol Bekas

Kreasi botol kaca bekas tidak hanya itu, kalian bisa membuatnya menjadi kaki meja yang super keren. Teman-teman kalian bakal berdecak kagum melihatnya.

13. Gunakan Botol Kaca Bekas Jadi Furnitur yang Estetik


Gunakan Botol Kaca Bekas Jadi Furnitur yang Estetik

Bingung menghias rumah baru yang masih kosong? Furnitur dari botol bekas bakal jadi ide yang bagus. Kalian bisa memesan pada ahlinya.

14. Pohon Natal dari Botol Bekas


Pohon Natal dari Botol Bekas

Natal sebentar lagi akan tiba, apa kalian sudah mempersiapkan sesuatu? Tahun ini mungkin bakal jadi natal yang berkesan dengan memanfaatkan botol bekas sebagai pohon natal. Antimainstream banget, kan?

15. Hiasan Natal dari Tutup Botol Bekas


Hiasan Natal dari Tutup Botol Bekas

Jangan hanya pohon natal, biar suasananya makin seragam kalian bisa membuat hiasan dati tutup botol seperti ini. Lucu banget, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait