Masuk Warisan Dunia, 8 Tempat Wisata Taman Nasional Indonesia Ini Wajib Dikunjungi untuk Liburan
Travel

Saksikan keindahannya sendiri, buat momen liburanmu menjadi tak biasa dengan datang ke taman-taman nasional Indonesia ini.

WowKeren - Momen liburan selalu menjadi hal yang paling dinantikan oleh banyak orang. Apalagi, sekarang sudah memasuki bulan Desember. Bulan terakhir di tahun 2018 ini biasanya banyak dimanfaatkan untuk melakukan liburan. Bisa sendiri, bersama dengan teman, atau yang paling asyik, bersama dengan keluarga besar.

Lantas, sudahkah kamu menentukan kemana akan pergi liburan di penghujung tahun ini? Buat kamu yang enggak terlalu suka liburan dengan banyak orang, pergi ke taman hiburan mungkin akan sangat kamu hindari. Lalu, ke mana dong?


Tenang saja, kamu bisa mencoba liburan tak biasa, namun tetap berkesan dengan mengungjungi taman-taman nasional di Indonesia. Yap, taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang masih memiliki ekosistem asli. Selain itu, tempat-tempat itu juga masih dikelola dengan sistemn zonasi yang dimanfaatkan untuk penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, serta rekreasi.

Bener banget, taman nasional bisa kamu jadikan sebagai tujuan wisata yang sangat menyenangkan di akhir tahun ini. Terlebih, beberapa taman nasional Indonesia ini keindahannya sudah diakui dunia, lho. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil masuk situ warisan dunia.

Masak sih kamu masih enggak ingin melihat langsung keindahan taman-taman nasional milik Indonesia ini? Taman nasional mana saja nih yang berhasil masuk warisan dunia dan wajib segera kamu kunjungi? Yuk, intip daftarnya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Taman Laut Karimunjawa di Jawa Tengah


Taman Laut Karimunjawa di Jawa Tengah

Jika memutuskan untuk menghabiskan akhir tahun di Jawa Tengah, sebaiknya kamu tak melewatkan kunjungan ke Taman Laut Karimunjawa. Karimunjawa merupakan objek wisata kepualau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Di sana kamu bisa menyaksikan sendiri keindahan pemandangan sekitar sekaligus pemandangan bawah lautnya yang tak kalah menakjubkan.

Pengembangan fasilitas wisata terus dilakukan oleh pemerintah setempat. Tak heran jika objek wisata ini terus mendapatkan perhatian dari para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain menikmati keindahannya, berbagai aktivitas menyenangkan juga bisa kamu lakukan di sini, lho. Kamu bisa memilih untuk menyelam, snorkeling, bermain berbagai olahraga air, hingga santai dengan berjalan di pinggir pantai saja. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu kunjungan dan pulau mana yang akan kamu datangi, ya.

2. Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara


Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara
Youtube/Dive Rats

Berbicara soal taman nasional dengan keindahan luar biasa, kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara. Keindahan Taman Nasional Bunaken ini juga sudah terkenal hingga ke kancah internasional. Taman Nasional Bunaken juga menjadi rumah bagi 390 spesies terumbu karang yang sangat indah.

Dilansir dari Wikipedia, kunjungan wisata ke Taman Nasional Bunaken ini semakin meningkat setiap tahunnya. Antara tahun 2003 hingga 2006 lalu, jumlah pengunjungnya mencapai 32.000 hingga 39.000 orang. Menakjubkannya, hingga 10.000 di antaranya merupakan turis asing.

Pada tahun 2005 lalu, Indonesia telah mendaftarkan Taman Nasional Bunaken ini kepada UNESCO untuk dimasukkan dalam Situs Warisan Dunia. Jadi enggak sabar ingin segera melihat langsung keindahan Bunaken, kan? Eits, tapi jangan lupa juga untuk turut melestarikan terumbu karang di sana dengan tidak merusaknya, ya.

3. Taman Laut Raja Ampat di Papua Barat


Taman Laut Raja Ampat  di Papua Barat
Youtube/Kaufik Anril

Siapa sih yang masih belum kenal dengan keindahan Taman Laut Raja Ampat di Papua ini? Ya, wisata ke Raja Ampat memang tengah populer beberapa tahun terakhir. Tak heran sih karena di sana, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah luar biasa yang dijamin membuat pikiranmu lebih fresh.

Raja Ampat bisa ditempuh menggunakan pesawat. Kebanyakan yang datang ke Raja Ampat adalah para penyelam. Di sana kamu akan mendapati pantai pasir putih yang sangat indah dengan gugusan pulau karst. Selain itu, beragam flora dan fauna endemik juga wajib kamu saksikan secara langsung.

4. Taman Nasional Way Kambas di Lampung


Taman Nasional Way Kambas di Lampung

Ingin berwisata sekaligus lebih dekat dengan alam? Kamu bisa memilih untuk berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas. Taman Nasional Way Kambas ini terletak di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Di sana, kamu bisa menyaksikan sendiri habitat dari Gajah Sumatera.

Kawasan ini juga sudah ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN. Hal itu juga membuat Taman Nasional Way Kambas menjadi Taman Warisan ASEAN ke-4 di Indonesia dan ke-36 di Asia Tenggara. Penetapan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan kekayaan alam yang berada di wilayah Asia Tenggara. Tertarik berkunjung ke sini?

5. Taman Nasional Kerinci Seblat di Sumatera


Taman Nasional Kerinci Seblat di Sumatera

Daftar taman nasional selanjutnya yang bisa kamu kunjungi selama liburan nanti adalah Taman Nasional Kerinci Seblat di Sumatera. Taman nasional ini merupakan taman nasional yang terbesar di Pulau Sumatera. Jika berkunjung ke sini, kamu bisa menyaksikan berbagai flora dan fauna langka yang ada di Indonesia.

Jika berkunjung di saat yang tepat, kamu bisa menyaksikan sendiri bunga Raflesia Arnoldi yang menjadi tumbuhan endemik di Pulau Sumatera. Selain bunga Raflesia, kamu juga bisa menyaksikan berbagai keindahan alam lainnya di sini yang sayang banget untuk dilewatkan.

Taman nasional ini juga termasuk dalam daftar warisan dunia, lho. UNESCO menetapkan Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan pada tahun 2004 sebagai situs warisan dunia. Tercatat, ada sebanyak 22 spesies mamalia yang tidak dapat ditemukan di manapun di wilayah Indonesia lainnya.

6. Taman Nasional Meru Betiri di Jawa Timur


Taman Nasional Meru Betiri di Jawa Timur

Terletak di Jawa Timur, kamu bisa melancong ke Taman Nasional Meru Betiri. Lokasi taman nasional ini tepatnya di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Salah satu bagian dari Taman Nasional Meru Betiri yang banyak dikunjungi adalah Pantai Sukamade.

Di sana kamu bisa menikmati pemandangan indah sekaligus turut berpartisipasi dalam kegiatan konservasi penyu. Ya, pantai ini memang terkenal dengan konservasi berbagai spesies penyu. Selain penyu, kamu juga bisa mendapati berbagai hewan unik lainnya seperti burung merak, bajing, macan tutul dan sebagainya. Seru banget, kan?

Jika kamu menginginkan liburan yang penuh petualangan, berkunjung ke kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini adalah pilihan wajib. Beberapa gunung di sekitar bisa kamu jelajah dengan suka cita karena tak terlalu tinggi.

7. Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur


Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur

Bicara soal warisan dunia, kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke Taman Nasional Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur. Di sana, kamu bisa menyaksikan kadal raksasa yang cuma ada di kawasan itu saja. UNESCO sendiri telah menetapkan kawasan ini sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991.

Tak hanya menemui komodo, jika berkunjung ke sini, kamu juga bisa menikmati hamparan pantai dan pemandangan yang indah. Selain itu, pemandangan savana di tempat ini juga tak kalah menawan. Dijamin, kunjungan ke Taman Nasional Komodo ini akan menjadi pengalaman menarik untuk mengisi liburanmu.

8. Taman Nasional Lorentz di Papua


Taman Nasional Lorentz di Papua

Masih di kawasan Papua, selain Raja Ampat, jangan lupa untuk berkunjung dan menyaksikan langsung keindahan Taman Nasional Lorentz. Lokasinya terletak di Provinsi Papu dan merupakan wilayah terluas yang dilindungi di Asia Tenggara. Total wilayahnya mencapai 2,35 juta hektar.

Pada tahun 1999, UNESCO resmi menetapkan kawasan ini sebagai Situs Warisan Dunia. Menyaksikannya secara langsung sebagai momen liburan pasti akan sangat menakjubkan. Kamu bisa menyaksikan sendiri berbagi pemandangan menarik dari wilayah tropis lautan hingga daratan tinggi bersalju.

Menariknya, di kawasan ini, kamu juga bisa menyaksikan formasi pegunungan yang dihiasi oleh gletser es. Pemandangan yang sangat langka ditemukan di Indonesia. Selain itu, ada juga situs fosil yang menjadi bukti evolusi dari Papua Nugini. Keren banget, deh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait