Penjelasan MA Soal Kabar Kebebasan Saipul Jamil
instagram
Selebriti
Rencana Saiful Jamil Bebas

Seperti diketahui, Saipul ditangkap pihak kepolisian pada 18 Februari 2016 silam terkait kasus pelecehan seksual.

WowKeren - Pedangdut Saiful Jamil dikabarkan akan segera bebas usai menjalani hukuman di Lapas Cipinang, Jakarta Timur. Seperti diketahui, Saipul ditangkap pihak kepolisian pada 18 Februari 2016 silam terkait kasus pelecehan seksual.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara pun memvonis Saipul dengan hukuman tiga tahun penjara. Mantan suami Dewi Persik itu terbukti melanggar pasal 290 dan 292 KUHP.


Seolah merasa tak terima, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) atas vonis tersebut. Akhirnya PT menambahkan hukuman menjadi lima tahun penjara.

Hingga pada akhir tahun 2016, pihak Saipul mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA). Namun MA menolak PK yang diajukan.

Pengacara Saipul pun belum lama ini menerangkan jika sang klien akan bebas sekitar dua hingga tiga bulan lagi. Menanggapi kabar tersebut, pihak Mahkamah Agung (MA) angkat bicara.

"Kalau kita perhatikan putusan atas nama Saipul Jamil mengajukan PK. PK yang diajukan adalah putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta," ujar Kabid Humas MA, Abdullah, dilansir Detik pada Senin, 21 Januari 2019. "Permohonan PK no 202 atau akta-tipid 2017 no 454 pidsus 2016 PN Jakut jo.no 211 pid 2016 PT DKI yang dibuat panitera PN Jakut menerangkan bahwa tanggal 15 Maret 2017 agar putusan Pengadilan Tinggi Jakarta dapat ditinjau kembali."

Saipul mengajukan PK untuk keputusan vonis dari PT DKI. Bukan dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

"Jadi yang di PK putusan PT DKI Jakarta. Kemudian, setelah MA mengadili, amarnya, menolak PK pemohon terpidana Saipul Jamil," lanjut Abdullah. "Menetapkan putusan yang dimohonkan tetap berlaku. Putusan yang berlaku putusan PT ya. yang diajukan kan putusan PT karena permohonan ditolak kembali lagi yang di PK itu."

Sementara itu, Saipul kabarnya akan menyapa fans pasca bebas. "Beliau sungguh bahagia karena sebentar lagi bisa ketemu dengan fansnya yang sudah menunggu," ujar pengacara Saipul belum lama ini.

Saat berada dibalik jeruji, Saipul diakui menjadi guru tari dan vokal. Ia juga dinobatkan sebagai narapidana terbaik.

You can share this post!

Related Posts
Loading...