Piala Maya 2019: Borong Trofi, Kemenangan 'Keluarga Cemara' Justru Dipertanyakan
Official
Film

'Keluarga Cemara' berhasil menyabet sebanyak 6 trofi di Piala Maya 2019.

WowKeren - "Keluarga Cemara" berhasil memboyong 6 piala di ajang penghargaan Piala Maya 2019 yang digelar pada Sabtu (19/1) lalu. Akan tetapi, kemenangan "Keluarga Cmeara" pada ajang tersebut rupanya dipertanyakan sejumlah warganet.

Akun Twitter @christmellody mengungkap hal ganjil pada salah satu syarat yang diterangkan Piala Maya tahun ini. Merujuk pada keterangan yang ditulis akun Instagram @pialamaya, film-film bioskop cerita panjang yang masuk dalam periode #PM7 (Piala Maya 2019) adalah yang telah ditonton umum di bioskop dari tanggal 16 November 2017-28 Desember 2018.

Akan tetapi, Piala Maya juga menuliskan bahwa film tersebut harus sudah tayang reguler di bioskop untuk ditonton publik sebelum Pengumuman Nominasi Piala Maya 2019 tanggal 5 Januari 2019. Oleh sebab itu, akun @christmellody merasa ada 2 tanggal yang digunakan sebagai batas penayangan film yakni 28 Desember 2018 dan 5 Januari 2019. Kecurigaan tersebut semakin berdasar lantaran "Keluarga Cemara" baru tayang pada 3 Januari 2019.

Akun warganet tersebut lantas membandingkan dengan syarat-syarat yang ditulis Piala Citra 2018 perihal batas waktu penayangan film. Untuk Festival Film Indonesia tahun 2018 lalu, tertulis bahwa "Film-film yang dinilai adalah film yang tayang di bioskop berbayar dari akhir September 2017 - akhir September 2018."

Oleh sebab itu, peraturan Piala Maya tersebut seharusnya dapat disederhanakan menjadi "Film yang tayang dari 16 Nov 2017 - 5 Januari 2019". Kendati demikian, banyak warganet yang tetap merasa "Keluarga Cemara" layak mendapatkan kemenangan besar di Piala Maya 2019.

"Udah jelas syaratnya DAN harus sudah tayang reguler untuk publik sebelum tanggal 5 di BIOSKOP. KC tanggal 3 udah mulai tayang reguler buat publik," komentar akun @dudutem***. "Keluarga cemara special screaning sblum tgl 28 desember lo mbak," tulis akun @tohaaa***.

"Kalau cermati aturan main udah benar sih. KC memenuhi syarat. Sementara film festival lain yang disebut itu belum tayang reguler," sahut akun @lautank***. "Udh bner bukan. Pun mepet bngt itu sama deadline," balas akun @AIYip***.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru