Ketahui 9 Tips Mengakali Barang Bawaan Agar Tidak Membayar Bagasi Tambahan
Travel

Bagasi yang tak lagi gratis sebanyak 20 kg, tentu membuat penumpang merasa terbebani. Ini cara mengakalinya.

WowKeren - Pada 8 Januari 2019 lalu, Lion Air Group memberlakukan penghapusan kebijakan bagasi gratis untuk layanan penerbangan domestik. Padahal, Lion Air merupakan salah satu penerbangan bertarif rendah alias Low Cost Carrier (LCC).

Setelah Lion Air, PT Citilink Indonesia juga mengumumkan hal yang sama. Mulai 8 Februari mendatang, penumpang akan dikenakan biaya bagasi. Tarif termurah dimulai dari Rp. 9.000 per kg. Harga tersebut untuk penerbangan di bawah satu jam.


Bagasi yang tak lagi gratis sebanyak 20 kg, tentu membuat penumpang merasa terbebani. Apalagi yang yang ingin pulang kampung tak bisa lagi membawa oleh-oleh yang banyak untuk orang tua dan keluarga besar. Penumpang harus mengeluarkan biaya lebih untuk membawanya.

Nah, bagi kalian yang ingin pulang kampung, ini dia 9 tips mengakali barang bawaan agar tak membayar lebih untuk bagasi. Simak di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Pilih Pakaian Seperlunya dengan Bahan Tipis


Pilih Pakaian Seperlunya dengan Bahan Tipis

Tips pertama adalah soal packing alias mengemas barang. Nah, sebaiknya kalian memilih barang apa saja yang diperlukan. Kalau perlu, buatlah daftar barang bawaan agar kalian dapat mensortir barang-barang yang tidak diperlukan.

Jangan membawa pakaian dengan jumlah yang banyak hanya karena bingung akan mengenakan yang mana. Pilih beberapa atasan yang cocok digunakan pada satu bawahan. Hal tersebut bisa menghemat tempat di koper. Kalian juga bisa memilih pakaian dengan bahan yang tipis.

2. Gunakan Pakaian Paling Berat saat Pergi dan Pulang


Gunakan Pakaian Paling Berat saat Pergi dan Pulang

Nah, saat ingin traveling biasanya jaket adalah pakaian yang wajib dibawa. Namun, jaket tebal atau pakaian lain seperti celana jeans banyak memakan tempat di koper saat bepergian. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat menggunakannya saat pergi dan pulang, jadi enggak perlu dimasukkan ke dalam koper. Hal itu juga membuat tas atau koper kalian lebih ringan.

3. Coba Gulung Pakaian Sebelum Dimasukkan ke Koper


Coba Gulung Pakaian Sebelum Dimasukkan ke Koper

Menumpuk pakaian ke atas, seperti di dalam lemari ternyata kurang efektif untuk memanfaatkan space terbatas dalam tas atau koper. Nah, cara yang paling baik adalah dengan menggulung pakaian tersebut sebelum dimasukkan ke dalam koper. Hal ini juga membantu kalian membawa barang penting lainnya.

Selain itu, sebaiknya kalian menggulung pakaian yang tidak mudah kusut seperti kaus, baju renang, jersey dan lainnya. Untuk kemeja dan pakaian lain yang kusut, kalian bisa menumpuknya pada bagian atas setelah semuanya selesai.

4. Bawa Peralatan Mandi dan Skincare yang Travel Size Agar Lebih Ringan


Bawa Peralatan Mandi dan Skincare yang Travel Size Agar Lebih Ringan

Bagi wanita, membawa peralatan mandi, skincare dan kosmetik merupakan benda yang wajib dibawa. Biasanya, barang-barang tersebut memiliki kemasan yang cukup besar. Padahal, tidak akan kalian habiskan saat travel juga, kan?

Hal tersebut dapat diatasi dengan memasukkan skincare atau peralatan mandi ke dalam botol yang lebih kecil. Selain itu, kalian bisa memilih barang-barang tersebut yang memiliki ukuran kecil dan mudah dibawa. Kemudian, masukkan ke dalam satu wadah khusus untuk memisahkannya dengan pakaian. Kalian juga akan lebih mudah untuk mengambilnya.

5. Manfaatkan Space di Koper dengan Baik


Manfaatkan Space di Koper dengan Baik

Tips packing selanjutnya adalah menempatkan barang-barang kecil seperti pakaian dalam, ikat pinggang, kerudung dan lainnya ke dalam koper belakangan. Nantinya, pasti ada ruang kosong dalam koper, kalian bisa menyelipkan barang tersebut dapat sela-sela tumpukan pakaian. Manfaatkan sisa-sisa ruang tersebut sebaik mungkin. Hal ini akan menghindarkan kalian dari membawa tas tambahan.

6. Bawa Sebagian Barang ke Kabin


Bawa Sebagian Barang ke Kabin

Biasanya, sebagian orang tidak mau membawa barang ke kabin dengan alasan berat dan merepotkan. Nah, jika dalam keadaan tarif bagasi yang sudah berbayar seperti saat ini, kalian harus memanfaatkan kabin, ya. Bawa barang berlebih ke dalam pesawat, namun kalian juga harus mengetahui ketentuan dari maskapai yang kalian gunakan.

7. Kirim Oleh-Oleh atau Barang Lebih Lewat Ekspedisi


Kirim Oleh-Oleh atau Barang Lebih Lewat Ekspedisi

Tips lainnya untuk menekan biaya barang bawaan adalah dengan menggunakan ekspedisi. Pertama, bandingkan biaya yang akan kalian keluarkan untuk tambahan bagasi dan biaya tambahan saat kalian menggunakan ekspedisi luar kota atau luar negeri. Cara ini sangat efektif buat kalian yang ingin membawa oleh-oleh cukup banyak. Selain itu, kirim barang tersebut beberapa hari sebelum kalian pergi agar sampai bersamaan dengan kalian.

8. Timbang Barang Bawaan Jauh-Jauh Hari


Timbang Barang Bawaan Jauh-Jauh Hari

Sebelum pergi, persiapkanlah barang bawaan jauh-jauh hari. Dengan begitu, kalian dapat menimbang terlebih dahulu barang tersebut. Selain itu, kalian bisa memilih dengan cermat benda-benda yang tidak diperlukan. Jangan lupa sisakan tempat untuk oleh-oleh jika kalian ingin berbelanja saat traveling nantinya.

9. Membeli Paket Bagasi yang Disediakan Oleh Maskapai Lewat Online


Membeli Paket Bagasi yang Disediakan Oleh Maskapai Lewat Online

Jika barang-barang yang kalian bawa cukup banyak dan tidak bisa "pangkas", lebih baik coba memesan bagasi tambahan lewat online. Setiap maskapai menyediakan website resmi, di mana penumpang dapat membeli bagasi tambahan. Jangan mengandalkan untuk membeli tambahan bagasi saat di bandara. Pasalnya, harga yang dikenakan jauh lebih mahal dibandingkan dengan saat beli online.

Nah, kalian sudah tau tips mengakali bawang bawaan agar tidak bayar bagasi, kan? Segera praktekkan, ya!.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait