10 Larangan yang Pantang Dilanggar Ketika Berlibur ke Korea Selatan, Sudah Tahu?
Travel

Mulai dari tak boleh berisik di transportasi umum hingga jangan memotret orang lokal, ketahui larangan apa saja yang harus dipatuhi di Korea Selatan.

WowKeren - Berlibur ke daerah atau negara membutuhkan persiapan yang matang. Sebelum berangkat, kalian harus mulai mengumpulkan informasi terkait tempat yang akan dikunjungi. Mulai dari makanan, lokasi penginapan, penduduk sekitar peraturan hingga budayanya.

Kalian pasti tahu bahwa setiap daerah apalagi negara memiliki budaya dan peraturan yang berbeda. Sebagai pengunjung tentunya kita harus menghormati budaya dan mematuhi peraturan di tempat itu. Jangan sampai kunjungan kita membuat penduduk sekitar tidak nyaman.


Nah, hal tersebut juga berlaku di Korea Selatan. Meski masih sama-sama Asia, negara ini memiliki budaya yang cukup berbeda dan peraturan yang ketat. Untuk itu kalian harus mengetahuinya agar tidak salah langkah, ya.

Nah, berikut 10 larangan yang wajib kalian patuhi saat berada di Korea Selatan. Simak dengan baik, ya!

(wk/nris)

1. Jangan Gunakan Bahasa Inggris untuk Mengawali Pembicaraan, Pakai 'Annyeong Haseyo'!


Jangan Gunakan Bahasa Inggris untuk Mengawali Pembicaraan, Pakai 'Annyeong Haseyo'!

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting untuk kalian ketahui. Nah, perlu kalian ketahui bahwa enggak semua orang di suatu negara "suka" menggunakan bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional. Sebagian penduduk suatu negara merasa lebih dihargai jika kalian menggunakan bahasa mereka. Setidaknya, tahu percakapan dasar atau bahasa sapaan.

Nah, begitu pula dengan Korea Selatan. Saat kalian ingin bertanya kepada penduduk lokal, sebaiknya awali pembicaraan dengan Annyeonghaseyo. Kata tersebut berarti "Hai" atau berbagai jenis sapaan. Kata tersebut juga mewakili "Excuse me" dalam bahasa Inggris.

2. Jangan Berisik saat di Transportasi Umum


Jangan Berisik saat di Transportasi Umum

Pantangan selanjutnya saat berkunjung ke Korea Selatan adalah berisik di transportasi umum. Jika di dalam drama atau film Korea kalian melihat pemainnya mengobrol dengan keras saat berada di transportasi umum, hal tersebut tidak berlaku di kehidupan nyata, lho.

Hal tersebut dianggap sebagai perilaku tidak sopan di Korea Selatan. Daripada dipelototin oleh orang-orang di dalam bus atau kereta, sebaiknya diam hingga sampai pada tujuan. Selain itu, hal ini juga berlaku saat kalian menonton video pada ponsel, jangan lupa kenakan headphone agar suaranya tidak mengganggu penumpang lainnya.

3. Jangan Menunggu di Halte Bus Sembarangan


Jangan Menunggu di Halte Bus Sembarangan

Bus menjadi salah satu transportasi umum yang paling banyak digunakan penduduk Korea Selatan. Setiap bus memiliki tempat pemberhentian masing-masing. Jadi, satu bus tidak berhenti di semua halte meski melewatinya.

Oleh karena itu, kalian harus menunggu di halte yang benar. Cek terlebih dahulu tujuan kalian dan nomor bus yang digunakan. Kemudian periksa nomor bus tersebut pada daftar yang disediakan di tiap halte. Meski kadang halte tersebut berdekatan, bus tidak akan berhenti. Jadi, jangan sampai ketinggalan bus hanya karena hal ini, ya.

4. Jangan Memberhentikan Taksi di Halte Bus


Jangan Memberhentikan Taksi di Halte Bus

Halte merupakan tempat pemberhentian bus. Jadi, jangan sekali-kali mencoba menunggu dan memberhentikan taksi di halte, ya. Di Korea Selatan, hal tersebut dilarang dengan tegas. Jangan sampai kalian jadi bahan gosip penduduk di sana, ya.

5. Jangan Memotret orang Lokal Sembarangan


Jangan Memotret orang Lokal Sembarangan

Nah, larangan satu ini sepertinya paling penting. Memotret merupakan satu kegiatan yang enggak boleh dilewatkan ketika tengah liburan. Biasanya, turis gemar mengabadikan momen saat liburan seperti lingkungan di sana atau kegiatan penduduk lokal. Nah, jika kalian berada di Korea Selatan, jangan sekali-kali memotret orang lokal tanpa se-izin dari mereka, ya.

Penduduk Korea, terutama gadis-gadis muda tidak suka dipotret tanpa izin. Mereka menganggap hal tersebut melanggar privasi seseorang. Selain itu, kalian juga tidak boleh memandang terlalu lama penduduk lokal.

6. Jangan Memainkan Sumpit Apalagi Menancapkannya pada Nasi


Jangan Memainkan Sumpit Apalagi Menancapkannya pada Nasi

Berpindah ke budaya makan. Sumpit merupakan alat makan yang digunakan orang Korea Selatan. Nah, pantang bagi orang di sana memain-mainkan sumpit ketika makan. Apalagi jika kalian menancapkan sumpit secara vertikal pada nasi.

Hal tersebut dilarang lantaran bentuknya mirip dengan dupa yang dibakar saat upacara kematian atau persembahan nenek moyang. Kalian akan dianggap menunjukkan suasana kematian saat makan. Tidak etis, bukan?

7. Jika Sedang Makan Bersama Orang Tua, Jangan Menolak Minuman dari Mereka


Jika Sedang Makan Bersama Orang Tua, Jangan Menolak Minuman dari Mereka

Budaya makan selanjutnya di Korea Selatan adalah menerima tuangan minuman dari orang yang lebih tua. Jika kalian menolaknya bisa dianggap tidak sopan, lho. Namun, hal tersebut bisa ditoleransi dengan alasan agama, sedang hamil, sakit, menyetir dan lainnya.

8. Saat Makan, Jangan Mendahului Orang yang Lebih Tua


Saat Makan, Jangan Mendahului Orang yang Lebih Tua

Nah, masih berhubungan dengan orang yang lebih tua, kalian tidak boleh mendahului mereka saat makan. Jadi, meski sudah sangat lapar, kalian tidak boleh makan terlebih dahulu, ya. Pasalnya, orang Korea Selatan memang sangat hormat kepada yang lebih tua. Mereka juga sangat memperhatikan cara berbicara dan hal-hal lainnya jika berhubungan dengan orang tua.

9. Jangan Memberi dan Menerima Sesuatu dengan Satu Tangan


Jangan Memberi dan Menerima Sesuatu dengan Satu Tangan

Hal yang harus kalian perhatikan selanjutnya saat berkunjung ke Korea Selatan adalah saat menerima dan memberi sesuatu pada orang lain. Saat melakukan hal tersebut, kalian wajib menggunakan kedua tangan. Hal tersebut untuk menunjukkan sikap hormat. Jadi, ketika menyerahkan uang pada penjual makanan atau lainnya, gunakan kedua tangan, ya.

10. Jangan Merokok di Sembarang Tempat


Jangan Merokok di Sembarang Tempat

Korea Selatan berbeda dengan Indonesia yang warganya dapat merokok di sembarang tempat. Penduduk di sana dilarang merokok di tempat umum. Ada area khusus yang disediakan untuk merokok. Nah, hal ini juga berlaku buat para turis. Kalau tidak mematuhinya, kalian bisa terkena denda, lho.

Nah, buat yang bingung ingin jalan-jalan kemana saat di Korea Selatan, kalian bisa mengunjungi tempat yang menjadi lokasi syuting drama dan MV Korea. Simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait