Menggigit Es Batu Hingga Mengonsumsi Soda, Ini 10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi
Hello Sehat
Health

Yuk jaga kesehatan gigi dengan menghindari 10 kebiasaan buruk ini.

WowKeren - Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Kalian mungkin merasa gigi sehat-sehat saja, padahal tidak adanya tanda-tanda masalah bukan berarti gigi kalian baik-baik saja.

Perlu kalian ketahui bahwa beberapa hal seperti gigi menguning karena kopi dan gusi terlihat menipis bisa menjadi tanda kalian tengah mengalami masalah gigi serius, lho. Terkadang sebagian orang tidak sadar bahwa kebiasaan yang mereka lakukan menimbulkan efek buruk pada gigi.


Lalu, apa saja sih kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gigi rusak? Mari baca di bawah ini.

1. Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda Sebabkan Gigi Rusak


Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda Sebabkan Gigi Rusak

Siapa diantara kalian yang gemar minum soda? Kebiasaan minum soda rupanya dapat menyebabkan gigi rusak. Soda mengandung asam fosforik dan gula yang menimbulkan erosi pada gigi. Selain itu, gigi juga akan mudah berlubang. Perlu kalian ketahui bahwa kandungan di dalam soda juga akan menyebabkan bakteri di mulut cepat berkembang sehingga mengancam kesehatannya.

Nah, maka dari itu, gunakan sedotan saat mengonsumsi soda untuk mengurangi kontak langsung dengan soda. Jangan lupa untuk menggosok gigi setelah mengonsumsi soda, ya.

2. Mengunyah Makanan Hanya pada Satu Sisi Saja


Mengunyah Makanan Hanya pada Satu Sisi Saja

Kebiasaan selanjutnya adalah mengunyah makanan pada satu sisi. Hal ini dapat meningkatkan resiko gangguan pada sendi rahang dan gigi rentan rusak. Migrain juga dapat menyerang kalian akibat dari kebiasaan buruk satu ini. Mengunyah pada satu sisi juga menyebabkan bagian tersebut mudah berkerak. Maka dari itu, biasakan diri untuk mengunyah menggunakan dua sisi, ya.

3. Mengunyah dengan Lambat dan Terlalu Sering


Mengunyah dengan Lambat dan Terlalu Sering

Mengunyah dengan lambat memang sangat dianjurkan. Hal tersebut dilakukan agar makanan lebih halus sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Mengunyah makanan dengan lambat merupakan tips diet agar tidak mudah lapar. Namun, jika frekuensinya terlalu lambat malah akan memengaruhi kesehatan gigi kalian, lho. Gigi tidak punya kesempatan untuk melawan bakteri sementara ia terus dibombardir dengan makanan. Hal ini juga berlaku bagi kalian yang doyan ngemil.

Usai makan, plak pada gigi akan melepaskan asam yang menyerang gigi, sehingga bila kalian mengonsumsi makanan sepanjang hari atau ngemil, serangan asam tersebut akan terjadi terus menerus. Hal ini menyebabkan gigi berlubang.

4. Bernapas Lewat Mulut akan Merusak Kesehatan Gigi


Bernapas Lewat Mulut akan Merusak Kesehatan Gigi

Siapa sangka bernapas lewat mulut dapat merusak gigi? Kebiasaan tersebut rupanya dapat membuat rahang atas menjadi sempit kemudian menyebabkan gigi berjejal atau tidak beraturan. Resiko mau mulut dan peradangan pada gusi juga dapat meningkat. Beberapa aktivitas memang terkadang membuat kita bernapas lewat mulut, namun jangan terlalu sering, ya.

5. Gigi Dapat Rusak Karena Merokok


 Gigi Dapat Rusak Karena Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya untuk kesehatan, termasuk gigi. Rokok dapat menyebabkan mulut kering sehingga menjadi tempat yang cocok untuk perkembangan bakteri. Hal tersebut yang memicu gusi dan gigi rusak.

Tak hanya itu, rokok menyebabkan warna gigi kalian menguning. Hal ini diakibatkan proses pembakaran tar dalam rokok yang meninggalkan noda pada gigi. Maka dari itu, hentikan kegiatan merokok sekarang. Resiko paling buruk dari rokok adalah kanker paru-paru.

6. Bahaya Menggertakkan Gigi


Bahaya Menggertakkan Gigi

Menggertakkan gigi merupakan salah satu kebiasaan buruk yang merusak gigi. Biasanya, kebiasaan menggertakkan gigi terjadi ketika seseorang tengah tidur, stres, berpikir dan lainnya. Menurut ahli, kebiasaan tersebut membuat gigi aus secara prematur bahkan bisa patah, lho. Menggertakkan gigi juga membuat kalian sering merasa pusing dan rahang terasa sakit.

7. Kebiasaan Menggosok Gigi Terlalu Keras


Kebiasaan Menggosok Gigi Terlalu Keras

Menggosok gigi dengan tekanan yang keras dapat menghilangkan enamel pelindung gigi secara permanen. Akibatnya, gigi menjadi sensitif, berlubang serta menyebabkan gusi mundur atau menipis. Untuk hal ini, kalian sebaiknya menggunakan gigi dengan bulu halus dan menggosok dengan perlahan. Sikat gigi dengan gerakan memutar selama dua menit, setidaknya dua kali sehari.

8. Menggigit Kuku Bakal Bikin Gigi Rusak


Menggigit Kuku Bakal Bikin Gigi Rusak

Jika gigi kalian rusak, mungkin bisa saja karena kebiasaan menggigit kuku. Lapisan gigi bisa rusak dan menjadi sensitif terhadap suhu jika terlalu sering menggigit kuku atau benda keras. Pasalnya, gigi sebenarnya diciptakan untuk mengunyah makanan.

Parahnya, struktur gigi juga dapat berubah karena kebiasaan buruk ini. Gigi dapat bergeser dari tempatnya sehingga bentuknya menjadi aneh. Padahal bentuk gigi akan permanen hingga dewasa.

9. Mengunyah Es Batu Bisa Merusak Gigi


Mengunyah Es Batu Bisa Merusak Gigi

Sama seperti sebelumnya, es batu juga merupakan benda keras yang dapat merusak gigi. Es batu dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi dan mengikis email gigi. Perlu kalian ketahui bahwa enamel gigi kalian bersifat kristal, begitu pula dengan es batu yang kalian gigit. Nah, jika dua kristal dipertemukan, gigi bisa saja retak.

10. Menggunakan Gigi untuk Membuka Kemasan


Menggunakan Gigi untuk Membuka Kemasan

Kalian pasti pernah menggunakan gigi untuk membuka kemasan suatu makanan, kan? Kalian wajib tahu bahwa kebiasaan tersebut menyebabkan gigi rusak dan pecah, lho. Kebiasaan ini juga memunculkan jarak pada gigi. Jarak tersebut akan membuat kuman lebih mudah masuk dan mengganggu kesehatan. Kalian akan mengalami rasa ngilu yang menyiksa.

You can share this post!

Related Posts
Loading...