7 Tips Agar Tetap Merasa Kenyang saat Diet
Lifestyle

Kalian punya masalah menahan rasa lapar saat sedang diet? Yuk ikuti 7 tip di bawah ini agar diet kalian tetap sukses.

WowKeren - Saat sedang menjalani diet, tentunya kalian akan mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit. Tak jarang rasa lapar hadir untuk mengganggu diet kalian. Bagi yang enggak bisa mengontrol, diet bisa gagal, nih.

Gimana sih caranya biar diet tanpa terganggu rasa lapar? Yuk simak ulasan di bawah ini.

(wk/nris)

1. Minum Air Putih Sebelum Makan Agar Tetap Kenyang


Minum Air Putih Sebelum Makan Agar Tetap Kenyang

Salah satu cara efektif untuk merasa kenyang adalah memperbanyak minum air putih. Air sendiri memiliki 0 kalori, jadi aman banget buat di konsumsi dalam jumlah yang banyak. Air akan mengisi lambung sekaligus mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Selain itu, sebelum makan kalian sebaiknya meneguk satu atau dua gelas air putih. Hal tersebut dapat membuat kalian merasa lebih cepat kenyang dan tentunya porsi makan akan lebih sedikit. Penelitian juga membuktikan bahwa air akan mempercepat penurunan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme sebesar 30%.

2. Gunakan Piring yang Lebih Kecil Membuat Lebih Cepat Kenyang


Gunakan Piring yang Lebih Kecil Membuat Lebih Cepat Kenyang

Menggunakan piring yang lebih kecil ampuh membantu kalian mengurangi porsi makan, lho. Sebuah penelitian menemukan bahwa kalian cenderung mengisi piring hingga 70% tidak peduli seperti apa ukuran piringnya.

Selain itu, pikiran kita menanamkan bahwa rasa kenyang di dapat setelah piring kosong. Jadi gunakan piring yang lebih kecil, letakkan makanan yang lebih sedikit pula di atasnya dan kalian akan merasa kenyang meski porsinya tak sebanyak biasanya.

3. Agar Cepat Kenyang, Coba Kunyah Makanan Secara Perlahan


Agar Cepat Kenyang, Coba Kunyah Makanan Secara Perlahan

Ketika makan otak membutuhkan sekitar 20 hingga 30 menit untuk menyadari perut sudah cukup terisi. Jadi makanlah sedikit demi sedikit dan kunyah secara perlahan. Kalian bisa menyamakan cara makan teman kalian yang paling lambat jika sedang berkumpul bersama-sama.

4. Pilih Makanan dan Camilan Berserat


Pilih Makanan dan Camilan Berserat

Serat sangat baik untuk membuat kalian merasa kenyang. Makanan yang berserat memiliki 1,5 - 2,5 kalori per gram, lebih baik dibandingkan karbohidrat dan lemak yang masing-masing memiliki 4 dan 9 kalori. Selain itu, coba ganti camilan sehari-hari dengan buah yang mengandung banyak serat seperti apel dan pisang.

5. Konsumsi Makanan dengan Vitamin D


Konsumsi Makanan dengan Vitamin D

Salah satu penyebab rasa lapar terus menerus adalah kurangnya asupan vitamin D. Kandungan tersebut berpengaruh pada kerja hormon leptin yang bertugas penanda bahwa perut sudah merasa kenyang.

Kalian bisa mendapatkan asupan vitamin D dari berbagai jenis ikan seperti salmon dan tuna. Selain itu, kini sudah banyak suplemen vitamin D yang dijual di toko.

6. Gunakan Aromaterapi Agar Tidak Cepat Lapar


Gunakan Aromaterapi Agar Tidak Cepat Lapar

Mungkin kalian tidak menyangka aromaterapi dapat membatu proses diet. Kalian bisa menggunakan aromaterapi yang memiliki wangi makanan seperti peppermint, pisang, apel hijau dan vanila. Aroma tersebut terbukti dapat menekan nafsu makan, lho.

7. Usahakan Cukup Tidur Agar Tetap Kenyang


Usahakan Cukup Tidur Agar Tetap Kenyang

Saat kurang tidur, tubuh akan menghasilkan hormon lapar, ghrelin. Kadar ghrein yang lebih tinggi dapat membuat kalian merasa lapar sepanjang hari. Selain itu, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur akan lebih terdorong untuk mengonsumsi karbohidrat lebih banyak. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7 hingga 8 jam perhari.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait