Tri Rismaharini Akan Bangun Alun-Alun Surabaya Lengkap dengan Tribun dan Eskalator
Nasional

Pembangunan alun-alun kota merupakan bentuk komitmen Pemkot Surabaya untuk menyediakan ruang positif terutama bagi anak-anak.

WowKeren - Upaya Walikota Surabaya Tri Rismaharini untuk mempercantik Kota Pahlawan memang tiada habisnya. Puluhan taman kota telah berhasil dibangun. Namun itu belum cukup. Risma masih memiliki rencana lain untuk warga Surabaya. Ia akan membangun fasilitas publik yang hingga saat ini belum dimiliki oleh Surabaya, alun-alun kota.

Alun-alun ini akan dibangun di pusat kota. Rencananya, alun-alun tersebut akan menghubungkan kompleks Balai Pemuda dengan Jalan Yos Sudarso melalui persimpangan Jalan Pemuda. Risma mengatakan bahwa kesatuan tersebut nantinya akan sangat luas.

"Nanti itu yang Balai Pemuda basement-nya nyambung itu tembus, kan terus nyebrang ke Jalan Pemuda," kata Risma di rumah dinasnya, Jalan Sedap Malam, Rabu (27/2). "Nah nanti itu kan kayak jadi kesatuan jadi kan luas, nanti namanya Alun-Alun Surabaya."

Alun-alun tersebut nantinya akan dibangun dua lantai ke bawah. Lantai satu akan dipergunakan sebagai tempat untuk menjajakan makanan tradisional dan produk khas kota Pahlawan. Sedangkan lantai dua akan dijadikan sebagai tempat parkir kendaraan.

Dengan adanya alun-alun yang terhubung melalui basement bawah tanah, para pejalan kaki tidak perlu menyeberang lewat jalan Yos Sudarso, namun cukup melewati basement tersebut. Bagi para penyandang disabilitas, Risma juga akan menyiapkan eskalator untuk memudahkan mobilitas mereka.


"Jadi ada eskalatornya," kata Risma. "Ada liftnya untuk disabilitas ke bawah, nah nanti terus kemudian ke atas."

Risma menjelaskan bahwa desain alun-alun dibuat berbeda untuk sisi yang ada di sebelah barat maupun timur. Di sisi sebelah timur, nantinya akan dibangun Plaza, panggung hiburan, serta tempat duduk penonton untuk melihat pertunjukan seni.

"Jadi nanti orang bisa duduk-duduk di situ," imbuh Risma. "Anak-anak bisa latihan main musik, juga bisa latihan tari. Tujuannya memang buat itu."

Untuk memberikan edukasi warga Surabaya mengenai perjuangan para pahlawan di masa lalu, Risma juga akan melengkapi alun-alun dengan diorama sejarah Kota Pahlawan dan patung Sawunggaling.

Risma berharap bahwa pembangunan alun-alun ini nantinya dapat menyediakan ruang-ruang positif untuk anak-anak, sesuai dengan komitmen Pemkot. Meskipun sudah ada Balai Pemuda, namun hal itu dirasa Risma belum cukup menampung anak-anak yang ingin berlatih kesenian.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait