Jalani Sidang Perdana, Ratna Sarumpaet Mengaku Tak Bohongi Masyarakat
WowKeren/Fernando
Nasional

Ratna Sarumpaet menjalani sidang perdana kasus hoaks pada Kamis (28/2), jaksa membacakan sejumlah dakwaan untuknya.

WowKeren - Seniman dan aktivis sosial Ratna Sarumpaet menjalani sidang perdana kasus hoaks pada Kamis (28/2). Ia hadir ditemani oleh sang anak, Atiqah Hasiholan datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ratna resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus hoaks yang menghebohkan masyarakat Indonesia pada Oktober 2018 lalu.

Ratna diketahui didakwa dengan pasal Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana Hukum dan Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45 dengan ancaman 10 tahun. Ia awalnya mengaku dianiaya oleh sejumlah orang tak dikenal, namun ternyata wajahnya lebam lantaran melakukan operasi sedot lemak.

Menghadapi sidang perdana, Ratna didakwa membuat keonaran dengan menyebarkan kabar bohong alias hoaks. Ratna dinilai sengaja membuat kegaduhan dengan cerita dan foto-foto wajah lebam yang disebutnya hasil penganiayaan.


"Akibat rangkaian cerita bohong terdakwa yang seolah-olah benar terjadi penganiayaan disertai dengan mengirim foto-foto wajah dalam kondisi bengkak ," ujar JPU di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, pada Kamis (28/2). "Dan cuitan-cuitan serta konferensi pers Prabowo juga, mengakibatkan kegaduhan dan atau keonaran di kalangan masyarakat, baik di media sosial serta terjadinya unjuk rasa."

Usai menjalani sidang, Ratna lantas menjawab beberapa pertanyaan wartawan. Saat ditanya mengenai bagaimana perasaannya menjalani sidang perdana, Ratna seolah hemat bicara. Namun, mantan anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini mengaku tak membohongi masyarakat.

"Baik," jawab Ratna saat ditemui WowKeren usai menghadapi sidang perdana di PN Jakarta Selatan pada Kamis (28/2). "Ya enggak lah, ya saya bohong ke anak saya kok."

Saat tiba di ruang sidang sekitar pukul 09:20 WIB, Ratna sempat mengacungkan salam dua jari. Seperti diketahui, Ratna melakukan hal tersebut sebagai bentuk dukungannya terhadap pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Ratna juga sempat terlihat menunduk saat tengah menjalani sidang.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru