Susu hingga Kacang, 7 Makanan Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Jerawat
Lifestyle

Sudah menggunakan banyak skincare tapi wajah masih aja jerawatan? Makanan bisa jadi penyebab yang kalian pertimbangkan.

WowKeren - Jerawat merupakan masalah wajah yang dialami hampir semua orang. Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga mengganggu penampilan. Apalagi ketika kalian ingin mengenakan makeup. Wajah menjadi bertekstur dan tidak flawless.

Masalah wajah satu ini disebabkan karena banyak hal. Mulai dari kebiasaan buruk, stres hingga makanan yang kalian konsumsi. Untuk mengatasi jerawat yang timbul karenha stres, kalian bisa simak di sini.


Sudah menggunakan banyak skincare tapi wajah masih aja jerawatan? Makanan bisa jadi penyebab yang kalian pertimbangkan. Kalian mungkin tidak sadar beberapa makanan yang kalian konsumsi dapat menjadi masalah kulit ini.

Nah, berikut ini 7 makanan yang rupanya bisa menimbulkan jerawat. Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Makanan Berminyak seperti Fast Food Sebabkan Jerawat


Makanan Berminyak seperti Fast Food Sebabkan Jerawat

Makanan pertama yang dapat menyebabkan jerawat adalah makanan berminyak. Makanan dengan minyak dan lemak tinggi dapat merangsang kulit, menyumbat pori-pori, mendorong pembentukan kista dan meningkatkan produksi jerawat. Wajah bisa menjadi kemerahan, peradangan dan pembengkakan, lho.

Jenis makanan berminyak dan berlemak seperti kentang goreng, burger, keripik, pizza, daging dan masih banyak lagi. Jika tidak ingin jerawatan, sebaiknya kalian tidak mengonsumsi makanan tersebut berlebihan. Makanan ini juga mempengaruhi jerawat sudah tumbuh menjadi meradang.

2. Makanan Pedas Menyebabkan Masalah Kulit, Jerawat


Makanan Pedas Menyebabkan Masalah Kulit, Jerawat

Kuliner Indonesia tidak dapat dijauhkan dari rasa pedas. apa kalian salah satu pecinta kuliner pedas? Namun, perlu kalian ketahui bahwa makanan pedas bisa menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat, lho.

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan. Sensasi nyeri yang ditimbulkan oleh makanan pedas pada organ pencernaan akan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah hingga memerah. Keringat akan menyumbat pori-pori sehingga jerawat dapat timbul.

3. Makanan dari Produk Susu


Makanan dari Produk Susu

Susu merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk pertumbuhan. Hormon pertumbuhan dalam susu ini juga dituding yang menjadi pemicu jerawat. Susu akan membuat produksi insulin dalam darah meningkat.

Hormon insulin mendorong lebih banyak penyerapan gula ke dalam darah. Jika mengonsumsi susu, artinya semakin banyak tubuh menyerap gula. Hal ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak kelenjar minyak dan membuat kulit wajah semakin berminyak. Jerawat pun bisa timbul. Tidak hanya susu, produk dari susu seperti keju, es krim, yogurt, mentega dan lainnya juga dapat menyebabkan jerawat.

4. Buah yang Memiliki Kandungan Vitamin C


Buah yang Memiliki Kandungan Vitamin C

Vitamin C dalam dunia kecantikan sangat bermanfaat untuk membuat kulit cerah. Namun, rupanya vitamin c juga dapat menimbulkan jerawat. Buah yang mengandung vitamin C tinggi, seperti jeruk dan stroberi berpotensi meningkatkan jerawat lantaran vitamin C dan asam dapat mengiritasi kulit. apalagi jika kalian memiliki kulit yang sensitif.

Maka dari itu, jika kalian sedang jerawatan, hindari mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C atau krim dengan kandungan tersebut. Hal tersebut malah akan membuat jerawat semakin parah, lho.

5. Jerawat dapat Disebabkan Karena Kacang


Jerawat dapat Disebabkan Karena Kacang

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan kacang yang dianggap dapat menimbulkan jerawat. Hal ini lantaran adanya kandungan asam lemak omega-6, agglutinin dan aflatoxin. Aflatoxin sendiri dapat memicu jamur dan membuat kulit wajah menghasilkan jerawat.

Hal ini juga berlaku untuk selai kacang, bahkan efeknya lebih parah, lho. Selai kacang memiliki efek dua kali lipat meningkatkan minyak wajah karena tambahan karbohidrat dan gula. Insulin dan gula darah meningkat sehingga produksi androgen juga bertambah. Androgen sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab meningkatkan produksi kelenjar minyak.

6. Hindari Konsumsi Makanan Manis Berlebihan


Hindari Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Makanan selanjutnya adalah gula. Kadar gula yang tinggi bisa mengakibatkan hormon penyebab jerawat meningkat. Tak hanya itu, gula juga dapat merusak kolagen serta elastin kulit. Hal ini yang menyebabkan kulit mengering.

Nah, kulit yang kering akan menyebabkan sel kulit mati di pori-pori dan pada akhirnya jadi penyebab jerawat. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan manis seperti kue, permen, cokelat dan lainnya.

7. Minuman Bersoda Sebabkan Jerawat


Minuman Bersoda Sebabkan Jerawat

Minuman bersoda mengandung aspartam. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh serta menurunkan pH. Tidak heran jika jerawat akan mudah muncul bahkan bertambah parah jika kalian terlalu sering mengonsumsi minuman tersebut. Ganti minuman bersoda dengan air putih yang dapat membantu kulit teregenerasi.

Nah, berikut bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat, simak di sini. Selain itu, jerawat tidak hanya ada di wajah, namun juga pungging, simak cara mengatasinya di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru