Ganti Formasi 14 Kali hingga Narkoba, Ini Tapak Tilas 10 Potret Perjalanan Slank Selama 35 Tahun
Selebriti

Slank merupakan salah satu band legendaris di Indonesia. Ayo simak perjalanan mereka selama 35 tahun di sini!

WowKeren - Siapa tak kenal Slank, salah satu band legendaris yang ada di Indonesia? Slank terkenal dengan musiknya yang easy going, namun memberikan kesan mendalam. Tak sedikit pula, Slank memiliki lagu yang berisi kritik terhadap pemerintah Tanah Air.

Slank mulanya didirikan dengan nama Red Evil pada tahun 1983 oleh Bimbim. Band satu ini memiliki personel yang terdiri dari, Bimbim Slank (drum), Denny BDN (bass), Erwan (vocal), Kiki (gitar) dan Bongky (gitar). Lantaran penampilan mereka yang slengean saat manggung, Slank memutuskan untuk mengganti nama. Slank merupakan kependekan dari slengean, K digunakan agar terlihat lebih keren.


Sebelum sampai pada titik saat ini, Slank mengalami perjalanan yang cukup panjang. Mereka telah berganti formasi hingga 14 kali, lho. Kiki merupakan personel pertama yang memutuskan untuk hengkang dari Slank pada 1984. Erwan menyusul keluar tak lama setelah Adri Sidaharta, kakak kandung Bimbim mengisi kekosongan Kiki.

Tak berhenti sampai di situ, Slank mengalami pasang surut pergantian personel. Hingga pada akhirnya Slank hanya menyisakan Bimbim dan Imanez (bass). Nah, mau tahu kelanjutan karier Slank? WowKeren telah merangkum 10 foto perjalanan Slank hingga saat ini. Intip di bawah, yuk!

1. Kaka Bergabung di Slank dalam Formasi 13

Kaka Bergabung di Slank dalam Formasi 13

slank.com

Bimbim tetap bertahan untuk mempertahankan Slank. Ia mencoba menarik Pay untuk mengisi gitar dan Well Willy untuk menjadi vokalis Slank. Namun, pada tahun berikutnya, Imanez dan Well Willy hengkang dari Slank.

Pada 1989, Bimbim mengajak Kaka Slank untuk bergabung dalam Slank. Kaka merupakan sepupunya yang saat itu tengah tergabung dalam Lovina. Kaka sendiri mengisi posisi vokal yang ditinggalkan oleh Well Willy.

2. Album Perdana Slank 'Suit... Suit... He... He... (Gadis Sexy)'

Album Perdana Slank \'Suit... Suit... He... He... (Gadis Sexy)\'

Setelah Kaka bergabung, Slank memantapkan langkah mereka di dunia musik Indonesia. Slank mencoba mengirimkan demo lagu ke berbagai label musik. Pada akhirnya, Boedi Soesatio memutuskan untuk bekerja sama dengan band tersebut.

Pada 1990, Slank akhirnya merilis album perdana yang berjudul "Suit... Suit... He... He... (Gadis Sexy)". Album tersebut berjalan sangat lancar. Slank berhasil meraih penghargaan album dengan penjualan terbaik tahun 1990-1991 dalam BASF Awards, kategori Musik Rock. Dengan kesuksesan lagu tersebut, Slank tampil di berbagai acara kampus, televisi hingga panggung luar kota.

3. Personel Slank Terjerat Narkoba Hingga Sebabkan Perpecahan

Personel Slank Terjerat Narkoba Hingga Sebabkan Perpecahan

slank.com

Kehidupan musisi memang lekat dengan narkoba. Dalam upaya bertahan, Slank meluncurkan album ke-5 "Minoritas". Namun, pengaruh narkoba semakin lama semakin memburuk. Terjadi perpecahan internal yang menyebabkan dilayangkannya surat pemecatan 3 personel, yaitu Bongky, Indra dan Pay.

Hal tersebut membuat Slank hanya memiliki dua personel, Bimbim dan Kaka. Dengan dukungan penggemar, kedua personel yang tersisa tetap mencoba aktif bermusik. Saat itu, keduanya masih menderita sebagai pecandu narkoba.

4. Bebas dari Narkoba, Slank Merilis Album 'Virus'

Bebas dari Narkoba, Slank Merilis Album \'Virus\'

Slank akhirnya menyatakan bahwa mereka bebas dari narkoba pada 2000. Bimbim, Kaka dan Ivanka Slank berhasil sembuh dari ketergantungan barang haram tersebut dan gencar melakukan proses rekaman album ke-10 mereka.

Album "Virus" kemudian rilis pada 2001 dengan semangat Slank yang baru, bebas dari narkoba. Album ini terbilang sukses hingga menjalani tur konser "Virus Road Show" 22 Kota di Indonesia.

5. Album Internasional Pertama Slank, 'Anthem For The Broken Hearted'

 Album Internasional Pertama Slank, Anthem For The Broken Hearted\'

Karier Slank semakin meningkat. Bimbim cs meluncurkan album internasional pertama yang berjudul "Anthem For The Broken Hearted”, artinya "Orkes Sakit Hati” pada 30 September 2008. Album tersebut diproduseri oleh Blues Saraceno.

Setelah meluncurkan album internasional tersebut, Slank melakukan tur promo di Amerika Serikat Selama 29 hari. Mereka menyambangi 9 Negara bagian dan 15 kota di sana, mulai dari Los Angeles, Hermosa Beach, Ohio, New York, Vienna, Philadelphia, Boston, Baltimore, Rochester, Chicago, Chico, Crystal Bay, Petaluma, Santa Cruz, dan Seattle.

6. OST 'Get Married' Slank Bersama Nirina Zubir Jadi Hits

OST \'Get Married\' Slank Bersama Nirina Zubir Jadi Hits

slank.com

Slank berkesempatan untuk membuat original soundtrack sekaligus scoring dari film "Get Married" pada 2007. Mereka berkolaborasi dengan Nirina Zubir dalam lagu "Pandangan Pertama" milik alm. A.Rafiq yang diaransemen ulang. Lagu tersebut meledak berikut juga film-nya.

Setelah itu, Slank kembali mengisi OST film "Generasi Biru The Movie" (2009) dan "Get Married 2" (2009). Dalam "Get Married 2", Slank kembali menggaet Nirina Zubir dalam lagu "P L I S". Kesuksesannya membuat Slank langganan mengisi OST setiap seri "Get Married".

7. Film Biografi Slank, 'Slank Nggak Ada Matinya'

Film Biografi Slank, \'Slank Nggak Ada Matinya\'

"Slank Nggak Ada Matinya" jadi salah satu film yang paling ditunggu-tunggu tahun 2013 silam. Film ini bercerita tentang kehidupan personel Slank di depan maupun belakang panggung. 90% kisah di dalamnya adalah nyata. Film tersebut juga memperlihatkan perjuangan Kaka cs untuk melawan narkoba.

Sejumlah bintang muda dipilih untuk menjadi para pemeran personel Slank. Kaka diperankan oleh Ricky Harun, Bimbim dimainkan Adipati Dolken, Ajun Prawira memerankan Ridho Slank, Aaron Shahab jadi Ivan, sementara peran Bunda Iffet akan dimainkan oleh Meriam Bellina.

8. Slank Aktif di Kampanye Positif Hingga Jadi Band Bebas Rokok

Slank Aktif di Kampanye Positif Hingga Jadi Band Bebas Rokok

Pada 2008, Slank dinobatkan sebagai Duta Anti-Korupsi. Mereka sempat menggelar konser di depan kantor KPK bersama Gigi. Selain itu, Slank juga menjadi Duta Anti-Narkoba, ikut dalam aksi nyata konservasi terumbu karang, Yaki (monyet merah yang ada di Sulawesi Utara) dan lainnya.

Nah, pada 2017 lalu, Ivanka memutuskan untuk berhenti merokok. Lalu, pada 2018, Slank menjadi band yang bebas dari rokok. Mereka tidak ingin mengonsumsi barang-barang yang merusak kesehatan.

9. Slank Jadi Ambassador Shopee Tahun 2019

Slank Jadi Ambassador Shopee Tahun 2019

Setelah Via Vallen hingga BLACKPINK, Slank terpilih menjadi brand ambassador terbaru e-commerce Shopee. Pemilihan Slank sebagai duta besar bukan tanpa alasan. Pihak Shopee merasa bahwa band tersebut kerap mengampanyekan hal-hal positif. Mereka juga tetap berkembang di era modern hingga dapat bertahan.

Bergabungnya Slank sebagai brand ambassador Shopee ditandai dengan diresmikannya TVC terbaru bertajuk "Shopee 31.3 elektronik & Digital Sale". Selain itu, Slank juga meluncurkan toko resmi di Shopee, yakni TheSlankStore. Bersama Slank, Shopee ingin memastikan bahwa konsumen pria juga dapat memenuhi kebutuhannya di e-commerce itu, sesuai dengan tagline mereka "Semua Pasti Ada di Shopee!

10. Konser Slank Bersama Shopee yang Paling Ditunggu

Konser Slank Bersama Shopee

Untuk mengobati rasa rindu penggemar, Slank akan menggelar konser bertajuk "Konser Special Slank Bersama Shopee". Konser tersebut akan diadakan pada tanggal 31 Maret mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD pukul 19.00.

Saking semangatnya para Slankers menyaksikan langsung band kesayangan mereka, tiket sudah terjual habis, lho. Beberapa yang beruntung juga dapat menerima undangan konser tersebut dengan membeli produk pilihan di Shopee.

You can share this post!

Related Posts
Loading...