Buat Para Ibu Muda, Yuk Ketahui 11 Tips Liburan Bersama Bayi Agar Tetap Aman dan Nyaman
crystalinmarie.com
Travel

Saat berlibur bersama bayi, kalian harus mempersiapkan banyak perlengkapan dengan banyak kemungkinan yang terjadi. Ayo simak tipsnya di sini.

WowKeren - Traveling merupakan kegiatan menyenangkan yang bertujuan untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari yang mungkin membosankan bagi sebagian orang. Namun, berlibur santai mungkin menjadi sulit bagi ibu muda yang baru memiliki bayi.

Setelah memiliki bayi, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Belum lagi jika bayi rewel atau sakit saat kalian melakukan perjalanan. Kalian tidak mau hal tersebut terjadi, kan?


Berlibur bersama bayi bisa tetap menyenangkan jika kalian mempersiapkan barang bawaan sang buah hati dengan matang. Selain itu, ibu juga harus lebih enjoy agar liburan tidak terasa berat, ya.

Nah, buat ibu muda yang masih kebingungan mempersiapkan bawaan untuk berlibur bersama bayi, berikut ada tips yang dapat kalian ikutin. Ayo simak di bawah ini, ya!

1. Pilih Destinasi Liburan yang Ramah untuk Bayi


Pilih Destinasi Liburan yang Ramah untuk Bayi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih destinasi liburan yang ramah untuk bayi. Kalian tidak boleh memilih tempat yang ingin dikunjungi tapi juga mempertimbangkan kenyamanan bayi saat berada di sana. Pilih lokasi yang menyiapkan fasilitas nursery room bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain itu, kalian juga sebaiknya tidak membawa bayi ke lokasi yang penuh dengan polusi. Pertimbangkan pula cuaca suatu tempat yang akan kalian kunjungi lantaran bayi rentan akan sakit dan tidak mudah beradaptasi dengan cuaca.

2. Siapkan Tas Khusus untuk Perlengkapan Bayi


Siapkan Tas Khusus untuk Perlengkapan Bayi

Nah, saat menyiapkan peralatan bayi, kalian memerlukan tas khusus untuk mereka. Hal ini dilakukan agar para ibu muda tidak kesulitan saat mencari barang yang dibutuhkan. Kemas semua kebutuhan bayi secara teratur agar mudah diingat saat dicari.

Ibu juga sebaiknya menyiapkan tas kecil yang mudah untuk dibawa kemana-kemana. Guna tas tersebut untuk menyimpan kebutuhan bayi yang dibutuhkan saat jalan-jalan. Misalnya saja popok, botol susu, tisu, tisu basah, baju cadangan, lotion, minyak telon, makanan bayi dan lainnya yang diperlukan.

3. Bawa Pakaian Ekstra untuk Bayi


Bawa Pakaian Ekstra untuk Bayi

Tips selanjutnya adalah soal pakaian bayi. Kalian harus menghitung lamanya perjalanan yang dilakukan untuk menyesuaikan dengan pakaian bayi yang akan dibawa. Jangan bawa baju pas-pasan lantaran akan banyak hal tidak diperkirakan akan terjadi. Misalnya, baju kotor terkena muntah atau noda makanan.

Tidak hanya baju jalan saja, ibu juga sebaiknya menyiapkan baju tidur, kaus kaki, topi bayi, kain lap dan juga celemek untuk meminimalisir baju kotor terkena makanan. Jangan lupakan selimut untuk jaga-jaga, ya.

4. Bawa Makanan dan Camilan Agar Bayi Tidak Rewel


Bawa Makanan dan Camilan Agar Bayi Tidak Rewel

Bayi yang masih berusia di bawah enam bulan, mungkin tidak membutuhkan makanan lantaran masih bergantung pada ASI atau susu formula. Namun, untuk bayi yang sudah memasuki usia Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), kalian harus menyiapkan makanan bayi.

Meski sedang traveling, jangan sembarangan memberi makanan bayi. Kalian tetap harus mempertimbangkan gizi dalam makanan tersebut, tentunya juga kebersihan makanan tersebut. Selain itu, sediakan camilan yang dapat dikonsumsi bayi agar dapat dikonsumsi saat tengah jalan-jalan.

5. Bawa Peralatan Makan Bahkan Sponge Khusus untuk Mencucinya


Bawa Peralatan Makan Bahkan Sponge Khusus untuk Mencucinya

Para ibu sebaiknya membawa peralatan makan sendiri, yakni mangkok, botol minum, sendok bayi dan lainnya agar kebersihannya dapat dikontrol. Bahkan bawalah sponge khusus untuk mencuci peralatan makan tersebut. Kalian dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

6. Jangan Lupa Bawa Popok Berlebih


Jangan Lupa Bawa Popok Berlebih

Kalian tidak ingin kerepotan mencari popok saat buah hati mendadak buang air besar di perjalanan, kan? Nah, maka dari itu sediakan popok berlebih agar memudahkan kalian sendiri. Gunakan popok sekali pakai agar kalian tidak repot untuk sering mengganti dan mencucinya.

7. Siapkan Peralatan Mandi Bayi


Siapkan Peralatan Mandi Bayi

Bayi memiliki kulit yang sensitif. Maka ibu harus membawa sendiri peralatan mandi mereka. seperti sabun dan sampo. Simpan di wadah yang baik untuk terhindar dari bakteri dan tidak tumpah. Kalian juga bisa menyimpannya pada travel kit agar mudah dibawa kemana-mana.

8. Obat-Obatan dan Skincare Bayi


Obat-Obatan dan Skincare Bayi

Hal yang tak kalah penting adalah obat-obatan. Siapkan selalu stiker kompres penurun demam, termometer, balsam, gripe water yang berguna jika perut bayi kembung dan lainnya untuk mengantisipasi kemungkinan yang ada. Kalian juga dapat membawa stiker anti-nyamuk untuk bayi.

Selain itu, skincare khusus bayi juga diperlukan. Kulit bayi yang masih sensitif bisa saja tidak cocok dengan cuaca di suatu daerah. Bawa lotion untuk menjaganya tetap lembap. Jika kalian berencana berlibur ke pantai, jangan lupakan sunscreen bayi, ya.

9. Jangan Lupa Carseat dan Stroller


Jangan Lupa Carseat dan Stroller

Nah, buat yang berencana traveling dengan membawa mobil, kalian memerlukan carseat agar bayi tetap nyaman dan ibu tidak kerepotan memangkunya. Pastikan carseat telah terpasang kencang agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan.

Stroller alias kereta bayi juga sangat diperlukan, lho. Benda ini akan memudahkan kalian membawa bayi dan perlengkapannya saat jalan-jalan. Kalian dapat menaruh barang-barang yang diperlukan pada saku stroller.

10. Jangan Terburu-buru saat Memenuhi Kebutuhan Bayi


Jangan Terburu-buru saat Memenuhi Kebutuhan Bayi

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan para ibu adalah jangan terburu-buru. Saat liburan sendiri mungkin kalian akan menyelesaikan banyak hal secara cepat untuk memanfaatkan waktu yang ada. Namun, hal tersebut tidak dapat kalian lakukan saat bersama bayi.

Jangan buru-buru dalam memenuhi kebutuhan bayi, seperti mandi, menyusui, makan atau mengganti popok hanya demi mengejar tempat atau kegiatan lain. Hal tersebut dapat berpengaruh untuk kenyamanan sang buah hati, lho.

11. Hal yang Harus Dilakukan Agar Bayi Tidak Rewel


Hal yang Harus Dilakukan Agar Bayi Tidak Rewel

Kalian tentu ingin perjalanan berjalan lancar dan bayi tidak rewel, bukan? Untuk mengatasi hal ini, kalian dapat menyiapkan wewangian yang terbukti dapat memperbaiki mood bayi, menenangkan dan mempercepat responnya. Aroma tersebut juga akan mengurangi stres pada bayi.

Bawa juga mainan agar bayi tidak bosan. Enggak perlu yang besar, kok, cukup yang kecil dan gampang dibawa. Misalnya, boneka binatang, musical toys, mainan plastik atau teething rings.

You can share this post!

Related Posts
Loading...