Hati-hati 8 Kebiasaan Buruk Saat Gosok Gigi Ini Sering Kalian Lakukan, Enggak Baik Buat Kesehatan!
Health

Beberapa orang mungkin hanya mengetahui bahwa kita wajib menggosok gigi dua kali sehari, namun tahukah kalian bahwa ada beberapa kebiasaan yang ternyata tidak baik dilakukan saat gosok gigi? Yuk simak di sini.

WowKeren - Sikat gigi atau gosok gigi merupakan aktivitas yang tak boleh dilewatkan. Dengan sikat gigi kita dapat memastikan kebersihan dan kesehatan bagian mulut dan gigi. Beberapa orang mungkin hanya mengetahui bahwa kita wajib menggosok gigi dua kali sehari, namun tahukah kalian bahwa ada beberapa kebiasaan yang ternyata tidak baik dilakukan saat gosok gigi?

Menariknya, beberapa kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak orang loh. Beberapa orang mungkin hanya asal menggosok gigi dengan pasta gigi, kumur dan buang yang penting sudah bersih. Namun tahukah kalian bahwa beberapa pasta gigi juga ada yang tak bagus untuk gigi? Selain itu, berkumur juga memerlukan teknik tertentu agar bisa bersih maksimal.

Alih-alih membersihkan, kebiasaan ini justru bisa merusak gigi jika lama-kelamaan kalian lakukan. Seperti apa saja kebiasaan dalam menggosok gigi yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan mulut kalian? Yuk intip 8 kebiasaan buruk saat gosok gigi di bawah ini.

(wk/putr)

1. Membasahi Sikat Gigi Sebelum Menaruh Pasta Gigi Ternyata Tidak Bagus Loh


Membasahi Sikat Gigi Sebelum Menaruh Pasta Gigi Ternyata Tidak Bagus Loh

Banyak orang yang memiliki kebiasaan membasahi sikat giginya terlebih dahulu sebelum menaruh pasta gigi atau odol di atasnya. Namun kebiasaan itu ternyata tidak bagus untuk kebersihan gigi. Dengan membasahi sikat gigi, air akan membuat pasta gigi mengeluarkan busa yang terlalu banyak.

Dengan begitu mulut kalian akan dengan cepat dipenuhi dengan busa. Hanya dengan menyikat gigi sebentar saja busa yang dihasilkan sudah melimpah, kalian jadi merasa sudah menggosoknya dengan lama, padahal belum tentu seluruh gigi sudah dibersihkan dengan benar. Cara yang tepat adalah jangan basahi sikatmu dulu dan perlahan taruh odol di atas sikat gigi. Dengan begitu busa yang dikeluarkan akan lebih sedikit dan tingkat kebersihan gigimu akan lebih terjamin.

2. Menyikat Gigi Terlalu Sebentar Juga Tidak Baik Untuk Kesehatan Gigi


Menyikat Gigi Terlalu Sebentar Juga Tidak Baik Untuk Kesehatan Gigi

Tahukah kamu jika menyikat gigi itu harus dilakukan selama dua menit? Banyak orang mengira tujuan gosok gigi adalah membersihkan noda makanan, tetapi sebenarnya tujuan utama gosok gigi adalah membersihkan gigi dari plak. Untuk menghilangkan plak ini para dokter gigi menyarankan untuk menggosok gigi selama 2-3 menit.

Namun sayang sekali kebanyakan orang hanya menghabiskan tak lebih dari satu menit untuk menggosok gigi mereka. Menurut penasihat konsumen untuk American Dental Association, akan lebih mudah untuk membagi mulut kalian menjadi empat daerah dan menyikatnya selama 30 detik untuk setiap bagian.

Atau cara lain kalian bisa menggunakan sikat gigi elektrik yang bisa menggosok sendiri. Dengan begitu, tangan kalian tidak akan capek bergerak selama 2-3 menit terus menerus. Intip juga tips memutihkan gigi dengan bahan alami di sini.

3. Langsung Gosok Gigi Setelah Bangun Tidur Rupanya Kesalahan Besar


Langsung Gosok Gigi Setelah Bangun Tidur Rupanya Kesalahan Besar

Kalian mungkin akan langsung gosok gigi ketika baru bangun tidur lalu kemudian sarapan, namun hal ini adalah kesalahan. Kebiasaan ini membuat komponen pasta gigi yang melindungi gigi tidak akan bertahan lama, karena akan masuk bersamaan dengan sarapanmu.

Kegiatan membersihkan gigi seharusnya dilakukan setelah sarapan agar gigi tetap bersih ketika beraktivitas. Selain itu apabila menu sarapan kalian mengandung asam, disarankan untuk memberi jeda waktu 30 menit sebelum menggosok gigi. Hal ini dimaksudkan agar kandungan email pada gigi tidak hilang. Saat malam pun, menyikat gigi seharusnya dilakukan setelah kalian memutuskan untuk tidak makan apa-apa lagi.

4. Menggunakan Pasta Gigi Tanpa Flouride Bakal Merusak Gigi


Menggunakan Pasta Gigi Tanpa Flouride Bakal Merusak Gigi

Beberapa orang mungkin akan asal memilih pasta gigi apa saja yang penting bersih. Namun tahukah kalian bahwa beberapa pasta gigi ada yang tidak mengandung flouride? padahal kandungan flouride adalah zat penting untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah gigi berlubang.

Jadi mulai sekarang pastikan cek pasta gigi kalian memiliki kandungan fluoride pada label kemasan sebelum membelinya. Untuk gigi anak-anak, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride sebesar 400 ppm. Sedangkan untuk orang dewasa, kandungan fluoride yang dianjurkan adalah sebesar 1450 ppm. Selain itu, pahami fungsi pasta gigi yang jarang diketahui orang di sini.

5. Kumur Terburu-buru dapat Mengurangi Fungsi Pasta Gigi


Kumur Terburu-buru dapat Mengurangi Fungsi Pasta Gigi

Setelah menggosok gigi, tentu bakteri masih ada dalam mulut kalian. Dengan berkumur kalian bisa memastikan bahwa semua bakteri sudah keluar dari mulut. Namun rupanya buru-buru berkumur juga tak baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Ketika selesai menggosok gigi kandungan floride dalam pasta gigi masih menempel di gigi. Berkumur dengan cepat dan buru-buru setelah menyikat gigi akan membilas konsentrasi fluoride dari pasta gigi yang tersisa, sehingga mengurangi efek pasta gigi.

6. Menggosok Gigi Dengan Gerakan Yang Salah Bisa Merusak Gigi


Menggosok Gigi Dengan Gerakan Yang Salah Bisa Merusak Gigi

Penelitian membuktikan, hampir 90% orang gosok gigi secara horizontal. Tak sedikit orang yang menggosok gigi dengan arah bolak-balik, ke kanan dan ke kiri. Padahal nyatanya gerakan seperti ini tidak dapat membersihkan kotoran gigi secara menyeluruh dan bahkan bisa merusak jaringan gigi.

Cara menggosok gigi yang benar adalah dimulai dari gusi ke arah gigi atau dari atas ke bawah agar sisa makanan dan kotoran dapat terbuang. Selain itu juga dianjurkan untuk membuat gerakan lingkaran kecil ketika menggosok gigi bagian samping. Gerakan ini akan memaksimalkan kebersihan sikat gigi tanpa merusaknya.

7. Gosok Gigi Dengan Air Dingin Asal Mula Gigi Sensitif


Gosok Gigi Dengan Air Dingin Asal Mula Gigi Sensitif

Beberapa orang mungkin lebih nyaman menggosok gigi menggunakan air dingin, tapi ternyata itu adalah asal mula penyebab gigi sensitif. Maka dari itu, tidak dianjurkan untuk menggosok gigi menggunakan air dingin. Riset membuktikan bahwa suhu yang paling cocok untuk sikat gigi adalah sekitar 37 derajat.

8. Gosok Gigi Tanpa Berkaca Membuat Gigi Kurang Bersih


Gosok Gigi Tanpa Berkaca Membuat Gigi Kurang Bersih

Penelitian mengatakan gosok gigi dianjurkan untuk melihat pada kaca. Hal ini membuat kalian tahu bagian gigi mana yang sedang disikat dan seperti apa cara kalian menggosoknya. Jika kalian menggosok gigi tanpa berkaca, seringkali kalian melewatkan beberapa gigi atau gusi yang masih kotor.

Hal ini bisa menyebabkan plak dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan mulut. Tak jarang kotoran dan plak yang tertinggal di mulut bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. Intip tips dan trik mengurangi bau mulut yang tak sedap di sini yuk.

You can share this post!

Related Posts