Hobi Menyelam? Intip 8 Rekomendasi Wisata Diving Di Indonesia, Enggak Kalah Sama Punya Luar Negeri!
Instagram/bubarabiru
Travel

Banyak orang yang mengira untuk mendapatkan sensasi diving yang maksimal mereka harus pergi hingga ke luar negeri. Padahal ada banyak spot diving yang sudah diakui dunia di Indonesia loh. Penasaran apa saja? Yuk simak di sini!

WowKeren - Traveling merupakan salah satu kegiatan wajib untuk mengurangi rasa jenuh dan stres. Berwisata dengan nuansa alam yang sejuk dan tenang dipercaya bisa membuat pikiran jadi tenang. Untuk kalian yang suka dengan wisata bertema alam, menyelam atau diving mungkin bisa menjadi hobi baru.

Menikmati pemandangan bawah laut yang penuh terumbu karang dan ikan berwarna-warni tentu sangat menyenangkan. Kalian bisa mendapat pengalaman baru dengan mencoba diving. Namun sayangnya banyak orang yang mengira diving membutuhkan biaya yang tak sedikit.


Banyak orang yang mengira untuk mendapatkan sensasi diving yang maksimal mereka harus pergi hingga ke luar negeri. Padahal ada banyak spot diving yang sudah diakui dunia di Indonesia loh. Bahkan beberapa turis mancanegara rela datang ke tempat tersebut hanya untuk menjajal serunya menyelam di pantai Indonesia.

Tak perlu jauh-jauh, berikut 8 rekomendasi wisata diving menyelam yang bisa kamu coba di Indonesia. Pemandangannya enggak kalah dengan yang ada di luar negeri dan pastinya hemat biaya karena enggak jauh. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Coba Serunya Menyelam Di Pulau Komodo


 Coba Serunya Menyelam Di Pulau Komodo

Ketika kalian mendengar kata Pulau Komodo, kalian tentu hanya berpikir soal kadal terbesar di dunia tersebut kan. Jangan salah, Pulau yang diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1992 silam ini ternyata juga memiliki spot diving terbaik loh.

Lokasi diving di Pulau Komodo ada di empat titik, yaitu di Batu Tigam Batu Bolong, Pantai Merah, Tatawa Besar, dan Manta Point. Di sini kamu bisa melihat beragam biota bawah laut misalnya hiu karang, penyu, sampai barakuda. Selain itu, Pulau Komodo juga dikenal sebagai rumah bagi pari manta, ikan mola-mola, dan hiu martil.

2. Raja Ampat Yang Sudah Terkenal Keindahan Lautnya


Raja Ampat Yang Sudah Terkenal Keindahan Lautnya

Kalau soal keindahan laut, Raja Ampat rajanya. Bukan rahasia lagi jika kepulauan yang terletak di Papua Barat ini merupakan surga dunia yang memiliki terumbu karang paling beragam. Keindahannya mampu mencuri perhatian wisatawan di seluruh dunia.

Raja Ampat memiliki empat pulau terbesar dan paling banyak dikunjungi oleh turis asing, yaitu Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Waigeo. Keempat pulau ini dinobatkan sebagai pulau yang mempunyai keragaman biota laut paling tinggi dan telah diakui dunia sebagai pulau dengan terumbu karang terbanyak yang mencapai sekitar 75% dari keseluruhan spesies terumbu karang di seluruh dunia. Hebat banget kan?

3. Bermain Bersama Penyu Dan Hiu Di Kepulauan Alor


 Bermain Bersama Penyu Dan Hiu Di Kepulauan Alor
Instagram/rusepnohassan

Kepulauan Alor ini berada di bagian timur Nusa Tenggara Timur (NTT). Alor mempunyai pulau pulau indah yang mencapai 20 pulau serta selat dengan view sangat menawan, dijamin kamu bakalan betah berada di sini. Kepulauan Alor juga diketahui memiliki berbagai titik diving terbaik di Indonesia.

Beberapa titik penyelaman paling populer yaitu Half Moon Bay, Coconut Groove, dan Baruna’s Point. Terumbu karang di Kepulauan Alor ini masih sangat alami dan pastinya memanjakan mata. Selain itu, yang paling menarik yang bisa kalian nikmati saat menyelam adalah bermain bersama hiu karang, penyu, serta menyaksikan pergerakan biota laut lainnya.

4. Jajal Keindahan Kepulauan Seribu Ibukota Punya


 Jajal Keindahan Kepulauan Seribu Ibukota Punya

Kalau ingin tak jauh-jauh dan hanya di sekitaran pulau Jawa, Kepulauan Seribu ini bisa jadi pilihan tepat. Kepulauan Seribu ini terletak di bagian utara Jakarta dan sudah lama diketahui menjadi objek wisata menyelam favorit yang keindahannya tak kalah dengan tempat lain.

Kepulauan Seribu menyuguhkan sekitar 101 gugusan pulau yang sangat indah dan menyejukkan mata. Beberapa spot menyelam yang cukup menarik antara lain titik Gosong Balik Layar, Gosong Sepa, Melinjo, Pulau Matahari, Pulau Putri dan masih banyak lagi. Di sini kalian tentu saja akan didampingi oleh ahli diving profesional, sehingga bagi kalian yang seorang pemula pun tidak perlu khawatir untuk menyelam.

5. Karimunjawa Memang Sudah Terkenal Keindahan Bawah Lautnya


Karimunjawa Memang Sudah Terkenal Keindahan Bawah Lautnya
Instagram/karimunjawa.travel

Berada di Jawa Tengah, Karimunjawa juga merupakan salah satu objek wisata kelautan yang cukup populer di Indonesia. Kawasan ini bahkan sudah ditetapkan sebagai salah satu taman nasional sejak tahun 2001 silam. Titik diving di Karimunjawa juga berbeda-beda kedalamannya, yaitu antara 5 hingga 40 meter.

Karimunjawa mempunyai setidaknya 27 pulau yang berjejer indah dan menawan. Terletak di Laut Jawa, lokasi ini menawarkan alam laut yang cukup eksotis dan dramatis yang akan membuat kalian dijamin tidak ingin pulang setelah berada di sini.

6. Pulau Menjangan Di Bali Yang Dijamin Indah Banget


Pulau Menjangan Di Bali Yang Dijamin Indah Banget

Bali atau yang kerap disebut sebagai Pulau Dewata ini memang sudah terkenal sebagai pulau yang indah. Tentu saja karena keindahan alam hingga laut yang menawan menjadikan Pulau Dewata sebagai lokasi wisata paling diminati setiap tahunnya. Bali sendiri memiliki destinasi diving terbaik di tanah air, salah satunya Pualu Menjangan.

Pulau ini berada di ujung barat Bali dan berbatasan langsung dengan kawasan timur pulau Jawa. Pulau Menjangan ini masuk ke dalam Taman Nasional Bali Barat (TNBB) yang sudah mulai diperkenalkan sebagai lokasi wisata yang menarik. Bahkan Pulau Menjangan sering disebut sebagai spot diving terbaik di Bali loh.

7. Nikmati Keindahan Laut Jernih Di Pulau Derawan


Nikmati Keindahan Laut Jernih Di Pulau Derawan

Pulau Derawan terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Derawan dan menjadi gugusan kepulauan paling diincar oleh wisatawan lokal maupun internasional. Pantainya yang memiliki pasir putih, lautnya yang biru dan jernih sehingga terumbu karang dapat terlihat jelas, membuat Derawan menjadi lokasi diving favorit penyelam.

Pulau Derawan setidaknya diketahui memiliki 31 gugusan pulau yang cantik yang juga terkenal akan keindahan lautnya. Beberapa titik menyelam terbaik antara lain Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki hingga Pulau Kakaban yang populer dengan spesies ubur-ubur tidak berbahaya.

8. Pulau Weh Yang Memiliki Habitat Laut Mempesona


Pulau Weh Yang Memiliki Habitat Laut Mempesona
Instagram/acehvacation

Pulau Weh ini lebih dikenal dengan sebutan Sabang dan merupakan salah satu Kotamadya di Provinsi Aceh, Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi jika Sabang menawarkan banyak destinasi wisata menyelam yang bisa kalian nikmati. Sabang memiliki setidaknya 20 area diving terbaik dengan kesulitan yang varian, sehingga cocok untuk penyelam pemula dan yang sudah ahli.

Terdapat Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Seulako, juga Pulau Rubiah yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat mempesona dengan habitat laut dan menakjubkan.Kalau berniat ke sini untuk menyelam, waktu terbaiknya adalah selama musim kemarau, dari bulan April sampai November.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait