Sering Pakai Wifi Publik Yang Gratisan? Waspadai 7 Bahaya Ini Bakal Mengintai Kalian
Tekno

Menggunakan Wifi publik yang gratis tak menjamin keamanan perangkat kalian. Beberapa bahaya kerap mengintai data-data pribadi yang terdapat di perangkat kalian.

WowKeren - Kebutuhan internet saat ini sudah tak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Banyak orang yang mengandalkan internet untuk berbagai kegiatan, baik urusan pekerjaan atau pendidikan. Apalagi saat ini para pengguna internet sangat dimudahkan dengan jaringan Wifi.

Wifi sendiri adalah sebuah teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan kontektivitas jaringan internet. Koneksi Wifi dibuat menggunakan adaptor nirkabel untuk membuat hotspots, yang terjangkau oleh sebuah router nirkabel dan terhubung dengan layanan internet.


Saat ini tidak susah menemukan jaringan Wifi. Kalian bisa sangat mudah menemukan tempat yang juga menyediakan jaringan Wfi dengan gratis. Baik di restoran, kafe, kantor atau bahkan taman-taman juga banyak menyediakan Wifi. Beberapa provider juga bahkan membuat tempat khusus untuk jaringan Wifi bernama Wifi Corner.

Namun menggunakan Wifi publik yang gratis tak menjamin keamanan perangkat kalian. Beberapa bahaya kerap mengintai data-data pribadi yang terdapat di perangkat kalian. Mau tau bahaya apa saja saat menggunakan Wifi umum? Yuk di sini!

(wk/putr)

1. Waspadai Perangkat Kalian Rentan Terkena Virus Jika Sering Gunakan Wifi Umum


Waspadai Perangkat Kalian Rentan Terkena Virus Jika Sering Gunakan Wifi Umum

Perlu diketahui bahwa internet adalah sumber utama dari penyebaran virus digital yang ada di dunia. Setiap kali kalian mengandalkan wifi gratis, maka kemungkinan terinfeksinya komputer atau ponselmu oleh virus akan makin tinggi.

Salah satu jenis virus yang sering menyerang lewat koneksi Wifi adalah Chameleon. Virus ini bisa merusak komponen yang ada dalam perangkat handphone atau komputer. Selain itu, virus ini bisa mengakses data atau informasi dari komputer atau handphone yang diserang secara otomatis. Serem banget kan?

2. Pakai Wifi Umum Yang Gratisan Juga Rentan Terjadi Pencurian Data


Pakai Wifi Umum Yang Gratisan Juga Rentan Terjadi Pencurian Data

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa memakai Wifi publik bakal rentan terkena virus. Salah satu virus ini juga bisa bikin data pribadi dalam perangkat kalian tercuri loh. Selain dari virus, data pribadi yang penting kalian juga bisa dicuri oleh hacker untuk tindakan kriminal.

Perlu diingat bahwa hacker selalu punya cara yang cerdas dan canggih untuk membobol informasi dari mereka yang menggunakan wifi gratis. Makin banyak penggunanya, makin banyak data yang mereka peroleh. Tidak hanya informasi pribadi, mereka juga sangat mungkin mencuri dokumen rahasia milik kalian.

3. Awas Bahaya Dimata-matai Mengintai Kalian Yang Sering Pakai Wifi Publik


Awas Bahaya Dimata-matai Mengintai Kalian Yang Sering Pakai Wifi Publik

Selain hackers, Snooper juga patut kalian waspadai ketika menggunakan jaringan wifi publik yang tak aman. Berbeda dengan hacker yang tugasnya mencuri data dan informasi pengguna, snooper alias mata-mata bisa dengan leluasa mengintip browser atau laman internet mana saja yang sedang dan telah kamu kunjungi.

Tak hanya itu, snooper juga dapat "merekam" berbagai hal yang kalian lakukan, mulai dari mengetik di keyboard hingga sampai dengan mengakses laman situs apa saja. Untuk itu pastikan keamanan wifi tersebut sebelum terhubung. Selain itu, hindari memakai jaringan wifi yang meminta kalian memasukkan password ya.

4. Pakai Wifi Umum Yang Enggak Aman Juga Bisa Buat Akun Media Sosialmu Dibajak


Pakai Wifi Umum Yang Enggak Aman Juga Bisa Buat Akun Media Sosialmu Dibajak

Buat kalian yang hobi memanfaatkan wifi gratis untuk mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, dan semacamnya, mulai sekarang hati-hati ya. Pasalnya semua data pribadimu yang terdapat dalam akun tersebut sangat rawan dibajak dan bahkan mungkin disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Para hackers ini bakal mencuri data kalian seperti alamat, data diri, atau bahkan foto pribadi untuk kegiatan ilegal. Jadi mulai sekarang kurangi menggunakan jaringan wifi umum yang enggak terjamin keamanannya ya.

5. Jangan Sampai Data Perbankan Kalian Diretas Karena Pakai Wifi Yang Enggak Aman


Jangan Sampai Data Perbankan Kalian Diretas Karena Pakai Wifi Yang Enggak Aman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu bahaya dari menggunakan wifi gratis di tempat umum adalah riskannya pencurian data. Pencurian data ini bisa jadi juga termasuk informasi akun bank seperti transaksi, kata sandi bahkan juga kartu kredit.

Hackers ini bisa saja dengan mudah mendapatkan informasi tersebut dari histori yang terekam pada perangkat kalian. Jangan sampai saldo di bank yang sudah kalian kumpulkan susah payah bertahun-tahun lenyap seketika hanya karena kecerobohan karena menggunakan akses internet umu ya.

6. Sering Terhubung Dengan Jaringan Wifi Umum Juga Bikin Banyak Iklan Yang Mengganggu


Sering Terhubung Dengan Jaringan Wifi Umum Juga Bikin Banyak Iklan Yang Mengganggu

Kalian pasti sering merasa jengkel, ketika sedang asik mengakses informasi di internet namun mendapat banyak iklan digital yang muncul begitu saja di layar laptop ataupun ponsel. Hal tersebut terjadi karena kalian sering mengakses internet menggunakan wifi publik atau wifi gratis.

Selain mengganggu kenyamanan dalam berinternet, tak jarang iklan pop-up digital yang ditampilkan mengandung malicious software atau software berbahaya yang bisa merusak sistem operasi perangkat elektronik yang kamu pakai. Hal ini karena banyak iklan yang berpotensi menyimpan virus atau software berbahaya yang mengganggu keamanan data, software, dan device kalian.

7. Hati-hati Wifi Umum Yang Gratis Banyak Jebakan Internet Palsu


Hati-hati Wifi Umum Yang Gratis Banyak Jebakan Internet Palsu

Selain virus atau hacker, kalian juga harus waspada dengan jaringan internet palsu. Sekilas jaringan ini mirip dengan asli jika dilihat dari luar. Selain merupakan virus, situs ini juga secara tidak sadar akan mencuri informasi pribadi dan bahkan merusak perangkat yang kamu pakai.

Sehingga siapa saja bisa dengan mudah terjebak dalam jaringan ini dan semua informasi pribadi yang penting bisa dapat diambil dengan mudah. Perlu diketahui bahwa wifi gratis memang tidak disarankan untuk mengakses website atau laman yang sifatnya pribadi, mulai dari media sosial, e-mail, akun bank, dan sebagainya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait