Selain Pakai Body Lotion, Ternyata 8 Tips Ini Ampuh Banget Mengatasi Kulit Kering
Health

Banyak orang yang mengatasi kulit kering mereka dengan menggunakan body lotion. Padahal nyatanya menggunakan body lotion juga terkadang tidak cukup untuk mengatasi kulit kering.

WowKeren - Setiap orang baik pria ataupun wanita tentu ingin memiliki kulit cerah, sehat dan terawat. Tak peduli apapun jenis kulitnya, semua orang bisa berisiko memiliki kulit kering. Tak heran jika, memiliki kulit yang kering dan kusam bisa mengganggu penampilan seseorang. Bahkan kebanyakan orang juga akan merasakan minder bergaul dengan teman-teman lainnya.

Kulit kering sendiri terjadi karena kurangnya kadar kelenjar minyak pada kulit (sebum) sehingga mengakibatkan kulit cepat kering dan kusam. Sebum adalah kelenjar minyak alami dari kulit tubuh kita. Selain kelenjar sebum, kulit kering juga disebabkan karena kehilangan hidrasi pada lapisan kulit epidermis.


Banyak orang yang mengatasi kulit kering mereka dengan menggunakan body lotion. Padahal nyatanya banyak sekali cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, menggunakan body lotion juga terkadang tidak cukup untuk mengatasi kulit kering.

Penasaran apa saja yang bisa mengatasi kulit kering selain body lotion? Berikut tim WowKeren rangkum 9 tips untuk mengatasi kulit kering selain menggunakan body lotion. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Atasi Kulit Kering Dari Dalam Dengan Konsumsi Makanan Mengandung Antioksidan


Atasi Kulit Kering Dari Dalam Dengan Konsumsi Makanan Mengandung Antioksidan

Selain menggunakan body lotion yang membantu dari luar, kalian juga harus mengimbangi dengan perawatan dari dalam. Ketika kulit kering, resiko kerusakan sel-sel kulit jadi makin cepat terjadi. Untuk mengatasinya, kalian haru mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu kulit tampak lebih sehat.

Salah satu makanan yang mampu membuat kulit jadi lebih sehat adalah yang mengandung banyak antioksidan. Makanan kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh membuat sel menjadi sehat. Beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah keluarga beri seperti blueberry, stroberi, cranberry, dll. Selain itu, sayur tomat dan wortel juga diketahui mampu membuat kulit jadi lebih sehat.

2. Mandi Dengan Suhu Air Dan Sabun Tertentu Yang pas Bisa Membantu Kulitmu Jadi Lembab


Mandi Dengan Suhu Air Dan Sabun Tertentu Yang pas Bisa Membantu Kulitmu Jadi Lembab

Kulit kering dan bersisik kadang juga disebabkan oleh aktivitas mandi kalian yang salah. Hal ini telah dibuktikan oleh The American Academy of Dermatology. Banyak orang yang mengira bahwa mandi air hangat setiap hari baik untuk kesehatan tubuh, nyatanya mandi air panas setiap haru justru akan membuat kulit mudah kering.

Selain itu, apabila kalian memiliki kulit kering dan sensitif, sebaiknya menggunakan sabun mandi dengan potential hydrogen (pH) yang netral. Hal ini karena sabun dengan pH yang basa akan membuat kulit semakin kering. Jadi mulai sekarang perhatikan kebiasaan mandi kalian ya. Simak juga kebiasaan mandi yang ternyata bisa mengganggu kesehatan di sini.

3. Buat Kulit Jadi Lembab Menggunakan Minyak Kelapa


Buat Kulit Jadi Lembab Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa diketahui memiliki sifat emolien yang berguna untuk mengisi ruang di antara sel-sel kulit, yang dapat menghaluskan kulit. Itu sebabnya asam lemak jenuh secara alami dalam minyak kelapa dapat melembabkan dan menghaluskan kulit.

Kalian bisa mulai menggunakan minyak kelapa setiap hari di bagian tubuh yang paling sensitif sekalipun termasuk area di bawah mata dan sekitar mulut kalian. Keuntungan lain dari minyak kelapa adalah kalian enggak perlu mencampurnya dengan apa pun loh. Minyak kelapa cukup lembut untuk digunakan sehari-hari tanpa tambahan bahan kimia.

4. Gantikan Penggunaan Body Lotion Menggunakan Petroleum Jelly Yang Banyak Manfaatnya


Gantikan Penggunaan Body Lotion Menggunakan Petroleum Jelly Yang Banyak Manfaatnya

Produk kecantikan ini menjadi tren baru dan sudah terbukti banyak manfaatnya. Petroleum jelly atau petrolatum adalah campuran setengah padat hidrokarbon. Petrolatum sendiri terbagi menjadi alami, buatan, turunan dan sintetis. Petrolatum alami diperoleh dari pemurnian minyak tanah (petroleum) untuk menghilangkan bau dan mengubah warna.

Menurut sebuah penelitian, produk petroleum jelly dapat membantu menyembuhkan kulit kering untuk semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang tua. Petroleum jelly juga bisa digunakan sebagai minyak mineral yang menutupi kulit di lapisan pelindung. Hal ini membuat perangkap kelembaban di bawahnya yang membantu menyembuhkan kulit kering dan teriritasi.

5. Minum Banyak Air Putih Bakal Membantu Menyehatkan Kulit Dari Dalam


Minum Banyak Air Putih Bakal Membantu Menyehatkan Kulit Dari Dalam

Air putih adalah kunci utama untuk melembabkan kulit dan melancarkan nutrisi ke sel-sel kulit. Air putih akan dengan efektif melembabkan kulit dari dalam tubuh secara alami. Karena itu, enggak cuma perawatan dari produk skincare, kalian juga butuh minum air putih jika punya kulit kering.

Selain itu, air juga putih mampu memperbaiki jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Kulit pun jadi terasa kenyal dan kerutan enggak mudah muncul. Menurut penelitian dari University of Wisconsin–Madison School of Medicine and Public Health, minum setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari akan membuat kulit jadi bersinar dan lebih sehat loh. Intip juga ritual malam hari untuk kecantikan di sini.

6. Atasi Kulit Kering Dengan Menggunakan Lulur Alami Dari Yogurt Dan Telur


Atasi Kulit Kering Dengan Menggunakan Lulur Alami Dari Yogurt Dan Telur

Telur dan yogurt mengandung protein dan lemak baik yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Kombinasi kandungan keduanya mampu membantu menyehatkan dan melindungi kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara.

Selain itu, cara pembuatan lulur ini juga mudah banget loh. Pertama ambil beberapa sendok yoghurt plain tanpa rasa dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

7. Cobalah Untuk Mandi Menggunakan Oatmeal Agar Kulit Menjadi Lembab


Cobalah Untuk Mandi Menggunakan Oatmeal Agar Kulit Menjadi Lembab

Selain menjadi santapan yang lezat dan bergizi, oatmeal rupanya juga bisa menjadi obat tradisional untuk kulit yang teriritasi. Sebuah studi 2015 menunjukkan mengapa nenek moyang di Eropa telah merekomendasikan pengobatan rumah ini selama berabad-abad. Oatmeal diketahui memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang menenangkan iritasi.

Kandungan ini sangat efektif untuk kalian yang ingin menghilangkan rasa gatal. Mandi menggunakan oatmeal juga bisa mengurangi kulit yang kering. Gunakanlah oatmeal bubuk yang bertekstur halus, lalu masukan pada bak air hangat dan aduk hingga merata. Kemudian mandi dengan perlahan, agar oatmeal melapisi semua kulit kering kalian. Setelah mandi oatmeal, dipastikan kulit kalian bakal lembab dan bebas iritasi.

8. Rutin Melakukan Perawatan Lidah Buaya Juga Dipercaya mampu Mengurangi Kulit Kering


Rutin Melakukan Perawatan Lidah Buaya Juga Dipercaya mampu Mengurangi Kulit Kering

Seperti yang diketahui bahwa lidah buaya merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering.

Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan lidah buaya adalah dengan menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya dan minyak almond. Jika memiliki masalah kulit kering pada bagian yang berambut, kalian enggak perlu mencukur terlebih dahulu. Krim ini dapat melumasi daerah berambut yang mengalami kulit kering secara langsung loh. Intip juga tips mengatasi kulit kering saat musim dingin di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait