Berencana Bepergian Lintas Pulau? Intip 8 Tips Traveling Naik Kapal Agar Perjalanan Aman Dan Nyaman
Travel

Meskipun memakan waktu yang lebih panjang namun banyak orang memilih traveling menggunakan kapal laut. Untuk kalian yang berencana untuk bepergian menggunakan kapal laut, enggak ada salahnya mempersiapkan berbagai hal berikut.

WowKeren - Saat ini banyak orang yang lebih suka untuk bepergian ke luar pulau menggunakan pesawat. Hal ini karena terbukti menggunakan pesawat jauh lebih singkat untuk urusan durasi. Namun tak sedikit orang yang masih setia menggunakan transportasi kapal laut untuk bepergian antar pulau.

Selain biaya yang lebih terjangkau, perjalanan dengan menggunakan kapal laut juga menjanjikan pemandangan yang santai dan indah. Meskipun memakan waktu yang lebih panjang namun hal ini tak membuat banyak orang merasa kapok untuk traveling menggunakan kapal laut.


Menyeberangi lautan naik kapal biasanya butuh waktu yang tidak sebentar. Apalagi kalau pelabuhan sedang padat, dan kapal harus mengantre lama untuk bersandar di dermaga. Nah untuk kalian yang berencana untuk bepergian menggunakan kapal laut, enggak ada salahnya mempersiapkan berbagai hal berikut.

Berikut tim WowKeren Rangkum 8 tips aman traveling menggunakan kapal laut untuk kalian. Tip ini dijamin bakal membuat perjalanan kalian nyaman, aman dan tentram. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Partama Pahami Dulu Durasi Perjalanan Agar Memudahkan Packing Bawaan


Partama Pahami Dulu Durasi Perjalanan Agar Memudahkan Packing Bawaan

Sebelum memutuskan naik kapal laut, kalian harus terlebih dahulu memahami berbagai informasi keberangkatan. Salah satu yang harus benar-benar kalian ketahui adalah durasi perjalanan yang akan kalian tempuh. Setiap durasi perjalanan menggunakan kapal tentu beda-beda tergantung tujuannya. Ada yang hanya beberapa jam dan ada juga yang sampai berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Karena itu kalian harus memahami durasi perjalanan agar nantinya bisa mengira-ngira barang bawaan yang akan kalian bawa. Semakin lama durasi perjalanan, otomatis semakin banyak jumlah barang yang harus dipersiapkan mulai dari pakaian hingga persediaan makanan di kapal. Jangan lupa juga untuk mengelompokkan barang mana yang dikemas dan barang mana yang akan digunakan dalam kapal.

2. Cari Informasi Ruang Istirahat Di Kapal Agar Perjalanan Makin Tenang


Cari Informasi Ruang Istirahat Di Kapal Agar Perjalanan Makin Tenang

Jika kalian melakukan traveling menggunakan kapal dan membawa kendaraan seperti mobil, biasanya petugas kapal tidak mengijinkan kalian untuk beristirahat dalam kendaraan dengan alasan keamanan. Kalian harus keluar dari kendaraan dan naik ke ruangan-ruangan yang tersedia di kapal untuk beristirahat.

Kalau sudah begitu, ada baiknya kalian langsung mencari informasi tentang ruang istirahat yang tersedia di kapal. Beberapa kapal biasanya menyediakan ruang istirahat mulai dari kelas ekonomi hingga VIP. Beberapa ruang ini disediakan gratis tanpa biaya namun untuk kelas VIP dapat dikenai beberapa biaya tambahan. Jadi setelah mendapat informasi, istirahatlah di ruangan yang dianggap paling nyaman.

3. Bawa Obat-obatan Pribadi Sesuai Dengan Kebutuhan Agar Tak Menyusahkan Orang Lain


Bawa Obat-obatan Pribadi Sesuai Dengan Kebutuhan Agar Tak Menyusahkan Orang Lain

Tentu saja dalam kapal sudah disediakan berbagai jenis obat dan pertolongan pertama, namun perlu diingat bahwa penumpang kapal laut sangat banyak dan tidak sebanding dengan petugas yang berjaga. Oleh karena itu, ada baiknya jika kalian membawa obat pribadi agar ketika sakit menyerang dapat langsung terobati tanpa harus menunggu petugas kapal datang.

Selain itu, tidak semua obat tersedia dalam kapal. Jadi jika kalian memiliki riwayat penyakit tertentu ada baiknya menyiapkan obat sendiri karena belum tentu dalam kapal disediakan. Ombak besar juga pastinya akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh kalian. Jadi ketika ada perubahan pada kondisi tubuh, kalian sudah siap untuk kondisi tersebut.

4. Bawa Bekal Makanan Yang Simpel Dan Tahan Lama Untuk Perjalanan Di Kapal


Bawa Bekal Makanan Yang Simpel Dan Tahan Lama Untuk Perjalanan Di Kapal

Seperti yang dikatakan sebelumnya, perjalanan menggunakan kapal laut tak secepat naik pesawat. Untuk itu kalian harus membawa bekal sendiri untuk menghindari rasa lapar selama perjalanan. Di dalam kapal sendiri juga disediakan berbagai jenis makanan, namun harus kalian ketahui bahwa harga yang dipatok sangat tinggi loh.

Bawalah makanan sendiri yang cepat saji dan tahan lama. Usahakan membawakan makanan yang enggak ribet dan siap santap. Hal ini karena di atas kapal kalian enggak bisa yang namanya masak atau menghangatkan makanan. Bawalah nasi dan lauk yang praktis dimakan seperti abon atau telur rebus.

5. Perhatikan Aturan Kapal Dan Petunjuk Keselamatan Agar Selamat Sampai Tujuan


Perhatikan Aturan Kapal Dan Petunjuk Keselamatan Agar Selamat Sampai Tujuan

Setiap sarana transportasi tentu memiliki standar keselamatan masing-masing, begitu pula dengan kapal laut. Setiap awak kabin pasti sudah memberikan berbagai tips keselamatan bagi penumpang. Oleh karena itu, perhatikanlah setiap informasi penting perihal keselamatan dalam perjalanan, misalnya lokasi pelampung dan terlebih lagi jalur evakuasi.

Selain itu, patuhilah peraturan yang ada. Patuhi setiap peraturan yang telah disampaikan oleh petugas ataupun yang tertulis. Perhatikan juga di mana letak alat keselamatan seperti pelampung dan kapal kecil. Setiap kapal besar pasti memiliki pelampung sekaligus sekoci. Kapal kecil pun biasanya juga memiliki pelampung untuk penumpangnya. Intip juga tips memilih maskapai aman untuk traveling di sini.

6. Hindari Konsumsi Makanan Yang Bisa Jadi Pemicu Mabuk Laut


Hindari Konsumsi Makanan Yang Bisa Jadi Pemicu Mabuk Laut

Terombang-ambing di atas laut dengan ombak tentu saja membuat sebagian orang tak nyaman dan bahkan menyebabkan mabuk laut. Rasa mabuk perjalanan bisa dipicu oleh makanan pedas dan makanan siap saji lainnya yang dijual di dalam kapal. Oleh sebab itu, daripada kalian muntah di kapal lebih baik menghindari beberapa makanan tersebut.

Hindari mengkonsumsi makanan yang memicu mabuk laut, seperti makanan dari olahan susu, daging merah, ayam, ikan, keju, alkohol, dan makanan yang banyak mengandung minyak. Kalian cenderung disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung buah dan sayuran selama perjalanan dengan kapal laut.

7. Jaga Barang Bawaan Masing-masing Dan Pastikan Jangan Sampai Ada Yang Hilang


Jaga Barang Bawaan Masing-masing Dan Pastikan Jangan Sampai Ada Yang Hilang

Setiap barang yang hilang di atas kapal bukan menjadi tanggung jawab petugas kabin. Oleh karena itu, para penumpang disarankan menjaga sendiri barang bawaannya. Perlu diingat lagi bahwa penumpang di kapal laut jauh lebih banyak ketimbang transportasi lain.

Oleh sebab itu, jagalah barang bawaan kalian dengan baik untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Pastikan barang bawaan kalian berada di tempat yang bisa kalian awasi. Jangan pernah tinggalkan barang berharga dalam tas atau koper yang terbuka. Selain itu, selalu beri pengamanan ganda untuk setiap tas kalian agar seluruhnya terjamin keamanannya.

8. Bawa Pengalih Perhatian Agar Tidak Jenuh Selama Perjalanan


Bawa Pengalih Perhatian Agar Tidak Jenuh Selama Perjalanan

Menjalani perjalanan selama beberapa hari di atas kapal tentu saja membuat rasa jenuh mudah datang. Kalian bisa membawa berbagai benda untuk mengalihkan rasa jenuh tersebut. Bawalah game portable yang bisa kalian mainkan saat bosan atau sekedar mendengarkan musik lewat ponsel.

Jika kalian naik kapal bersama teman, maka kalian bisa membawa permainan seperti uno yang bisa dimainkan bersama untuk mengatasi kebosanan selama dalam perjalanan. Selain itu sekedar berjalan-jalan keluar deck kapal juga bisa menjadi penghilang bosan karena pemandangan laut, sunset atau sunrise secara langsung di laut lepas juga bisa membuat pikiran rileks. Simak juga tips aman traveling bagi kalian yang bawa bayi di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait