Kabut Asap Rambah Negeri Jiran, Malaysia Surati Indonesia Nota Diplomatik
Dunia

Pemerintah Malaysia akan mengirimkan nota diplomatik ke negara-negara tetangga termasuk Indonesia untuk bekerja sama menangani kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan.

WowKeren - Masalah kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang terjadi di Indonesia rupanya membuat negara tetangga ikut terdampak. Malaysia misalnya. Asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan telah merambah sampai ke negeri jiran.

Untuk itu, pemerintah Malaysia akan mengirimkan nota diplomatik kepada Indonesia. Mereka meminta agar Indonesia segera mengambil langkah untuk menangani masalah karhutla. Hal tersebut sebagaimana dikemukakan oleh Wakil Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Malaysia, Isnaraissah Munirah Majilis. Ia mengatakan bahwa saat ini draf tersebut masih dalam tahap penyusunan.

"Ini (nota diplomatik) akan dikirimkan secepat mungkin," kata Isnaraissah dilansir dari The Star, Jumat (6/9). "Kami sedang dalam tahap akhir penyusunan draf."


Ia menjelaskan bahwa selama beberapa waktu terakhir, Malaysia dilanda kabut asap yang datang dari arah perbatasan. Berdasarkan laporan Pusat Meteorologi Khusus ASEAN pada Kamis (5/9) waktu setempat, citra-citra satelit mendeteksi 1.393 titik api di wilayah Indonesia. 17 titik lainnya juga terdeteksi di Malaysia, termasuk 12 di antaranya ada di Serawak. Akibatnya, sejumlah area di wilayah tersebut tercatat memiliki level indeks polusi udara (API) yang tidak sehat antara 101-200 sejak Jumat (6/9) pagi waktu setempat.

Untuk itu, Malaysia akan bekerja sama dengan negara-negara tetangga termasuk Indonesia guna mengatasi masalah kabut asap ini. Namun sayangnya, hingga kini Malaysia mengaku belum menerima permintaan bantuan dari pemerintah indonesia.

"Namun, dalam pertemuan komisi kerja menteri sub-regional soal polusi kabut asap lintas perbatasan pada 6 Agustus, yang dihadiri oleh Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura dan Thailand," lanjut Isnaraissah. "Semua negara berjanji untuk bekerja sama mengatasi masalah kabut asap."

Ia berharap agar langkah pemerintah Malaysia yang melayangkan nota diplomatik ke negara-negara tetangga bisa membuahkan hasil. "Semoga, dengan langkah kami mengirimkan nota diplomatik dan kerja sama dari semua negara yang terkait, situasi akan bisa mereda," pungkas Isnaraissah.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait