Alasan KPI Beri Teguran Pada Tayangan Promosi Film ‘Gundala’ Di TV One
TV

Tayangan promosi film ‘Gundala’ di TV One mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Lantas pihak KPI memaparkan alasan apa yang mendasari keputusannya tersebut.

WowKeren - Pada Sabtu (14/9) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengumumkan memberikan sanksi kepada 14 program acara televisi dan Radio. Kabar ini diketahui langsung dari unggahan di laman Instagram milik KPI.

Menjadi hal yang mengejutkan ketika diketahui bahwa promosi film “Gundala” yang tayang di TV One juga masuk ke dalam program yang mendapatkan teguran dari KPI. Hal ini lantas menimbulkan tanda tanya besar di benak masyarakat.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo lantas buka suara untuk menjelasan alasan KPI memberikan teguran kepada tayangan tersebut. Tentunya hal ini dilakukan bukan tanpa alasan.

KPI memberikan teguran tertulis untuk tayangan tersebut lantaran didapati adanya ungkapan kasar pada tayangan promosinya. Yang mana adegan-adegan tersebut dinilai telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) Pasal 9 tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan, serta Pasal 14 Ayat 1 dan 2 tentang perlindungan kepada anak.


Selain itu, tayangan promosi film “Gundala” ini juga melakukan pelanggaran lainnya. Seperti melanggar Standar Program Siaran (SPS) Pasal 9 Ayat 1 dan 2 tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan serta Pasal 15 Ayat 1 tentang perlindungan anak-anak dan remaja.

"Program siaran promo film 'Gundala' yang tayang di TV ONE pada tanggal 30 Juli 2019 mulai pukul 14.42 WIB terdapat kata kasar," ujar Mulyo dilansir dari Kompas.com, Minggu (15/9). "Sesuai UU teguran tertulis karena baru sekali ditemukan pada program tersebut."

Selain promosi film “Gundala”, 14 program lain yang diberi sanksi adalah Program Siaran Jurnalistik “Borgol” GTV, "Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie" GTV, "Ruqyah" Trans 7, "Rahasia Hidup" ANTV, "Rumah Uya" Trans 7, dan "Obsesi" GTV.

Kemudian "Ragam Perkara" TV One, "DJ Sore" Gen FM, "Heits Abis" Trans 7, "Headline News" Metro TV, "Centhini" Trans TV, "Rumpi No Secret" Trans TV, dan "Fitri" ANTV.

(wk/lail)

You can share this post!

Related Posts