7 Tips Belanja Online dengan Aman Agar Terhindar dari Penipuan, Hati-Hati Sebelum Membeli!
Tekno

Dengan kecanggihan teknologi di era modern seperti saat ini, belanja online adalah salah satu manfaat yang kita dapatkan. Namun sebelum mulai berbelanja, ada baiknya untuk memperhatikan tips berikut agar terhindar dari penipuan.

WowKeren - Di era modern saat ini kecanggihan teknologi telah mendatangkan banyak manfaat. Karena teknologi bisa membuat aktivitas sehari-hari jadi lebih mudah.

Salah satu manfaat yang dihadirkan oleh teknologi adalah kemudahan dalam berbelanja secara online. Banyak orang, terutama wanita menganggap belanja online sangat praktis dan lebih mudah dilakukan. Karena dengan bermodalkan internet, seseorang bisa berbelanja kapanpun dan di manapun. Yang perlu kita lakukan hanya memesan, membayar lalu barang sampai di tangan dengan menunggu sejenak.


Namun di balik kelebihannya itu, ada banyak orang dengan niat jahat yang memanfaatkan belanja online. Pasalnya hingga saat ini masih banyak ditemui penipuan berkedok belanja online dan si penjahat memeras banyak uang dari pembeli.

Karena itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai belanja online, agar bisa terhindar dari segala bentuk penipuan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pertama, Cek Keamanan Situs Web Tempat Kamu Belanja Online


Pertama, Cek Keamanan Situs Web Tempat Kamu Belanja Online

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengecek keamanan situs yang kamu kunjungi untuk berbelanja online. Usahakan untuk tidak berbelanja di situs web yang kurang familiar bagimu. Periksa juga nomor telepon si penjual dan hubungi terlebih dulu.

Jika situs tujuanmu tidak meyakinkan, coba cari informasinya di mesin pencarian. Carilah ulasan menyeluruh dari konsumen yang pernah membeli di situs tersebut. Jika kamu rasa ada yang tidak beres, cari situs lain yang lebih terpercaya saja.

2. Jangan Memberikan Informasi yang Bersifat Pribadi Saat Belanja Online


Jangan Memberikan Informasi yang Bersifat Pribadi Saat Belanja Online

Saat akan melakukan transaksi pembelian, kamu biasanya akan diminta untuk mengisi beberapa data yang diperlukan, seperti nama dan alamat. Namun terkadang juga ada toko online yang berusaha mendapatkan lebih banyak informasi pribadi pembeli. Hal ini dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan, seperti gaya hidup hingga pemasukan rutin.

Jika kamu merasa diberi pertanyaan yang mencurigakan, lebih baik jangan dijawab. Hal ini diperlukan agar kamu bisa melindungi data-data pribadi. Dan jika sudah demikian, lebih baik cari toko online lain yang lebih aman.

3. Simpan Password Akun yang Kamu Gunakan untuk Belanja Online dengan Baik


Simpan Password Akun yang Kamu Gunakan untuk Belanja Online dengan Baik

Saat ini ada banyak sekali toko online yang mengharuskan pembeli untuk login sebelum melakukan transaksi. Karena itu, kamu biasanya akan diminta untuk memasukkan username dan password.

Nah, dalam hal ini sebaiknya kamu membuat password yang sulit namun mudah diingat. Password tersebut sebaiknya terdiri dari kombinasi huruf dan angka serta simbol jika bisa. Dan ingat, jangan tunjukkan password itu pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

4. Selalu Baca Deskripsi Produk Baik-Baik dan Jangan Mudah Tergoda dengan Barang Murah


Selalu Baca Deskripsi Produk Baik-Baik dan Jangan Mudah Tergoda dengan Barang Murah

Sebelum memutuskan untuk membeli, selalu sempatkan untuk membaca deskripsi produk baik-baik. Periksa apakah deskripsi yang disertakan sesuai dengan barang yang dimaksud.

Curigai juga barang bermerek yang dijual dengan potongan harga sangat besar. Jangan buru-buru tertarik dengan barang yang dijual sangat murah yang datang dari email, apalagi jika meminta ID dan password karena itu biasanya kerjaan spammer. Sebaiknya, kunjungi situs web belanja online dan langsung belanja dari sana, jangan dari jendela pop-up atau via email.

5. Amankan dan Matikan PC Kamu Setelah Melakukan Transaksi Online


Amankan dan Matikan PC Kamu Setelah Melakukan Transaksi Online
Unsplash/rupixen

Untuk melakukan belanja online, minimal PC yang kamu gunakan harus memiliki antivirus. Akan lebih baik lagi kalau kamu punya spyware dan firewall. Selain itu, selalu update piranti lunak dengan teratur agar PC selalu terlindung dari ancaman terbaru.

Selain itu, jangan lupa untuk mematikan PC setelah menyelesaikan transaksi. Hal ini untuk menghindari kerjaan hacker yang sudah menanamkan malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi. Seram banget kan?

6. Periksa Harga Total Belanja dan Simpan Bukti Transaksi


Periksa Harga Total Belanja dan Simpan Bukti Transaksi

Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan saat belanja online adalah selalu memeriksa harga total belanjaan. Ini meliputi harga barang, ongkos bungkus, ongkos kirim hingga diskon jika ada. Bandingkan harga itu dengan harga total dari situs web lainnya.

Jika sudah pasti dan telah melakukan transaksi, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi ya. Hal ini diperlukan agar barang pesananmu bisa sampai kepadamu dengan aman, dan kamu bisa meminta pertanggung jawaban jika terjadi sesuatu tidak terduga.

7. Pertimbangkan Cara Pembayaran dan Sebaiknya Pilih Metode COD


Pertimbangkan Cara Pembayaran dan Sebaiknya Pilih Metode COD

Transaksi online biasanya dilakukan dengan menggunakan transfer. Agar lebih aman, gunakan rekening bersama atau rekening penampungan sementara. Saat ini ada banyak situs belanja online yang memberlakukan sistem yang memungkinkan kamu mentransfer uang ke pihak penengah lalu penjual akan mengirimkan barangnya kepadamu. Jika barang sudah sampai ke tanganmu, pihak penengah akan menyetor uangnya ke penjual dan jika barang yang kamu pesan tidak terkirim, maka uang tersebut akan dikembalikan kepadamu.

Selain itu, ada transaksi yang lebih aman dan nyaman, yakni Cash On Delivery (COD) atau bayar di tempat. Cara ini benar-benar aman, karena kamu akan benar-benar membayar saat barang sudah sampai ke tanganmu dengan aman.

Demikian 7 tips aman saat belanja online yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi belanja online dengan fitur yang lengkap. Selain itu kalian juga bisa menyimak trik ini untuk mengakali sepatu kebesaran yang didapat dari belanja online.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru