Jangan Takut Salah Ukuran saat Belanja Online, Ini 8 Trik Mudah Mengakali Sepatu yang Terlalu Besar
Shoe Tease
Lifestyle

Membeli sepatu di toko online terkadang tidak cocok dengan ukuran kaki kita. Nah, berikut tips untuk mengatasinya.

WowKeren - Belanja secara online kini menjadi suatu kebiasaan baru masyarakat di era digital ini. Tak sedikit orang yang memilih untuk belanja online daripada harus mengitari mall untuk mencari barang yang dibutuhkan.

Semakin majunya zaman, barang-barang yang dijual online tak hanya sebatas busana, namun juga berbagai aksesorisnya seperti topi, sepatu, kalung, cincin dan lainnya. Nah, untuk membeli sepatu sendiri di toko online mungkin menjadi hal yang sulit. Seperti kalian ketahui, berbeda merek, berbeda pula ukuran yang cocok di kaki kita.


Jika beruntung kalian akan mendapatkan sepatu yang pas dengan kaki. Namun kalau lagi apes, sepatu terlalu besar atau kecil bisa sampai ke alamat kita.

Tak perlu khawatir dengan hal tersebut, terdapat 8 trik mengakali sepatu yang terlalu besar. Dijamin kalian dapat menggunakan sepatu yang diinginkan dengan nyaman.

(wk/nris)

1. Coba Lipat Bagian Depan Kaus Kaki


Coba Lipat Bagian Depan Kaus Kaki

Trik pertama untuk menggunakan sepatu yang kebesaran adalah melipat bagian depan kaus kaki. Hal ini bisa kalian gunakan jika hanya sepatu yang akan digunakan hanya berbeda satu nomor saja. Dengan menambahkan volume dalam sepatu, kaki akan terasa lebih nyaman dan tidak lepas saat digunakan.

Untuk cara penggunaannya kalian pasti sudah banyak yang mengetahui. Pilihlah kaus kaki yang cukup panjang. Kemudian lipat bagian depannya hingga mengisi ruang kosong pada sepatu. Selain itu, kalian juga bisa menjadikan kaus kaki sebagai sumpalan.

2. Gunakan Kaus Kaki Tebal saat Sepatu Terlalu Besar


Gunakan Kaus Kaki Tebal saat Sepatu Terlalu Besar

Hal selanjutnya yang dapat kalian lakukan saat memiliki sepatu yang terlalu besar adalah dengan mengenakan kaus kaki tebal. Sama seperti sebelumnya, penggunaan kaus kaki tebal akan mengisi ruang pada sepatu. Trik ini seolah mengubah ukuran kaki menjadi lebih besar dengan kaus kaki tersebut.

Nah, agar tetap nyaman saat menggunakan kaus kaki tebal, kalian sebaiknya memilih bahan yang menyerap keringat. Hal ini juga berguna agar kaki tidak cepat bau. Motif kaus kaki juga bisa kalian sesuaikan dengan busana yang akan dikenakan.

3. Tambahkan Busa atau Koran Jika Diperlukan


Tambahkan Busa atau Koran Jika Diperlukan

Untuk mengganjal sepatu, kalian tak harus menggunakan kaus kaki, koran, tisu atau busa pun dapat membantu. Apalagi jika dalam keadaan darurat dan kalian kesulitan untuk menemukan kaus kaki cadangan. Busa memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak akan menyakiti bagian jari kaki.

Mengganjal sepatu dengan koran atau busa juga harus disesuaikan dengan porsinya, ya. Jangan menyelipkan pengganjal terlalu banyak. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat sepatu malah terlalu kecil. Cukup gunakan hingga kalian benar-benar nyaman, ya.

4. Menambahkan Insole Sepatu


Menambahkan Insole Sepatu

Insole merupakan bantalan lembut yang biasanya terbuat dari bahan busa atau gel. Bantalan terbuat biasanya diletakkan di bawah kaki di dalam sepatu untuk memberikan sokongan pada kaki. Biasanya, insole digunakan bagi orang-orang yang memiliki masalah postur tubuh dan ketidaknyamanan.

Selain itu, insole juga dapat digunakan untuk mengisi ruang berlebih dalam sepatu yang longgar. Sebelum membelinya, pastikan insole cocok di kaki dan sepatu yang terlalu besar. Penggunaannya juga umum digunakan hampir semua jenis sepatu, termasuk sepatu hak tinggi dan sepatu berujung terbuka.

5. Double Sided Shoe Tape Bantu Kalian Gunakan Sepatu Kebesaran


Double Sided Shoe Tape Bantu Kalian Gunakan Sepatu Kebesaran

Saat menggunakan sepatu hak tinggi yang kebesaran, biasanya tumit akan terlihat berpindah posisi dan seperti terlepas dari sepatunya. Apalagi jika sepatu tersebut memiliki material yang licin, tumit akan tidak menempel pada sepatu. Hal ini tentunya menyebabkan kalian tidak nyaman karena sepatu akan mudah terlepas.

Hal tersebut dapat diatasi dengan mengenakan double slided shoe tape yang memiliki rupa mirip double tape. Produk ini dikhususkan untuk mengatasi masalah sepatu yang terlalu besar. Cara menggunakannya hanya dengan menempelkan produk pada tumit kaki. Maka, tumit akan menempel pada sepatu sehingga tak mudah lepas.

6. Gunakan Shoes Strip


Gunakan Shoes Strip

Shoes strip merupakan salah satu cara mengakali sepatu yang terlalu besar. Produksi ini biasanya berupa gel atau sebuah kalian yang nantinya akan ditempelkan pada bagian belakang sepatu. Dengan menggunakan shoes strip, sepatu yang terlalu besar bisa kalian gunakan dengan nyaman. Selain itu, penggunaannya juga mencegah kaki lecet karena sepatu baru.

7. Tambahkan Karet pada Bagian Belakang Sepatu


Tambahkan Karet pada Bagian Belakang Sepatu

Trik selanjutnya adalah menjahit karet elastis pada bagian belakang sepatu. Karet tersebut dapat menarik bahan sepatu menjadi satu sehingga membuatnya semakin ketat. Sepatu akan seolah menyempit dan lebih nyaman digunakan.

Untuk menggunakannya, kalian perlu menjahitkan karet elastis pada bagian belakang dalam sepatu. Jaga karet agar tetap tegang saat kalian menjahit dengan menggunakan peniti. Jika tidak berpengalaman dalam menjahit, kalian dapat meminta bantuan para orangtua atau teman. Jangan sampai jarum melukai tangan kalian, ya.

8. Basahi Sepatu dengan Air


Basahi Sepatu dengan Air

Cara satu ini dapat kalian gunakan untuk membuat sepatu-benar-benar kecil alias permanen. Caranya adalah dengan membasahi sepatu dan membiarkan kering dengan diangin-anginkan. Tiap sepatu memiliki cara yang berbeda-beda agar mendapatkan hasil maksimal.

Untuk sepatu yang memiliki bahan kulit atau suede, kalian cukup menggunakan botol semprot. Namun, pada sepatu santai atau olahraga, kalian harus merendamnya dalam air. Setelah itu, jemur sepatu di bawah sinar matahari. Coba kenakan sepatu saat sudah kering, jika belum mengecil seperti yang kalian inginkan, lakukan tips ini beberapa kali.

Masalah yang terjadi pada sepatu tidak hanya soal ukuran, namun juga bau. Terkadang, akibat keringat dan air hujan yang tidak dikeringkan secara baik, sepatu menjadi bau dan tentu membuat kalian tidak percaya diri untuk memakainya. Nah, ikuti beberapa tip menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu, simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait