Reaksi Hotman Paris Usai 'Hotman Paris Show' Ditegur KPI
Instagram/hotmanparisofficial
TV

Mendapat teguran KPI, tayangan 'Hotman Paris Show' terpaksa diberhentikan sementara. Lantas, apa yang menyebabkan KPI hingga menegur acara hits tersebut?

WowKeren - Program televisi "Hotman Paris Show" belum lama ini mendapat sanksi dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Tayangan acara yang dipandu Hotman Paris Hutapea dan Melaney Ricardo sebagai co-host ini pun terpaksa diberhentikan sementara.

Dilansir kpi.go.id pada Rabu (2/10), sanksi pemberhentian sementara itu diberikan lantaran "Hotman Paris Show" menayangkan adegan kemarahan Nikita Mirzani pada Elza Syarief tertanggal 29 Agustus 2019. Adegan tersebut diulang lagi pada 2 September 2019.


"Adegan kemarahan berlebihan ini dinilai sangat tidak pantas disampaikan di ruang publik. Kami menilai hal itu mengabaikan beberapa aturan dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan melanggar beberapa pasal dalam aturan Standar Program Siaran KPI," terang Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo. "Pasal-pasal tersebut mencakup penghormatan nilai dan norma kesopanan serta kesusilaan, hak privasi, ungkapan kasar dan makian atau nonverbal, mengutarakan aib atau kerahasiaan pihak yang berkonflik dan hal lainnya."

"Ada upaya penyembunyian ungkapan kasar secara verbal oleh pihak INews, namun secara nonverbal kemarahan dan ekspresi kekasaran itu masih terlihat jelas tanpa diedit," lanjut Mulyo. "Hal lain yang menjadi dasar penghentian adalah adanya penayangan ulang atas program tersebut pada pagi hari beberapa hari sesudahnya."

Menurut Mulyo, ada 12 Pasal yang diabaikan dan dilanggar dalam tayangan "Hotman Paris Show". Yakni Pasal 9 (P3), Pasal 10 ayat 1 dan 2 (P3), Pasal 13 (P3), Pasal 14 ayat 2 (P3), Pasal 21 ayat 1 (P3), Pasal 9 ayat 1 dan 2 (SPS), Pasal 10 ayat 1 dan 2 (SPS), Pasal 13 ayat 1 (SPS), Pasal 14 huruf c (SPS), Pasal 15 ayat 1 (SPS), Pasal 24 ayat 1 (SPS), dan Pasal 37 ayat 4 (SPS).

Menanggapi teguran tersebut, Hotman akhirnya angkat bicara. Lewat akun Instagram miliknya, pengacara papan atas itu meradang.

"Orang orang yg udah lama cemburu tdk baca website KPI! Ha ha oknum nyinyir Kacian yg kalah sukses dan kalah kaya dari aku!" tulis Hotman. "Hotman paris show sekarang paling hit di tv infoteimen dgn host hotman dan co host Melani!"

"Krn show khusus bagi pencari keadilan utk viralkan penderitaan hukumnya!" lanjut Hotman. "Udahlah musuhku: kamu tdk akan bisa kalahkan hotman dari aspek apapun! Malah hotman makin hit."

Reaksi Hotman Paris Ditegur KPI

Instagram

Unggahan Hotman seketika banjir dukungan netter. Kiki The Potters pun ikut memberikan komentar.

"Cuma sementara berhentinya bang Hotman acaranya,,nantikan bakal mengudara lagi, biar tayangannya makin baik bang.." komentar Kiki. "Cuma 2 episode, nanti pas mengudara akan lebih berisi dan berkualitas acaranya.. makin sukses ya Gus Hotman."

"Acara sampah di trans sama antv duitnya kenceng yee makanya mereka gg berani Nyenggol," komentar pemilik akun @may***dhit. "Hebat bg...lajuttt trus...yg nyiyir makin di belakang jauhhh," tambah akun @ma***093.

(wk/diah)

You can share this post!