Taylor Swift Tersandung Kasus Hak Cipta Gara-Gara 'Shake It Off' Dituding Curi Lirik
Musik

Pelantun 'You Need To Calm Down' ini kembali terlibat dalam kasus hak cipta, di mana single 'Shake It Off' miliknya dianggap mencuri lirik dari lagu 'Playas Gon' Play' yang dirilis pada 2010 silam.

WowKeren - Kasus plagiarisme memang kerap kali mencatut nama musisi papan atas. Kali ini, rupanya giliran si cantik Taylor Swift yang tersandung masalah tersebut akibat salah satu hitsnya, "Shake It Off", dituding memplagiat karya musisi lain.

Dilansir Variety pada Rabu (30/10), baru-baru ini pelantun "You Need To Calm Down" tersebut kembali terlibat dalam kasus hak cipta. Single "Shake It Of" yang dirilis Taylor pada 2014 lalu dianggap mencuri lirik dari lagu "Playas Gon' Play", yang diluncurkan lebih dulu pada 2010.

Kasus ini sebenarnya sudah lama dihentikan oleh pihak pengadilan, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Awalnya, pelantun "Lover" ini digugat oleh Sean Hall dan Nate Butler selaku pencipta lagu "Playas Gon' Play" yang dibawakan oleh grup 3LW.

Lirik yang dimaksud adalah bagian chorus "Shake It off", yaitu "Cause the players gonna play, play, play, play, play/And the haters gonna hate, hate, hate, hate, hate/Baby, I’m just gonna shake, shake, shake, shake, shake/I shake it off, I shake it off."


Sean Hall dan Nate Butler mengklaim bahwa lirik itu mirip dengan chorus "Playas Gon' Play" yang berbunyi, "Playas, they gonna play/And haters, they gonna hate/Ballers, they gonna ball/Shot callers, they gonna call."

Namun, gugatan tersebut tidak diterima dan dibatalkan oleh Pengadilan California. Hakim Pengadilan Distrik AS, Michael Fitzgerald, yang menolak gugatan Hall dan Butler menyebutkan bahwa lirik yang diduga dicuri Taylor Swift adalah frasa pendek yang tidak memiliki jumlah orisinalitas dan kreativitas yang diperlukan untuk perlindungan hak cipta.

Namun panel dari tiga hakim Pengadilan Distrik AS menolak keputusan Michael Fitzgerald. Mereka mengedepankan nilai kerja yang ekspresif dan akhirnya mengembalikan kasus tersebut ke Pengadilan Distrik AS untuk dipertimbangkan.

Sayangnya, hingga kini belum ada kabar lebih lanjut soal kasus hak cipta yang menjerat nama Taylor Swift ini.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait