Cocok Untuk Siswa, 7 Aplikasi Ini Bagus Banget Untuk Membantu Kegiatan Belajar Kalian
Tekno

Di jaman milenial ini, berbagai developer telah menawarkan banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membantu proses belajar kalian. Penasaran apa saja?

WowKeren - Pengaruh perkembangan teknplogi kini sudah meluas hingga mencapai ranah belajar. Saat ini sudah banyak murid sekolah, mahasiswa dan bahkan tenaga kependidikan menggunakan teknologi canggih untuk belajar dan mendapatkan ilmu.

Tak hanya itu, bahkan ada beberapa teknologi canggih yang bisa membuat kegiatan belajar kalian semakin mudah. Di jaman milenial ini, berbagai developer telah menawarkan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membantu proses belajar kalian.

Beberapa aplikasi ini bisa untuk membantu mengerjakan soal, mengatur jadwal hingga membantu kalian lebih konsentrasi loh. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 aplikasi bagus yang dapat kalian gunakan untuk membantu saat belajar. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Quizlet Bakal Bikin kegiatan Belajar Jadi Mudah


Quizlet Bakal Bikin kegiatan Belajar Jadi Mudah

Quizlet adalah aplikasi yang dapat membantu kita belajar dengan mudah. Aplikasi ini menggunakan flashcard yakni kartu yang berisi segelintir informasi baik di salah satu atau kedua sisi kartu sebagai metode pembelajaran. Contohnya jika kalian ingin belajar kosakata bahasa Inggris, kalian tinggal menulis sebuah kosakata di sisi depan kartu dan definisinya di sisi belakang kartu.

Begitu juga ketika kita ingin membuat pertanyaan sekaligus jawabannya atau belajar mengenali suatu objek dengan nama objek di sisi depan dan gambarnya di sisi belakang. Di aplikasi ini kalian bisa membuat flashcard sendiri dan belajar melalui flashcard pengguna lain. Dengan metode ini, kalian lebih mudah mengingat apa yang sudah dipelajari.

2. White Noise Generator Yang Bakal Bikin Belajar Kalian Tenang


White Noise Generator Yang Bakal Bikin Belajar Kalian Tenang

Jika kalian susah untuk berkonsentrasi dan membutuhkan ruangan tenang saat belajar, aplikasi ini wajib banget kalian download. White Noise Generator adalah aplikasi yang akan membuat suasana belajar menjadi lebih tenang. Aplikasi ini menyediakan suara-suara seperti air mengalir, hembusan angin, api yang menyala, hujan, daun berjatuhan, kereta api, suasana cafe, dan lain-lain.

Dengan aplikasi ini, kalian dapat lebih tenang dan berkonsentrasi ketika sedang belajar, layaknya di alam terbuka. Uniknya, suara-suara yang disediakan di aplikasi ini cocok untuk dimainkan secara bersamaan sehingga kita tidak merasa bosan.

3. Atur Kegiatan Belajar Kalian Lewat My Study Life


Atur Kegiatan Belajar Kalian Lewat My Study Life

My Study Life adalah aplikasi managemen yang bisa mengatur kegiatan belajar kalian. Tak hanya digunakan oleh murid saja, aplikasi juga cocok digunakan oleh guru atau bahkan dosen. Dalam aplikasi ini kalian bisa merancang sesuatu mengenai semua kegiatan pembelajaranmu.

Kalian juga bisa mengelolanya jadwal kalian dengan mudah. Aplikasi ini juga memungkinkan kalian menyimpan catatan pekerjaan rumah hingga catatan ujian. Tak hanya itu, ada kalender yang bisa kalian gunakan untuk menjadi pengingat jika ada ujian yang penting.

4. Dengan Brain Focus, Kalian Akan Lebih Fokus Dan Produktif


Dengan Brain Focus, Kalian Akan Lebih Fokus Dan Produktif

Aplikasi ini dapat membantu kalian untuk vakum dari smartphone sementara waktu. Hasilnya, kalian akan fokus dengan apa yang sedang kalian kerjakan termasuk belajar. Brain Focus ini juga dilengkapi dengan notes dan list pekerjaan atau kegiatan yang sedang kalian lakukan.

Setelah kamu selesai mengerjakan pekerjaan atau kegiatan, kalian bisa lihat hal-hal produktif apa aja yang sudah kalian lakukan. Selain itu, kalian juga bisa lihat berapa waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan atau kegiatan tersebut. Keren kan?

5. Forest: Stay Focused Bakal Bikin Kalian Fokus Pada Pekerjaan Tertentu


Forest: Stay Focused Bakal Bikin Kalian Fokus Pada Pekerjaan Tertentu

Aplikasi ini dapat membantu kalian fokus dengan konsep seperti game RPG. Di awal kalian akan diberikan sebuah lahan virtual kosong yang nantinya akan ditempati tanaman-tanaman yang hidup dari waktu fokus kalian. Semakin lama waktu fokus, maka akan semakin besar juga tanaman kalian. Dan bila di tengah jalan kalian menggunakan aplikasi lain yang diblokir, maka tanaman tersebut akan mati.

Aplikasi ini memberikan opsi untuk memilih aplikasi mana yang harus diabaikan dan aplikasi mana yang bisa kalian akses selama belajar. Namun sayangnya, kalian bisa keluar dari aplikasi ini tanpa mematikan waktu yang berjalan dengan cara menekan tombol home secara paksa. Tapi kalau kalian orang yang bertekad kuat apalagi untuk belajar serius, aplikasi ini sangat menyenangkan loh.

6. Blokir Aplikasi Pengganggu Belajar Dengan AppBlock: Stay Focused


Blokir Aplikasi Pengganggu Belajar Dengan AppBlock: Stay Focused

Aplikasi ini sedikit agak kompleks tapi sangat efisien untuk membantu kalian untuk mengurangi kecanduan dalam mengakses media sosial. Sama seperti Forest, Appblock akan membantu kalian memilih aplikasi-aplikasi mana saja yang boleh dan enggak boleh untuk diakses dalam beberapa waktu.

Saat aplikasi Appblock ini berjalan, aplikasi ini seperti alarm yang akan mematikan aplikasi-aplikasi yang telah kalian pilih dalam periode waktu yang telah kamu tentukan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan PIN sehingga jika kalian benar-benar ingin serius belajar, kalian bisa minta bantuan teman, kakak, adik atau orang tua kamu untuk membuat kode jadi kalian enggak bisa mematikan blokirnya sebelum waktu yang ditentukan.

7. Gunakan Photomath Untuk Membantu Kalian Pecahkan Masalah Matematika


Gunakan Photomath Untuk Membantu Kalian Pecahkan Masalah Matematika

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa. Selain susah, matematikan juga membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan. Nah Photomath ini adalah aplikasi yang dapat memudahkan siswa dalam kerjakan pelajaran matematika.

Untuk kalian yang terasa kesusahan dalam pelajari matematika, aplikasi ini pas untuk kalian bawa sebagai asisten. Langkah kerja aplikasi ini cukup unik, kalian tinggal memfoto masalah matematika yang ada, jadi aplikasi ini bakal otomatis bekerja mencari jawaban dengan beragam langkah. Membantu banget kan?

Selain itu, intip juga yuk aplikasi yang bisa bantu kalian belajar musik di sini. Selain itu, asah otak kalian dengan memainkan beberapa rekomendasi game berikut.

You can share this post!

Related Posts