Mudah Banget Dilakukan, Ini 7 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Selalu Prima
Tekno

Memasuki musim hujan, mobil hendaknya dirawat dengan baik. Hal ini dikarenakan air hujan memiliki kandungan garam yang lebih banyak. Nah berikut beberapa tips merawat mobil di musim hujan agar performanya selalu terjaga.

WowKeren - Indonesia mulai memasuki musim penghujan di pertengahan November 2019 ini. Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari mendatang.

Karena itu, bersiap-siaplah kalau mobil kesayanganmu terguyur hujan. Jika tidak dirawat dengan benar, mobil yang sering kehujanan bisa bermasalah. Hal ini dikarenakan air hujan mengandung kadar garam yang lebih banyak jika dibandingkan dengan air biasa.

Jika terlalu sering kena air hujan mobil akan cepat kotor bahkan mogok karena airnya merembes ke area mesin. Sehingga para pemilik kendaraan harus bisa merawat mobilnya dengan baik selama musim hujan agar performanya tetap terjaga. Simak beberapa tips merawat mobil di musim hujan yang telah tim WowKeren rangkum berikut ini.

(wk/eval)

1. Segera Bersihkan Air Hujan di Bodi Mobil Agar Tak Sampai Merusak Catnya


Segera Bersihkan Air Hujan di Bodi Mobil Agar Tak Sampai Merusak Catnya

Kita tentu tak bisa menghindari hujan, sehingga mau tidak mau air hujan akan membasahi bodi mobil. Setelah sampai tempat tujuan, jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama pada bodi mobil, apalagi sampai berhari-hari atau bahkan sampai mengering. Hal ini disebabkan karena sisa air hujan yang menempel pada bodi mobil bisa memunculkan jamur serta karat yang bisa merusak lapisan cat mobil.

Tapi ingat, jangan langsung mengelap bodi mobil. Karena kandungan garam dan kotoran halus di dalamnya bisa menyebabkan goresan pada cat mobil. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengguyur mobil dengan air bersih secara merata lalu keringkan. Tapi jika bodi mobil terlihat sangat kotor, kamu bisa menggunakan shampoo khusus mobil untuk mencucinya agar terlihat lebih bersih.

2. Jaga Interior Mobil Tetap Kering di Musim Hujan


Jaga Interior Mobil Tetap Kering di Musim Hujan

Selain memperhatikan bodi dan eksterior mobil, kamu juga harus merawat bagian dalam mobil. Pastikan air hujan tidak masuk ke bagian dalam mobil. Karena jika air hujan sampai masuk ke dalam, lantainya akan basah. Jika dibiarkan bisa menyebabkan timbulnya jamur. Dan jika kondisi ini terus dibiarkan, bagian dalam mobil akan lebih cepat berkarat dan keropos.

Selain itu perhatian bagian trim pintu, karena ini adalah bagian yang sering terkena air hujan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan lapisan khusus seperti vinyl atau plastik, atau cairan pelindung yang bersifat melapisi agar air tidak mudah menempel pada trim pintu.

3. Bersihkan Kaca dan Wiper Mobil Secara Berkala Saat Musim Hujan


Bersihkan Kaca dan Wiper Mobil Secara Berkala Saat Musim Hujan

Saat musim hujan, wiper mobil akan bekerja keras untuk menyisir air hujan dan menjernihkan jarak pandang. Karena peran vitalnya ini, wiper harus rutin dibersihkan dan tidak cepat aus. Dengan demikian, penyapuan air hujan bisa berjalan dengan lancar dan optimal.

Selain bagian wiper, kaca depan mobil juga harus dibersihkan dengan rutin. Bagian ini sangat penting untuk dibersihkan, agar kita bisa mencegah datangnya jamur yang mudah datang di musim hujan. Selain itu, membersihkan kaca depan secara rutin juga bisa menghindari terganggunya jarak pandang ketika sedang mengemudi.

4. Selalu Periksa Komponen Dalam Mobil di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Rusak


Selalu Periksa Komponen Dalam Mobil di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Rusak

Salah satu masalah utama kendaraan di musim hujan adalah mogok di tengah jalan. Hal ini biasanya dikarenakan adanya hubungan arus pendek atau dinamo starter yang tidak berfungsi. Solusinya adalah kamu harus mengecek komponen mobil secara menyeluruh, mulai dari aki, kabel busi, kabel lampu hingga dinamo starter.

Bagi kamu yang tidak begitu mengerti tentang mesin mobil mungkin akan kesulitan. Karena itu, jika memiliki waktu luang sebaiknya bawa mobilmu ke bengkel untuk pengecekan rutin. Apalagi jika kamu merasa kinerja mobil semakin menurun, lebih baik segera perbaiki atau bawa ke bengkel dan jangan paksa dikendarai.

5. Rawat Mobil di Musim Hujan dengan Menggunakan Pelindung Cat Mobil


Rawat Mobil di Musim Hujan dengan Menggunakan Pelindung Cat Mobil

Selain membersihkan mobil dengan air atau shampoo khusus mobil, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melindungi bodi mobil. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan coating atau pelapis bodi mobil. Bahan ini berfungsi untuk melindungi cat serta bodi mobil dari guyuran air hujan, sehingga akan lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, coating juga bisa membuat penampilan mobil jadi lebih cantik, bersih dan cemerlang. Pelapis ini juga bisa diaplikasikan pada bagian bawah mobil serta pada bagian mesin dan kompartemennya. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, karena pelapis cat mobil ini dijual di sejumlah toko perawatan mobil.

6. Gunakan Alas Karpet di Bagian Dalam Mobil Saat Musim Hujan untuk Mencegah Timbulnya Jamur


Gunakan Alas Karpet di Bagian Dalam Mobil Saat Musim Hujan untuk Mencegah Timbulnya Jamur

Saat musim hujan sepatu atau alas kaki yang kita gunakan biasanya akan basah atau berlumpur. Padahal menjaga kebersihan dalam mobil sangat penting dilakukan. Karena itu, saat membersihkan bagian dalam mobil pastikan lantai mobil kering dan bersih. Untuk mencegah mobil jadi kotor, sebaiknya gunakan karpet tambahan untuk melapisi lantai mobil. Dengan demikian, kamu bisa mencegah pertumbuhan jamur di lantai mobil.

7. Menyimpan Mobil dengan Baik di Musim Hujan Bisa Membuat Performanya Terjaga


Menyimpan Mobil dengan Baik di Musim Hujan Bisa Membuat Performanya Terjaga

Jika kalian sering menggunakan mobil sebagai kendaraan harian, maka usahakan mobilmu tetap terlindung dengan baik dari guyuran hujan. Setelah dicuci dan dikeringkan, sebaiknya parkir mobil di dalam garasi agar tidak terkena hujan. Kalau perlu, gunakan cover mobil dan tutup dengan rapat terutama di bagian atapnya.

Demikian 7 tips merawat mobil di musim hujan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi yang sangat bermanfaat di musim hujan. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mudah agar tetap sehat di musim pancaroba seperti saat ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait