Ibu Hamil Wajib Waspada, 7 Makanan Ini Bisa Menghambat Perkembangan Janin Hingga Keguguran!
Health

Saat hamil, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang merupakan cara sederhana yang dapat membantu pertumbuhan janin. Makanan yang direkomendasikan adalah makanan yang memiliki gizi lengkap dan beberapa mineral.

WowKeren - Saat hamil, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang merupakan cara sederhana yang dapat membantu pertumbuhan janin. Makanan yang direkomendasikan adalah makanan yang memiliki gizi lengkap dan beberapa mineral.

Namun ternyata, ada beberapa makanan yang diketahui bisa menghambat pertumbuhan janin. Pertumbuhan janin dinilai terhambat jika janin lebih kecil jika dibandingkan dengan usia kehamilan. Hal ini akan dinilai oleh dokter melalui USG.


Gaya hidup yang tidak sehat juga sering dikaitkan dengan terhambatnya pertumbuhan janin. Beberapa kebiasaan tidak sehat saat hamil yang berkaitan dengan hal ini di antaranya, merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dan penyalahgunaan narkoba.

Penasaran apa saja makanan yang dapat menghambat perkembangan janin? Berikut tim WowKeren rangkum 7 makanan yang dapat menghambat pertumbuhan janin dan bahkan bisa membahayakan calon buah hati loh. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Jangan Terlalu Sering Konsumsi Sayuran Dan Buah-buahan Mentah


Jangan Terlalu Sering Konsumsi Sayuran Dan Buah-buahan Mentah

Beberapa orang terbiasa untuk langsung menikmati sayur atau buah tanpa mencucinya dulu. Padahal, sayur dan buah yang tak melalui proses pembersihan dengan dicuci menggunakan air mengalir justru malah berbahaya dan memicu risiko parasit.

Beberapa sayuran dan buah-buahan mentah yang tidak dicuci mengandung berbagai mikroba berbahaya yang dapat risiko infeksi yang akhirnya mengarah pada keguguran. Selain itu, ada juga parasit Toxoplasma yang dapat membahayakan janin dan sang ibu.

2. Kopi Serta Teh Berlebihan Enggak Baik Untuk Perkembangan Janin


Kopi Serta Teh Berlebihan Enggak Baik Untuk Perkembangan Janin

Minum kopi berlebihan selama kehamilan juga dapat menyebabkan perkembangan janin menurun dan bahkan keguguran loh. Kelebihan kafein dapat menghasilkan panas tubuh pada wanita dan juga akan mempengaruhi janin.

Selain itu, studi penelitian telah mengklaim bahwa minum lebih dari secangkir teh hijau perhari juga dapat menyebabkan keguguran karena teh hijau juga mengandung kafein. Untuk itu kurangi menikmati teh atau kopi dan apa saja yang memiliki kandungan kafein tinggi.

3. Hati Hewan Juga Tak Dianjurkan Dikonsumsi Saat Hamil


Hati Hewan Juga Tak Dianjurkan Dikonsumsi Saat Hamil

Para wanita khususnya yang sedang hamil dan menginjak trimester pertama sebaiknya tidak mengkonsumsi hati ayam atau sapi. Jeroan ini mengandung kalori tinggi yang sebenarnya belum terlalu diperlukan di trimester awal sebab jika mengkonsumsinya berlebihan malah justru memicu kolesterol tinggi pada sang ibu dan menghambat janin bertumbuh sempurna.

Selain itu, hati hewan juga mengandung banyak racun jika dikonsumsi. Hati yang berbahaya adalah diambil dari hewan yang terinfeksi atau sakit. Selain itu, hati juga mengandung vitamin A yang tinggi dan kolesterol. Jika ibu hamil makan terlalu banyak hati, terutama juga sedang mengkonsumsi obat dapat menyebabkan vitamin tadi menjadi berlebih dan dapat mempengaruhi janin

4. Jangan Sekali-kali Konsumsi Daging Mentah Saat Hamil


Jangan Sekali-kali Konsumsi Daging Mentah Saat Hamil

Mengkonsumsi daging sapi atau unggas yang mentah harus dihindari karena memiliki risiko terhadap kontaminasi bakteri coliform, toksoplasmosis, dan salmonella. Daging mentah merupakan makanan berbahaya yang harus dihindari selama kehamilan seperti jika terkontaminasi dengan Bakteri Listeria, yang dapat menyebabkan keguguran.

Bakteri Listeria memiliki kemampuan dapat melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi yang menyebabkan infeksi atau keracunan darah. Selain itu, daging ikan atau seafood juga enggak dianjurkan dikonsumsi saat sedang hamil.

5. Stop Makan Sushi Atau Ikan Mentah Saat Sedang Hamil


Stop Makan Sushi Atau Ikan Mentah Saat Sedang Hamil

Makan ikan setiap hari memang baik jika porsinya tak berlebihan, namun juga akan jauh lebih aman mengkonsumsi ikan yang tak berkandungan merkuri. Ikan todak, king makarel, lalu juga olahan sirip hiu adalah contoh jenis ikan yang biasanya berkadar merkuri sangat tinggi sehingga akhirnya menghambat janin tumbuh khususnya di trimester awal kehamilan.

Merkuri yang dikonsumsi selama kehamilan sering dikaitkan dengan masalah keterlambatan perkembangan janin dan kerusakan pada otak. Contoh jenis ikan ini seperti hiu, ikan king mackerel dan tilefish. Beberapa jenis ikan yang digunakan dalam sushi juga harus dihindari karena kadar merkuri yang tinggi.

6. Konsumsi Pepaya Muda Saat Hamil Sangat Berisiko Loh


Konsumsi Pepaya Muda Saat Hamil Sangat Berisiko Loh

Pepaya juga merupakan makanan yang berbahaya bagi ibu hamil, terutama pepaya hijau. Ada banyak kasus ibu hamil, karena kurangnya pengalaman yang menggunakan pepaya hijau sebagai bahan untuk membuat masakan untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dalam 3 bulan pertama kehamilan.

Makan pepaya hijau adalah yang paling umum dapat menjadi penyebab paling berbahaya untuk keguguran. Pepaya hijau sendiri dan pepaya muda mengandung enzim yang dapat menyebabkan kontraksi rahim yang mengarah ke keguguran. Selain itu, pepaya muda kaya akan getah yang bisa berbahaya bagi pertumbuhan janin dan bahkan mampu meningkatkan risiko keguguran.

7. Seafood Bakar atau Asap Enggak Sehat Untuk Perkembangan Janin


Seafood Bakar atau Asap Enggak Sehat Untuk Perkembangan Janin

Makanan laut memang sangat menyenangkan untuk dinikmati, tapi seafood yang mengolahnya dengan cara diasap atau dibakar sebaiknya tidak dinikmati dulu oleh para ibu hamil karena adanya bakteri listeria yang mampu mengancam kesehatan perkembangan janin.

Bahkan karena tingginya kadar garam bisa juga memicu sang ibu hamil menderita tekanan darah tinggi. Konsumsi ikan dianjurkan jika saja kalian tidak memasaknya dengan cara demikian akan tetapi memasaknya dengan teknik tepat agar matang secara keseluruhan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru