Sering Dianggap Sepele, Ini 8 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Memasak di Dapur
Kuliner

Beberapa orang terkadang tidak sadar saat melakukan kesalahan ketika sedang memasak. Kamu pasti tidak mau itu terjadi bukan? Karena itu, sebaiknya hindari delapan kesalahan ini saat sedang memasak.

WowKeren - Belajar cara memasak di dapur rumah sendiri berguna untuk memperluas wawasan kuliner dengan budget terbatas. Di era modern ini, siapapun bisa mempelajari cara memasak dengan mudah, utamanya lewat internet.

Namun saat ini ada banyak sekali koki amatir yang melakukan berbagai kesalahan saat memasak. Sebagai pemula hal ini wajar dilakukan, tapi sebaiknya tidak diteruskan. Karena selain berujung pada pemborosan bahan pangan yang digunakan, berbagai kesalahan saat memasak bisa membuat rasa hidangan kurang memuaskan.

Sayangnya beberapa orang terkadang tidak menyadari kalau dirinya telah melakukan kesalahan saat memasak. Karena kesalahan yang paling umum biasanya dianggap sepele sehingga terus dilakukan. Karena itu, jika kamu sedang giat-giatnya belajar memasak, ada baiknya untuk menghindari beberapa kesalahan berikut ini agar bisa menciptakan hidangan yang nikmat dan kaya rasa.

(wk/eval)

1. Memasak dengan Minyak yang Salah Bisa Mempengaruhi Lezatnya Hidangan yang Dimasak


Memasak dengan Minyak yang Salah Bisa Mempengaruhi Lezatnya Hidangan yang Dimasak

Apa kamu sering memasak dengan menggunakan satu jenis minyak saja? Kalau iya, sebaiknya perhatikan artikel ini. Setiap jenis minyak untuk memasak memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang bagus digunakan untuk memasak suhu tinggi, ada juga yang tepat untuk memasak di suhu sedang. Karena itu, sebaiknya pilih minyak yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk menggoreng, sebaiknya gunakan minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak kelapa atau canola. Jika kamu ingin memanggang atau membakar, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau minyak wijen untuk olesan. Sedangkan untuk saus salad, kamu bisa memakai extra virgin olive oil.

2. Ada Banyak Sekali Kesalahan dalam Memasak Daging yang Sering Dilakukan, Ini Contohnya


Ada Banyak Sekali Kesalahan dalam Memasak Daging yang Sering Dilakukan, Ini Contohnya

Tidak sedikit orang yang langsung memasak daging yang baru dikeluarkan dari kulkas dengan hanya mencucinya sebentar. Padahal ini adalah cara yang salah, karena bisa membuat daging masak dengan tidak rata. Karena itu, sebaiknya daging yang dikeluarkan dari kulkas didiamkan dulu di suhu ruangan selama setengah jam sebelum dimasak agar bisa matang dengan sempurna.

Selain itu, hindari terlalu cepat membalik daging saat dimasak, apalagi ketika warna dagingnya masih cokelat atau belum matang. Hal ini bisa mempengaruhi tekstur dan kematangan daging.

Tidak hanya itu, memotong daging dengan cara yang salah juga sering dilakukan orang-orang. Jika kamu terus memotong daging dengan cara yang salah, dagingmu akan terasa kenyal. Jadi sebaiknya potong daging melawan arah seratnya agar daging jadi empuk saat dimasak. Sebaliknya, memotong daging searah dengan serat hanya akan membuatnya jadi alot.

3. Sering Tidak Menggunakan Air yang Cukup Saat Memasak Pasta? Hentikan Kebiasaan Itu Sekarang


Sering Tidak Menggunakan Air yang Cukup Saat Memasak Pasta? Hentikan Kebiasaan Itu Sekarang

Tidak banyak orang yang tahu cara merebus pasta dengan benar. Kebanyakan orang hanya merebusnya di dalam air tanpa memastikan pasta telah terendam dengan sempurna. Padahal jika air yang digunakan tidak cukup banyak, tingkat kematangan pasta bisa tidak rata.

Selain itu, jangan pernah memasukkan pasta ke dalam air yang belum mendidih. Tunggu sampai airnya mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung air baru memasukkan pastanya. Sebab jika kalian memasukkan pasta ke dalam air yang belum mendidih, pasta yang dihasilkan akan lengket dan menggumpal. Tekstur demikian tentu membuat pasta tidak enak saat dimakan.

4. Jangan Lakukan Beberapa Kesalahan Ini Saat Masak Nasi


Jangan Lakukan Beberapa Kesalahan Ini Saat Masak Nasi

Karena fungsinya sebagai makanan pokok kebanyakan masyarakat Indonesia, memasak nasi harus dilakukan dengan benar. Namun beberapa orang melakukan kesalahan hingga membuat nutrisi dan vitamin dalam beras hilang saat dikonsumsi sebagai nasi.

Pertama, mereka melakukan kesalahan besar saat memutuskan untuk tidak mencuci beras sebelum menanaknya. Hal ini harus dilakukan agar kita bisa menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di beras.

Selain itu, pertimbangkan juga penggunaan airnya. Menambahkan terlalu banyak air bisa membuat aromanya hilang, nasi yang dihasilkan juga akan lembek. Tapi jika kamu menambahkan terlalu sedikit air, nasi akan pera dan keras teksturnya. Karena itu, kalian bisa mengukur beras saat memasak dengan cara meletakkan jari tangan di atasnya. Usahakan air sampai di bagian pertama ruas buku jari telunjuk kamu ya.

5. Tidak Mengikuti Resep Adalah Kesalahan Paling Umum dalam Memasak


Tidak Mengikuti Resep Adalah Kesalahan Paling Umum dalam Memasak

Sebagai pemula, kita biasanya akan membaca resep sebelum memasak. Langkah-langkah dalam buku resep sangat penting untuk diikuti agar kita bisa menghasilkan hidangan dengan rasa yang lezat.

Namun beberapa orang justru tidak mengikuti resep dengan baik karena tidak membacanya sampai selesai. Karena itu, selalu baca resep sampai selesai sebab dengan begitu kamu akan tahu langkah-langkah apa yang harus kamu lakukan saat memasak. Selain menghasilkan hidangan yang lezat, kamu juga bisa menghindari berbagai kesalahan yang tidak perlu.

6. Kesalahan Sepele Saat Memasak Lainnya Adalah Memasak Sayuran Terlalu Lama


Kesalahan Sepele Saat Memasak Lainnya Adalah Memasak Sayuran Terlalu Lama

Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai kesalahan saat memasak sayur, contohnya adalah memasak sayur terlalu lama hingga lunak dalam air mendidih. Cara ini akan membuat sayuran berwarna kecokelatan, lembek dan berair. Selain itu, kandungan nutrisi dan vitaminnya juga akan banyak berkurang.

Karena itu, sebaiknya angkat dan tiriskan sayur yang dimasak ketika sudah berubah warna. Segera rendam dalam air es agar proses pematangan terhenti. Cara ini akan membuat sayuran tetap renyah, bergizi dan menghasilkan warna yang cantik.

7. Jangan Biarkan Wajan Terlalu Penuh Saat Menumis dan Jangan Masak Porsi Besar dalam Wadah Kecil


Jangan Biarkan Wajan Terlalu Penuh Saat Menumis dan Jangan Masak Porsi Besar dalam Wadah Kecil

Kesalahan umum lainnya saat memasak adalah penggunaan wajan yang tidak efektif. Selalu gunakan wajan yang sesuai dengan jumlah bahan makanan yang ditumis. Jika kamu memasukkan terlalu banyak bahan, makananmu tak akan matang dengan sempurna. Selain menghasilkan hidangan yang gosong atau mentah, teksturnya juga akan kurang enak.

Karena itu, sebaiknya beri ruang yang cukup dalam wajan agar makanan bisa matang dengan sempurna. Hal ini berlaku setiap kamu memasak, baik saat menumis, menggoreng atau merebus.

8. Kelebihan atau Kekurangan dalam Membumbui Jadi Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Memasak


Kelebihan atau Kekurangan dalam Membumbui Jadi Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Memasak

Kesalahan dalam membumbui pasti pernah dilakukan oleh siapapun. Entah itu terlalu banyak atau kurang dalam memberikan bumbu yang bisa membuat makanan jadi keasinan, kemanisan, terlalu asam atau bahkan hambar.

Hal ini terjadi karena kamu tidak melakukan pengukuran yang benar saat membumbui. Karena itu saat memasak usahakan untuk selalu mencicipinya. Ketika makanan terasa asin, coba tambahkan gula, air atau kaldu agar rasanya tidak terlalu kuat. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan bumbu jadi. Karena rasanya tak seenak bumbu yang dibuat dari bahan-bahan segar.

Demikian delapan kesalahan paling umum yang dilakukan ketika memasak. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips memasak ikan patin agar tidak mudah hancur. Selain itu kalian juga bisa menyimak tips ini agar bisa membuat sambel lebih awet dan tahan lama.

You can share this post!

Related Posts