Menteri KKP Edhy Buka Keran Ekspor Benih Lobster, Susi Pudjiastuti Singgung Ketamakan
Instagram/edhy.prabowo
Nasional

Sebelumnya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah memperingatkan bahwa terdapat ancaman kepunahan lobster di Indonesia apabila benih-benih lobster terus diambil.

WowKeren - Rencana Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo untuk membuka keran ekspor benih lobster menuai pro-kontra. Sebelumnya, ekspor benih lobster ini dilarang di era Menteri Susi Pudjiastuti.

Susi sendiri telah menunjukkan sejumlah penolakan atas rencana Edhy tersebut. Sebelumnya, Susi sudah mengingatkan tentang dampak ekspor benih lobster di media sosialnya. Susi menyebut bahwa ada ancaman kepunahan lobster di Indonesia apabila benih-benih lobster terus diambil.

Kini, Susi kembali menunjukkan penolakannya terhadap rencana ini. Lewat cuitan di akun Twitter pribadinya, Susi menyinggung soal benih lobster dan ketamakan.

"Lobster yg bernilai ekonomi tinggi tidak boleh punah, hanya karena ketamakan kita untuk menual bibitnya; dengan harga seperseratusnyapun tidak," cuit Susi pada Selasa (10/12). "Astagfirulah .. karunia Tuhan tidak boleh kita kufur akan nikmat dr Nya."


Susi Pudjiastuti

Twitter

Susi juga menyertakan sebuah video di cuitannya. Ia menampilkan sajian lobster yang akan disantapnya di Pangandaran. Dalam video tersebut, Susi meyampaikan perbandingan harga antara lonster dan benihnya.

"Malam ini saya makan di Pangandaran dengan lobster. Satu ekor lobster ini beratnya kurang lebih 400-500 gram. Lobster yang begini harganya 1 kilo Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu. Berarti 1 ekor lobster ini Rp 400 ribu," jelas Susi. "Bibitnya diambil dan dijual hanya dengan harga Rp 30 ribu saja. Berapa rugi kita? Apalagi kalo lobsternya mutiara jenisnya. Dimana 1 kilo lobster mutiara bisa mencapai Rp 4 - 5 juta. 1 ekor 400 gram itu sudah berapa harganya? Rp 1 juta! Kita jual ke Vietnam hanya dengan harga Rp 100 ribu atau Rp 130 ribu. Nelayan tidak boleh bodoh, dan kita akan dirugikan kalau itu dibiarkan."

Komentar warganet pun membanjiri unggahan Susi tersebut. Banyak yang menyatakan tidak setuju ekspor benih lobster dibuka kembali.

"Trims ibu mentri, pengganti ibu malah bibitnya malah mau dikuras dijual ke Vietnam untuk pembesaran terus kalau sdh besar dijual lg ke Ina, konyol kan bu," tulis akun @ku***dy. "Saya menentang keras rencana menteri yg baru melakukan ekspor benih lobster," komentar akun @Su***nD.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait