Namanya Masuk Daftar Calon Dewas KPK, Ini Kata Artidjo Alkostar
Nasional

Nama MA Artidjo Alkostar tengah menjadi sorotan usai disebut Presiden Jokowi sebagai calon Dewan Pengawas KPK. Merespon isu tersebut, Artidjo pun memberikan komentarnya sebagai berikut.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah memberikan bocoran nama-nama yang akan menjadi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu nama yang tengah menjadi sorotan beberapa waktu terakhir adalah mantan hakim Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar.

Sontak saja kabar tersebut tengah menjadi bahan pembicaraan di berbagai pihak. Namun, Artidjo Alkostar sendiri enggan memberi komentar lebih jauh ketika ditanya terkait isu tersebut.

“Enggak, enggak, enggak,” ujar Artidjo usai memberikan materi kuliah di program Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dilansir Tempo, Kamis (19/12). Meski didesak, ia tetap bersikukuh untuk tidak berkomentar terkait penunjukkannya sebagai Dewan Pengawas KPK.


“Enggak, enggak akan pernah ada komentar,” kata Artidjo singkat. Lalu saat ditanyai soal maraknya karting hukuman atas permohonan kasasi dari perkara korupsi di Mahkamah Agung (MA), Artidjo bergeming. “Nggak (ada komentar),” ujarnya sambil mengibaskan tangannya tanda menolak untuk diwawancara.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa sejumlah pihak mendukung bergabungnya Artidjo ke dalam jajaran Dewan Pengawas lembaga antirasuah tersebut. Seperti Ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap menyatakan pengangkatan kedua nama berlatar belakang hakim itu menjadi hal positif. Apalagi masyarakat sudah mengenal rekam jejak, integritas, dan sikap antikorupsinya.

"Terutama Pak Artidjo Alkostar yang diketahui merupakan momok menakutkan bagi koruptor dan tak segan menghukum berat," kata Yudi dalam keterangan tertulis, Rabu (18/12). Lebih lanjut, Yudi berharap agar anggota Dewas lainnya juga memiliki integritas yang sama sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Adapun nama-nama lain yang turut disebutkan oleh Jokowi adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki hingga hakim Albertina Ho. Meski begitu orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan jika nama-nama tersebut masih belum final. "Dewan Pengawas, ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya lima," ujar Jokowi.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru