Bercita Rasa Lezat Dan Cocok Untuk Kumpul, Inilah 7 Makanan Natal Berbagai Daerah Di Indonesia
Kuliner

Di Indonesia sendiri terdiri dari berbagai budaya dan pastinya kulinernya pun beragam. Di setiap daerah di Indonesia ternyata memiliki makanan khas Natalnya sendiri-sendiri loh. Penasaran apa saja?

WowKeren - Natal tahun 2019 hanya akan berlangsung beberapa hari lagi. Bagi pemeluk agama kristiani, perayaan Natal biasanya identik dengan pohon Natal dan suasana yang meriah dengan kerlap-kerlip lampu indah khas Natal.

Perayaan Natal juga identik dengan kehangatan saat berkumpul bersama anggota keluarga sambil bertukar kado atau menyantap hidangan khas Natal. Jika saat momen Hari Raya Idul Fitri hidangan berupa opor dan ketupat jadi hidangan wajib, di momen Natal juga ada beberapa hidangan yang wajib ada saat Natal.

Di Indonesia sendiri terdiri dari berbagai budaya dan pastinya kulinernya pun beragam. Di setiap daerah di Indonesia ternyata memiliki makanan khas Natalnya sendiri-sendiri loh. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum makanan khas Natal yang selalu tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Berkumpul Bersama Keluarga Dengan Hidangan Sup Ikan Kuah Kuning Khas Ambon


Berkumpul Bersama Keluarga Dengan Hidangan Sup Ikan Kuah Kuning Khas Ambon

Makanan khas natal di Indonesia yang pertama berasal dari Ambon, namanya adalah sup ikan kuah kuning. Sup ikan ini biasa disajikan dengan papeda, makanan pokok masyarakat Ambon yang terbuat dari sagu. Namun, jika kalian tidak terbiasa makan papeda kalian bisa menyantap ikan kuah kuning ini dengan sepiring nasi putih hangat kok.

Biasanya sup ikan kuah kuning ini terbuat dari ikan tuna atau ikan muba. Ikan segar tersebut dimasak dengan kunyit dan kapur. Kuahnya sendiri terasa sedikit asam dan segar. Kalau suka pedas, tambahkan saja beberapa buah cabai rawit ketika memasak ikan kuah kuning ini.

2. Natal Tak Akan Lengkap Tanpa Ditemani Kue Bagea Khas Nusa Tenggara Timur


Natal Tak Akan Lengkap Tanpa Ditemani Kue Bagea Khas Nusa Tenggara Timur

Bukan hanya masakan saja, kue pun menjadi santapan yang wajib ada saat Natal. Kue Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucak. Bagea terbuat dari Sagu ditambahkan dengan gula halus, biji cintang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya.

Adonan kue ini kemudian ditambah dengan kacang cintang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh. Dengan menggunakan banyak bahan dan rempat-rempat membuat cemilan ini terasa lezat dan pas di padukan dengan teh atau kopi. Tertarik mencicipi?

3. Lengkapi Natal Bersama Keluarga Dengan Kue Lampet Khas Tapanuli


Lengkapi Natal Bersama Keluarga Dengan Kue Lampet Khas Tapanuli

Masyarakat Batak memiliki makanan khas natal di Indonesia yang sangat menarik, namanya kue lampet. Kue ini dibentuk segitiga dan menyerupai limas dan dibungkus dengan daun pisang. Kue ini cukup populer di kalangan Suku Batak dan selalu menjadi makanan wajib yang disuguhkan saat natal.

Kue lampet ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut. Kemudian, kue ini diisi dengan gula merah dan dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya, kue akan dikukus sampai matang. Kue lampet ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi loh.

4. Ayam Rica-Rica Khas Manado Yang Pedas Akan Makin Membuat Acara Makan-makan Kalian Berkesan


Ayam Rica-Rica Khas Manado Yang Pedas Akan Makin Membuat Acara Makan-makan Kalian Berkesan

Hidangan khas Natal selanjutnya ada ayam rica-rica yang merupakan hidangan khas Manado. Selain di Manado, ayam rica-rica sudah menjadi hidangan Natal di berbagai daerah di Indonesia loh. Cita rasa pedas, gurih dan manis dari ayam rica-rica siap memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya.

Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi yang ditaburi bawang goreng dan juga sudah dilengkapi dengan mentium. Makanan yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia ini memang pas untuk hidangan natal. Kata Rica sendiri berasal dari bahasa Manado yang artinya pedas atau cabai.

5. Klapertart Khas Manado Bakal Jadi Makanan Penutup Pas Saat Natal


Klapertart Khas Manado Bakal Jadi Makanan Penutup Pas Saat Natal

Selain terkenal dengan ayam rica-ricanya, ternyata Manado juga populer dengan Klapertart. Makanan manis ini dibuat dari kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur ini sudah dijual hampir di seluruh penjuru Nusantara. Klapertart ini merupakan makanan yang pas untuk bersenda gurau dengan keluarga saat natal.

Asal-usul Klappertaart sebenarnya terinspirasi dari zaman pendudukan Belanda di Manado. Penjajah Belanda membagikan resep untuk membuat kue ini kepada masyarakat Indonesia. Alhasil, sampai saat ini Klappertaart tetap menjadi hidangan natal yang bisa ditemukan kapan pun meskipun tidak sedang hari rayanya.

6. Kue Poporcis Khas Ambon Ini Mirip Dengan Pancake Namun Lebih Kecil Dan Imut


Kue Poporcis Khas Ambon Ini Mirip Dengan Pancake Namun Lebih Kecil Dan Imut

Sebagian penduduk Ambon akan mengubah menu paginya dengan kue poporcis atau yang kerap disebut juga poffertjes pada saat hari Natal. Sekilas, kue ini mirip pancake namun, kue ini lebih kecil dan terbuat dari labu kuning dicampur terigu.

Kue poporcis dari Ambon ini sebenarnya adalah kue yang diadaptasi dari salah satu makanan Belanda. Bentuk kue ini mirip dengan pancake atau dorayaki. Setelah kuenya matang, kalian bisa menaburkan gula halus di atasnya. Kue poporcis lebih enak disantap ketika baru matang karena masih terasa hangat dan sangat legit.

7. Ayam Budu-budu Khas Makassar, Sup Segar Yang Dapat Menghangatkan Suasana


Ayam Budu-budu Khas Makassar, Sup Segar Yang Dapat Menghangatkan Suasana

Di Indonesia, ayam merupakan makanan pengganti kalkun panggang saat natal. Yang membuat berbeda hanyalah cara memasak dan bumbu yang digunakan. Makanan khas natal di Indonesia yang akan kami bahas berikut ini adalah ayam budu-budu dari Makassar.

Untuk memasak ayam budu-budu sebaiknya menggunakan ayam kampung. Selanjutnya, ayam dimasak bersama dengan air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, dan daun bawang. Ayam budu-budu adalah makanan yang sehat dan enak. Kalian bisa menikmati ayam budu-budu ini dengan nasi putih hangat.

Intip juga yuk berbagai tradisi unik saat perayaan natal yang ada di Indonesia di sini. Intip juga beberapa tips bulan madu hemat namun tetap romantis di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel