Zack Snyder Sebut Efek Visual 'Justice League' Versinya Sudah Rampung
Getty Images
Film

Sebelumnya, banyak yang menduga bahwa 'Justice League' versi Zack Snyder belum rampung digarap saat sang sutradara meninggalkan proyek tersebut dan mengalihkannya pada Joss Whedon.

WowKeren - Para penggemar memang terus beramai-ramai meminta Warner Bros merilis ulang "Justice League" versi sutradara Zack Snyder. Diketahui, Zack Snyder seharusnya menjadi pilot yang mengarahkan proyek tersebut. Namun di tengah-tengah proses produksi, Snyder terpaksa keluar dari proyek ini karena putrinya meninggal bunuh diri.

Proyek ini lantas dikomandoi oleh sutradara Joss Whedon yang menggantikan Snyder dan membawa "Justice League" ke arah yang berbeda. Hal ini pula lah yang disebut-sebut menjadi penyebab "Justice League" gagal di pasaran.

Meski telah meninggalkan proyek ini, Zack Snyder sendiri terus-menerus merilis foto-foto dan sedikit bocoran jika misalnya ia yang mengarahkan "Justice League". Alhasil, para penggemar pun sepakat menuntut "Justice League" versi Snyder ini segera dirilis.

Sayangnya, pada bulan November lalu Variety melaporkan kalau Warner Bros tak mau merilis Snyder Cut baik secara teatrikal maupun lewat saluran streaming HBO Max. Apalagi film tersebut belum rampung digarap saat Zack Snyder meninggalkan proyek.

Namun kini, Snyder langsung memberikan bantahan. Sutradara kindang ini mengklaim kalau versi "Justice League" garapannya sudah jadi, bahkan beserta efek CGI nya.


Hal ini terungkap saat salah seorang penggemar yang menggunakan username Arthur Fleck di Vero meminta Snyder untuk mengomentari film tersebut. Penggemar ini mengatakan ia telah berdebat dengan banyak fans lain yang mengatakan bahwa "Justice League" versi Snyder belum selesai.

"JL milikmu belum selesai (cgi), sudahkah?" tanya penggemar tersebut. Zack Snyder rupanya langsung memberikan jawaban singkat, "Ya".

Sebelumnya, Snyder sendiri telah memberikan bocoran soal detail "Justice League" garapannya. Melalui Vero, ia membagikan sebuah gambar yang bertulisan 'Z.S' (Zack Snyder), 'JL' (Justice League), 'Director's Cut', dan keterangan durasi 214 menit.

Durasi 214 menit ini berarti jauh lebih panjang dibandingkan "Justice League" versi rilis bioskop. Pasalnya versi Joss Whedon hanya sekitar 120 menit, dan ini artinya Snyder Cut memiliki banyak sekali footage tambahan.

Bukan cuma itu saja, belum lama ini laporan lain juga mengungkapkan bahwa ada lebih dari 80 halaman naskah yang disyuting ulang saat Zack Snyder melepaskan proyek ini. Sinematografer "Justice League", Fabian Wagner, mengungkapkan hanya 10% hasil kerja Snyder yang dimasukkan dalam versi final "Justice League".

Hal ini berarti bahwa "Justice League" yang telah tayang di bioskop sudah mengalami proses reshoot alias syuting ulang hingga 90%.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts