Aman dan Berkhasiat, Ini 8 Obat Alami yang Ampuh Untuk Menurunkan Demam
Health

Salah satu masalah kesehatan yang sering kita jumpai di musim hujan adalah demam. Nah jika kamu ingin menurunkan demam secepatnya agar bisa kembali beraktivitas, ada baiknya untuk menggunakan 8 obat alami ini.

WowKeren - Saat musim hujan, tubuh akan lebih rentan terserang penyakit. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan suhu pada lingkungan. Di musim hujan pula, mikroba akan lebih mudah berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia. Manusia dengan daya tahan tubuh lemah akan jadi incaran empuk bakteri dan virus.

Nah salah satu masalah kesehatan yang sering kita jumpai di musim hujan adalah demam. Demam sendiri merupakan reaksi yang muncul saat tubuh berusaha melawan penyakit. Suhu tubuh normal kita adalah sekitar 6 derajat Celcius, namun saat demam suhu tubuh bisa meningkat hingga 1-5 derajat Celcius.


Gejala demam seringkali dibarengi dengan gangguan kesehatan lainnya, seperti hidung tersumbat, mual hingga batuk. Saat mengalaminya tentunya kita merasa tidak nyaman dan ingin segera sembuh.

Jika kamu mengalami demam ringan, sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi obat penurun demam tapi lebih baik perbanyak istirahat. Sebab obat penurun demam akan memaksa tubuh untuk menurunkan suhunya, padahal demam adalah keadaan di mana tubuh sedang melawan infeksi.

Tapi jika ingin segera sembuh dan kembali beraktivitas, tidak ada salahnya untuk mengatasi demam dengan obat alami yang aman juga berkhasiat. Penasaran? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Turunkan Demam Secara Alami dengan Kompres Air Hangat


Turunkan Demam Secara Alami dengan Kompres Air Hangat

Kompres air dingin dipercaya bisa menurunkan demam secara alami dan dilakukan secara turun-temurun. Padahal kompres air dingin tidak dapat benar-benar menyembuhkan demam. Yang ada tubuh malah menganggap suhu dingin itu sebagai ancaman yang membuatnya semakin meningkatkan suhu sehingga memperparah demam.

Sebaliknya, kompres air hangat adalah salah satu cara terampuh untuk mengatasi demam. Sebab pembuluh darah akan melebar karena suhu hangat dapat memicu produksi keringat dan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh. Dengan demikian, suhu tubuh akan menurun secara alami dari dalam.

Saat mengompres air hangat, jangan lupa untuk mengambil handuk dari dahi sebelum mendingin. Selain di bagian dahi, kamu juga bisa mengompres bagian ketiak untuk menurunkan demam. Lebih efektif lagi jika kamu mandi dengan air hangat untuk relaksasi tubuh.

2. Kunyit Bisa Jadi Obat Demam Alami yang Cukup Ampuh Loh!


Kunyit Bisa Jadi Obat Demam Alami yang Cukup Ampuh Loh!

Selain dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan beragam manfaat, kunyit juga bermanfaat untuk menurunkan demam secara alami. Hal ini disebabkan karena kunyit mengandung zat bernama kurkumin yang memiliki banyak sekali manfaat untuk melawan berbagai penyakit. Sebab kurkumin berperan sebagai antibakteri, antivirus, antifungal dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh.

Cara membuat ramuannya adalah dengan memarut 3-4 batang kunyit lalu tambah dengan air panas. Setelah didiamkan hingga dingin, peras parutan itu dan ambil airnya untuk diminum. Untuk menambah rasa, kamu bisa mencampurkan air kunyit dengan perasan jeruk nipis dan madu.

3. Jahe Ampuh Digunakan Sebagai Obat Alami Penurun Demam karena Berbagai Kandungan di Dalamnya


Jahe Ampuh Digunakan Sebagai Obat Alami Penurun Demam karena Berbagai Kandungan di Dalamnya

Obat alami penurun demam berikutnya adalah jahe. Tumbuhan satu ini selain ampuh menurunkan demam, juga dikenal dapat mengobati pilek, batuk dan meredakan mual. Hal ini disebabkan karena jahe mengandung antibakteri dan antivirus alami yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan melawan segala jenis infeksi.

Untuk menurunkan demam dengan jahe, kamu cukup dengan mengkonsumsi air jahe. Cara membuatnya pun cukup mudah, sebab kamu hanya perlu menggeprek jahe lalu merebusnya dengan air. Jika ingin menambahkan citarasa manis, kamu bisa menambahkan madu pada air rebusan jahe.

4. Pegagan, Tanaman Liar yang Ampuh Banget Mengobati Demam


Pegagan, Tanaman Liar yang Ampuh Banget Mengobati Demam

Pegagan dikenal sebagai tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan serta di pematang sawah. Meski demikian, tumbuhan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menurunkan demam. Hal ini dikarenakan daun pegagan memiliki kandungan antiradang dan antibakteri.

Cara pengolahannya sebagai obat penurun demam adalah dengan merebusnya lalu meminum air rebusannya sebagai obat. Tapi untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya hindari penggunaan daun pegagan sebagai obat ya, karena belum ada studi lebih lanjut tentang ada tidaknya efek samping dari penggunaan tanaman yang satu ini.

5. Minum Air Kelapa Muda Bisa Membantu Menurunkan Demam


Minum Air Kelapa Muda Bisa Membantu Menurunkan Demam

Air kelapa muda juga bisa digunakan untuk menurunkan demam secara alami. Meskipun belum ada penelitian mendalam tentang manfaatnya sebagai penurun demam, namun sudah ada banyak orang yang membuktikan khasiatnya. Air kelapa muda dipercaya dapat menggantikan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi ketika demam.

Untuk meredakan demam, minum air kelapa muda yang dicampur dengan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Konsumsi minuman ini secara rutin sebelum tidur. Agar lebih efektif, barengi juga dengan memperbanyak konsumsi air putih ketika sedang demam.

6. Bawang Merah dan Bawang Putih Sangat Berguna Untuk Menurunkan Demam


Bawang Merah dan Bawang Putih Sangat Berguna Untuk Menurunkan Demam

Bawang merah kerap digunakan sebagai obat penurun demam. Sebab bawang merah mampu melebarkan pembuluh darah hingga bisa meredakan demam. Cara memanfaatkannya adalah dengan menumbuk bawang merah lalu dicampurkan dengan minyak esensial atau minyak telon. Setelah itu balurkan di dahi atau tubuh.

Selain bawang merah, bawang putih juga terbukti efektif dalam menurunkan demam. Hal ini karena bawang putih memiliki sifat hangat yang bisa membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat sehingga menyebabkan penurunan suhu pada tubuh. Cara menggunakannya sebagai obat demam sangat mudah. Cincang halus satu siung bawang putih lalu masukkan ke dalam satu gelas air dan rebus selama kurang lebih 10 menit. Setelah mendidih, saring dan minum secara perlahan. Konsumsi minuman ini sebanyak dua kali sehari dan rasakan manfaatnya.

7. Ingin Menurunkan Demam dengan Cepat? Maka Perbanyak Konsumsi Buah


Ingin Menurunkan Demam dengan Cepat? Maka Perbanyak Konsumsi Buah

Memperbanyak konsumsi buah juga bisa jadi cara ampuh untuk menurunkan demam secara alami. Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, stroberi, nanas dan mangga. Karena mengandung vitamin C, buah-buahan itu berperan sebagai antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi sehingga dapat mempercepat penyembuhan demam.

Selain itu, pisang juga bisa menggantikan asupan kalium dalam tubuh yang hilang saat berkeringat, muntah dan diare jika demam yang kamu rasakan diikuti dengan berbagai gejala tersebut. Sebaiknya pilih buah-buahan segar dan hindari produk buah kalengan atau jus buah kemasan dengan tambahan gula. Sebab asupan gula yang tinggi dapat menghambat sistem kekebalan tubuh kamu.

8. Cuka Apel Juga Ampuh Untuk Meredakan Demam Secara Alami


Cuka Apel Juga Ampuh Untuk Meredakan Demam Secara Alami

Obat alami demam berikutnya adalah cuka apel. Cuka sari apel telah dikenal sebagai obat demam tradisional yang harganya lumayan terjangkau. Obat ini dapat meredakan demam dengan cepat karena mengandung asam yang berfungsi untuk mengeluarkan suhu panas dari dalam tubuh. Selain itu, obat ini juga mengandung banyak mineral yang bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh akibat demam.

Untuk menggunakannya sebagai obat, cukup tuangkan 1 gelas cuka apel ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Setelah itu berendamlah di dalam air itu selama 5 hingga 10 menit. Cara lainnya adalah dengan merendam handuk pada campuran cuka sari apel dengan air dingin. Peras handuk tersebut lalu tempelkan pada dahi, perut atau membungkusnya di sekitar telapak kaki.

Demikian delapan obat penurun demam alami yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai obat alami untuk mengatasi penyakit asam urat. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui antibiotik alami yang ada di sekitar kita.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru