Dirut Asabri Mentahkan Isu Korupsi, Mahfud MD Beri Jawaban Ini
Nasional

Asabri menjadi salah satu BUMN yang beberapa waktu belakangan tengah diguncang dengan isu korupsi, yang konon merugikan negara sampai Rp16 triliun. Dirut Asabri pun mengklarifikasi isu tersebut.

WowKeren - Selain Jiwasraya, isu korupsi di asuransi pelat merah Asabri juga tengah menjadi pembicaraan panas beberapa waktu belakangan. Isu ini pertama kali dilemparkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud mengklaim ada kasus korupsi di Asabri yang ditaksir merugikan negara sampai Rp10 triliun. Meski belakangan nominal ini telah diralat oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yang menyatakan kerugian bisa mencapai Rp16 triliun.

Menanggapi berbagai pemberitaan tersebut, Direktur Utama Asabri, Sonny Widjaja pun angkat bicara. Sonny menegaskan bahwa uang yang dikelola perusahaannya aman dan tidak dikorupsi seperti yang dituduhkan selama ini.

"Saya menjamin bahwa uang kalian yang dikelola di Asabri Aman, tidak hilang, dan tidak dikorupsi," tutur Sonny di Jakarta, Kamis (16/1). Sonny lantas menyentil pihak-pihak yang kerap melayangkan tuduhan korupsi padahal tak ada bukti valid. Ia bahkan mengancam akan membawa tuduhan ini ke jalur hukum bila terus dilakukan.

Secara tersirat, sentilan sang purnawirawan Letnan Jenderal itu tentu ditujukan kepada Mahfud. Alhasil mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga ikut angkat bicara merespons klarifikasi Sonny.


"Saya enggak nanggapi. Sudah ada yang nangani, katanya sudah diperiksa siapa namanya," ujar Mahfud saat ditemui awak media pasca bertemu dengan Pansel Kompolnas di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (16/1). "Ya sudahlah, itu nanti kita lihat perkembangannya."

Mahfud pun meminta agar masyarakat tak meributkan lebih lanjut urusan ini. "Ya kita lihat perkembangan saja. enggak usah diributkan," imbau Mahfud, dilansir dari Liputan 6.

Kendati demikian, Mahfud tak mengiyakan maupun menampik klarifikasi Sonny itu. Ia hanya meminta agar proses penyelidikan tetap berjalan dan publik diimbau supaya menanti dengan sabar. Pasalnya isu Asabri ini sangat penting untuk ditindaklanjuti.

"Pokoknya itu sudah muncul sebagai isu sangat penting," tegas Mahfud. "Nanti lihat perkembangannya saja, nggak usah diributkan."

Sebelumnya bukan hanya Dirut Sonny yang mengklarifikasi isu korupsi Asabri. Manajemen asuransi tersebut pun sudah menegaskan bahwa pemberitaan di media massa belakangan ini tak sesuai dengan keadaan perusahaan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait