Jadi Duta 'Help Them To See', Adinia Wirasti Daftarkan Diri Jadi Calon Pendonor Kornea
Instagram
Selebriti

Jadi duta 'Help Them To See', Adinia Wirasti mengawali langkah mulia dengan daftarkan diri sebagai calon pendonor kornea. Ia ingin menjadi berguna setelah tiada suatu saat nanti.

WowKeren - Dari hasil penilitan, diperkirakan ada 1 dari 1000 orang di Indonesia menderita kebutaan akibat kerusakan kornea. Masalah kebutaan tersebut dapat diatasi melalui operasi cangkok kornea atau transplantasi. Sayangnya, tak banyak orang yang mau atau memberanikan diri untuk mendonorkan lapisan korneanya pada mereka yang membutuhkan. Karena tampaknya, masih banyak dari mereka yang belum paham benar menjadi seorang pendonor kornea.

Aktris cantik, Adinia Wirasti pun akhirnya mengawali langkah mulia untuk menjadi calon donor kornea. Bintang film "Ada Apa dengan Cinta" itu dipercaya jadi duta kampanye 'Help Them To See' yang digagas oleh Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ) untuk merangkul publik menjadi calon pendonor. Kampanye tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donasi kornea.

Adinia Wirasti tentu punya alasan untuk keputusannya ini. "Melihat pentingnya medium visual, saya tergerak untuk membantu mereka yang memiliki kelainan kornea mata agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Selain warisan seni yang saya tinggalkan, saya juga ingin tetap dapat menjadi manfaat bagi orang lain di saat saya sudah tiada nanti," ujar Adinia Wirasti yang dilansir dari Kumparan pada Jumat (14/2).


Adinia juga sempat menjelaskan di laman Instagramnya tentang cara menjadi calon pendonor kornea. Ia mengatakan jika tak sulit untuk menjadi pendonor kornea. Masyarakat pun tak perlu takut atau khawatir dengan prosesnya. Karena setelah ditetapkan sebagai pendonor, maka lapisan kornea pendonor baru akan diambil setelah tutup usia suatu saat nanti.

Jadi Duta \'Help Them To See\', Adinia Wirasti Daftarkan Diri Jadi Calon Pendonor Kornea

Instagram

"Tidak sulit untuk menjadi calon donor, cukup mengisi formulir pendaftaran dan ada baiknya memberi tahu orang terdekat. Lapisan kornea akan diambil saat kita sudah tutup usia. Keputusan kita bisa memberikan dampak besar bagi teman-teman kita yang membutuhkan penglihatan. #HelpThemToSee #EyeSaidYes," tulis Adinia pada postingannya, Rabu (12/2).

Seperti diketahui, istilah donor kornea dalam kehidupan masyarakat Indonesia mungkin masih terdengar cukup asing dan cenderung menimbulkan banyak pertanyaan. Berbagai faktor mulai dari sosial sampai dengan faktor kurangnya edukasi maupun informasi, membuat tak sedikit masyarakat menganggap bahwa mendonorkan bagian tubuh adalah suatu hal yang tabu.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru