Jokowi Tinjau Posko Karhutla Riau: Penanganan Sudah Berbeda
Nasional

Adapun posko di Riau dibangun dengan tujuan untuk menangani karhutla agar lebih terstruktur. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Kapolda Riau Irjen Setya Imam Effendi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menilai bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan sudah semakin baik. Hal itu disampaikan olehnya saat meninjau posko penanganan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla saat kunjungan kerja ke Riau.

Di posko itu, Jokowi mengecek papan pemberitahuan dan monitor aktivitas titik yang berpotensi terjadi karhutla. Hal itu memungkinkan saat terjadi titik api sudah langsung bisa diambil tindakan.

"Ya kalau melihat ini, penanganan sudah berbeda," kata Jokowi di Riau, Jumat (21/2). "Ada yang saya lihat kemarin, disampaikan oleh Kapolda Riau, baru satu saja muncul sudah ketahuan di mana, dilakukan apa, oleh siapa, sudah kelihatan semua."

Meski demikian, Jokowi menekankan bahwa yang harus lebih diperhatikan adalah langkah pencegahannya. "Jadi muncul 1 langsung padam. Saya pikir yang penting adalah pencegahan. Satu selesaikan, satu api padamkan," ujar Jokowi.


Adapun posko di Riau dibangun dengan tujuan untuk menangani karhutla agar lebih terstruktur. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Kapolda Riau Irjen Setya Imam Effendi. "Dari pemantauan kami dari tanggal 1 Januari sampai sekarang itu ada 786 titik panas (hot spot). Kami sudah menggunakan dashboard untuk menanganinya," kata Setya, Kamis (20/2).

Sementara itu, ada 4 teknologi satelit yang dipakai untuk penanganan karhutla di Riau yakni Noah, Aqua, Terra dan satelit dari LAPAN. Dari informasi yang dilihat di satelit, petugas dapat segera diterjunkan untuk melakukan pemadaman.

"Hasil verifikasi kami di lapangan dengan mendatangi langsung titik api di koordinat sebagaimana informasi dari satelit itu, hanya 455 titik api," ujar Setya. "Alhamdulillah sampai hari ini sudah bisa kita padamkan dan kita akan terus memanfaatkan ini untuk proses pemadamannya."

Tak hanya titik api, di posko para petugas juga bisa memperoleh informasi mengenai prakiraan cuaca, lahan gambut, arah angin, hingga kepemilikan lahan. Selain itu juga piket petugas, sekolah, kanal, lokasi Polsek, Polres, lahan perusahaan, hingga heli pad terdekat.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru