Jaga Daya Beli Masyarakat, Jokowi Gelontorkan BLT di Tengah Wabah Corona
Getty Images
Nasional

Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Sekretaris Menko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso. Susiwijono mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah tengah terfokus pada dua hal.

WowKeren - Sederet langkah diambil pemerintah guna menghadapi pandemi virus corona (COVID-19) di Indonesia. Salah satu sektor yang mulai terimbas akibat penyebaran virus ini adalah sektor perekonomian.

Untuk mengantisipasi menurunnya daya beli masyarakat Indonesia di tengah wabah corona, Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan memberikan dana tunai kepada masyarakat. Bantuan Langsung Tunai atau yang akrab dikenal dengan istilah BLT ini akan diberikan pada masyarakat miskin.

Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Sekretaris Menko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso. Susiwijono mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah tengah berfokus pada dua hal, salah satunya adalah menjaga daya beli masyarakat.


Lalu selain itu, pemerintah juga melakukan antisipasi agar tidak terjadi gelombang PHK dengan menjaga kelangsungan usaha. "Saat ini ingin fokus menjaga 2 hal, daya beli masyarakat dan sektor masyarakat di korporasi. Menjaga kelangsungan usaha dan mengurangi PHK," kata dia seperti dilansir CNBC, Kamis (26/3).

Ia menuturkan bahwa BLT tersebut akan ditujukan pada masyarakat yang termasuk rumah tangga miskin. Ia memperkirakan jumlah penduduk yang akan mendapat BLT itu adalah sekitar 29,3 juta jiwa. Adapun hal itu sudah didiskusikan dengan Wapres, Dua Menko dan Menkeu dan Mensos.

"Pertama, masyarakat rumah tangga termiskin. 40 persen rumah tangga termiskin atau sekitar 29,3 juta dialokasikan dalam bentuk bantuan langsung tunai. Beberapa hal ini sudah didiskusikan, koordinasi Wapres," jelas Susiwijono. "Dua Menko dan Menkeu dan Mensos, dari 29,3 juta atau 40 persen rumah tangga termiskin, data valid di kemensos adalah terkait penerima BPNT atau sering dikenal program sembako. Itu 15,2 juta. Sisanya, 14,1 juta kita hitung lagi sambil digulirkan 15,2 juta kita kompilasi terus."

Tak hanya itu, Jokowi juga akan memberikan bantuan sosial kepada para pekerja informal. "Tak hanya itu, pekerja harian yang ada di mall. Kami akan menghubungi APPBI, untuk mendapatkan BLT dalam meningkatkan daya beli," tuturnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait