Ini 5 Negara yang Diprediksi Jadi Superpower Dunia Pada 2050, Ada Indonesia?
SerbaSerbi

Menurut riset yang dilakukan The World, negara-negara superpower seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang, nantinya akan disalip oleh negara berkembang pada tahun 2050. Ini 5 negara yang diprediksi mengalami lonjakan besar versi The World.

WowKeren - Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah meluas ke ratusan negara kini memberikan dampak besar kepada ekonomi dunia. Namun, ekonomi dunia diproyeksikan akan meningkat tajam selama beberapa dekade mendatang.

Melansir BBC pada Jumat (27/3) hari ini, sejumlah negara berkembang diprediksi akan menjadi negara superpower alias adidaya beberapa tahun ke depan. Menurut riset yang dilakukan The World, negara-negara superpower seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang, nantinya akan disalip oleh negara berkembang pada tahun 2050. Berikut adalah 5 negara yang diprediksi mengalami lonjakan besar versi The World:

Yang pertama ada Tiongkok. Saat ini, Tiongkok memang tengah berjibaku dengan Covid-19. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok ini diperkirakan menyebabkan kerugian yang mencapai USD 62 miliar.

Meski demikian, ekonomi Tiongkok telah menjadi yang terbesar di Asia sebelum Covid- 19 mewabah. Peningkatan dan keuntungan ekonomi besar-besaran selama beberapa dekade terakhir jelas tampak di Negeri Tirai Bambu ini.

Menyusul Tiongkok, ada India. Negara dengan populasi terpadat kedua di dunia tersebut diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam 3 dekade mendatang. India diperkirakan akan mengalami pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan rata-rata PDB 5 persen per tahunnya.

Riset The World juga menunjukkan bahwa India di tahun 2050 akan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India bahkan diproyeksikan menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia, menyusul AS.


Setelah Tiongkok dan India, masih ada Brasil. Negara ini diprediksi akan menjadi negara terbesar ke-5 di dunia pada tahun 2050 melalui pertumbuhan ekonominya. Meski sempat mendapat sejumlah tantang seperti inflasi dan korupsi beberapa tahun terakhir, namun sejumlah tanda pertumbuhan terlihat bermunculan.

Pertumbuhan ekonomi Brasil sendiri cukup tinggi dengan adanya potensi pertambangan, pertanian, dan juga manufaktur dunia. Sektor jasa dan pariwisata di Brasil juga menyumbang pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

Negara ke-4 yang diprediksi akan menjadi superpower dunia adalah Meksiko. Pertumbuhan ekonomi Meksiko selama beberapa tahun terakhir telah didorong oleh manufaktur dan juga ekspor.

Meksiko lantas diprediksi menjadi ekonomi terbesar ke-7 di dunia. Posisi tersebut merupakan lonjakan yang cukup tinggi dari peringkatnya saat ini yang berada di posisi ke- 11

Negara terakhir yang diprediksi akan memiliki ekonomi besar adalah Nigeria. Negara tersebut diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang pesat pada tahun 2050 dengan rata-rata 4,2 persen.

Berdasarkan data Global Entrepreneurship Monitor, lebih dari 30 persen penduduk Nigeria adalah wirausaha baru atau pemilik-manajer bisnis baru. Hal ini merupakan buah dari usaha pemerintah Nigeria yang telah berjuang melawan korupsi dan mendorong usaha kecil masyarakat.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru