Tung Desem Sebut VCO Berdampak Baik Untuk Pasien Corona, Simak 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan Berikut
Health

Setelah mengumumkan positif Corona, motivator ternama Tung Desem Waringin mengungkapkan bahwa VCO (Virgin Coconut Oil) berdampak baik bagi pasien COVID-19. Lantas, sebenarnya apa saja sih manfaat VCO bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Pada Senin (6/4), motivator ternama Tung Desem Waringin mengumumkan perihal dirinya yang positif terinfeksi virus Corona. Menurut kesaksiannya, Tung Desem mengaku mulai merasakan gejala COVID-19 sejak 18 Maret lalu.

Lewat wawancara yang dilakukannya, Tung Desem mengungkapkan berbagai faktor yang menunjang kesembuhan pasien positif COVID-19. Mulai dari kegembiraan hati, lingkungan yang positif hingga berbagai obat yang diberikan oleh tim medis. Di antaranya adalah deretan obat seperti chloroquine dan injeksi anti inflamasi actemra yang turut ia terima, di samping mengkonsumsi virgin coconut oil (VCO), multivitamin dan makanan yang bergizi.


Dari sekian obat tersebut, VCO-lah yang cukup menarik perhatian. Pasalnya kondisi kesehatan Tung Desem berangsur membaik setelah minum beberapa sendok VCO. Merasa mendapat manfaat baik dari VCO, Tung Desem pun mengkonsumsinya secara rutin selama beberapa hari.

VCO sendiri pada dasarnya merupakan salah satu sumber lemak nabati yang dapat digunakan untuk melengkapi kebutuhan gizi seimbang. Zat gizi paling dominan yang ada di dalamnya adalah lemak. VCO boleh dikonsumsi setiap hari asal jumlahnya tidak berlebihan yakni maksimal lima sendok makan per harinya. Lantas, apa saja sih manfaat baik VCO untuk kesehatan? Simak beberapa di antaranya melalui artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

VCO mengandung asam laurat yang akan berubah menjadi zat bernama monolaurin ketika larut dicerna. Asan laurat dan monolaurin terbukti mampu membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi, seperti bakteri, virus dan jamur.

Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga tubuh akan lebih kebal dari berbagai virus, termasuk virus Corona sekalipun. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, konsumsi satu sendok makan VCO sebanyak tiga kali sehari saat sedang sakit.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit


Meningkatkan Kesehatan Kulit

VCO juga memiliki manfaat menakjubkan untuk kulit. Minyak ini dapat berfungsi sebagai pembersih wajah, pelembab serta tabir surya. Selain itu, VCO juga menjadi solusi untuk perawatan kulit yang sempurna karena bersifat antioksidan, antimikroba, anti inflamasi dan mampu menyembuhkan luka. Hal ini disebabkan karena kandungan asam lemak kaprilat dan laurat di dalamnya yang mampu mengurangi peradangan dari dalam maupun luar.

Sehingga kemudian tak heran jika minyak ini digunakan untuk mengobati gangguan kulit kronis seperti eksim, dermatitis atopik, psioriasis, radiasi UV, dermatitis, xerosis atau kulit kering, serta mempercepat penyembuhan luka dan meredakan luka bakar. Sedangkan pada kulit yang sehat, VCO mampu melindungi kulit dari sinar matahari serta menghilangkan bekas luka.

3. Mencegah Penyakit Jantung


Mencegah Penyakit Jantung

Virgin Coconut Oil yang kaya akan asam laurat mampu menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Dengan meningkatnya kolesterol HDL dalam tubuh, kesehatan jantung akan senantiasa terjaga dan risiko terkena penyakit jantung akan menurun.

Oleh karena itu, mengganti minyak biasa dengan minyak ini pada masakan sangat disarankan. Karena dapat membantu menjaga kadar trigliserida yang sehat, asal diiringi dengan diet yang sehat serta rutin berolahraga.

4. Mengurangi Risiko Kanker


Mengurangi Risiko Kanker

Fungsi dari VCO berikutnya adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko kanker, khususnya untuk kanker payudara dan usus besar. Hal ini didasarkan pada studi yang menyebutkan bahwa VCO mampu menghambat pertumbuhan tumor usus besar dan payudara.

Pasien yang sedang menjalankan kemoterapi biasanya merasa lemah karena memiliki nafsu makan yang rendah. Tapi dengan menambahkan minyak ini ke dalam makanan, gizi, energi serta metabolisme akan meningkat.

5. Mempertajam Fungsi Kognitif Otak


Mempertajam Fungsi Kognitif Otak

Virgin coconut oil (VCO) juga mengandung asam lemak rantai sedang (MCT) yang lebih mudah diserap oleh hati jika dibandingkan dengan jenis asam lemak lainnya. Selain itu, asam lemak ini juga dapat dimetabolisme lebih cepat sehingga dapat diolah lebih lanjut menjadi keton yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energinya yang utama. Selain itu, senyawa fenolik yang unik serta hormon yang ada di dalamnya juga dapat mencegah agregasi peptida beta amiloid, yang merupakan bagian dari teori terkemuka penyebab penyakit Alzheimer.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Neurobiology of Aging pada tahun 2004 menemukan fakta bahwa kandungan asam lemak dalam VCO dapat meningkatkan memori pada lansia. Tak hanya itu, sebab semua pasien yang mengkonsumsi VCO juga mengalami peningkatan kemampuan mengingat.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan


Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat berikutnya dari VCO adalah melancarkan sistem pencernaan. Minyak ini akan membantu tubuh agar lebih efektif dalam menyerap vitamin dan mineral yang larut dalam lemak, seperti magnesium dan kalsium. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MCT yang terkandung dalam VCO dapat meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme.

Dengan begitu, VCO dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar, mengatasi tukak lambung, iritasi pada usus dan meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Selain itu, virgin coconut oil juga mampu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur.

7. Mengobati dan Mencegah Penyakit Diabetes


Mengobati dan Mencegah Penyakit Diabetes

Salah satu manfaat VCO yang belum banyak diketahui adalah kemampuannya dalam mengontrol kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena VCO dapat meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa ketika sel-sel resisten terhadap insulin, pankreas akan terus memompa lebih banyak insulin dan akhirnya berlebihan di dalam tubuh.

Kondisi ini bisa membahayakan, karena resistensi insulin merupakan penyebab diabetes tipe 2. Tapi dengan mengkonsumsi VCO, sensitivitas insulin serta kandungan glukosa dalam tubuh akan diperbaiki.

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan mulut yang sering diabaikan dapat memunculkan berbagai gangguan, seperti sakit gigi hingga bau mulut. Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu dapat menggunakan VCO. Pasalnya VCO bersifat antimikroba yang dapat mematikan sebagian besar bakteri yang dapat menyebabkan karies pada gigi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan VCO sebagai obat kumur. Sifat-sifat antiinflamasi dan antimikroba di dalamnya menjadikan VCO sebagai bahan perawatan gigi yang murah dan aman.

Demikian delapan manfaat menakjubkan yang dimiliki oleh VCO, bahan alami yang disebut Tung Desem berdampak baik bagi pasien Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai minuman herbal yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan menangkal Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai cara mengatasi rasa bosan dan mengusir stres karena berdiam diri di rumah selama wabah Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru